Pilih Laman
Seminar Update Teknologi

30 November 2017

Oleh: Admin Pusat

sem_upd_tek_top

Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanagara (FTI Untar) mengadakan Seminar Update Teknologi pada tanggal 22 November 2017. Seminar yang berlangsung di Gedung R Lantai 11  ini terselenggara atas kerjasa sama dengan dengan Fakultas Seni Rupa dan Desain Untar (FSRD Untar) dan PT Tekno Logika Utama Jakarta. Seminar ini tentu saja diperuntukkan bagi para pemula dan professional untuk dapat mengenal komponen vital pada komputer untuk mendukung desain grafis dan animasi, seperti Processsr, VGA dan Memory Card. Seminar dihadiri oleh Bapak Darius Andana Haris, MTI., selaku dosen FTI Untar pada bidang multimedia, dan diikuti oleh mahasiswa Program Studi Teknik Informatika FTI Untar serta Program Studi Desain Komunikasi Visual FSRD Untar.

IMG_8643Bapak Rafael Junaidi Sitinjak selaku wakil dari PT Tekno Logika Utama membuka seminar sekaligus memperkenalkan Teknologika. Rafael menjelaskan bahwa Teknologika yang berdiri 10 tahun silam menyediakan semua software yang terkait dengan Teknik Informatika. Rafael juga memperkenalkan beberapa jenis hardware yang dapat digunakan bagi pemula maupun professional, menjelaskan kebutuhan hardware dan menggunakan hardware yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu. Maka pengenalan sebelum membeli hardware adalah hal yang penting.

 

IMG_8628Pembicara selanjutnya, Bapak Azis Wonosari (Technical Manager PT Lenovo Indonesia) membawakan materi bertema “The Power You Need for However You Work”. Beliau menjelaskan mengenai workstation dalam dunia IT, dan hardware-hardware yang mendukung kinerja komputer dalam membuat desain multimedia. Kegunaan workstation dapat disesuaikan dengan  kebutuhan para penggunanya. Dapat untuk multimedia maupun entertainment. Bapak Azis menjelaskan dengan detail setiap perangkat hardware yang dapat digunakan untuk pemula maupun professional, serta memberi saran-saran untuk mempersiapkan dan memilih hardware yang optimal untuk keperluan desain.

IMG_8641Bapak Thomas dari Teknologika memberikan materi mengenai Animasi yang pernah dibuat oleh salah satu alumni FSRD Untar, bernama Damian Wales. Dengan film animasi buatannya, Damian Wales berhasil menjadi finalis pada ajang lomba desain film animasi “Asiagraph Reallusion Award 2016” di Taiwan. Damian Wales menjelaskan mengenai hal-hal yang dilakukan pada saat mengikuti lomba tersebut. Tentunya banyak hal yang dapat dibawa pulang sebagai pembelajaran berikutnya, banyak pula teman baru yang dapat dijadikan untuk berbagi ilmu mengenai animasi ataupun hal lainnya. Selain itu, Bapak Thomas juga menunjukkan hasil karya Damian Wales dan teman-teman, yaitu fillm pendek mengenai “Orang-orangan Sawah”. Mereka juga menjelaskan cara kerja dan pembuatan video animasi tersebut menggunakan aplikasi bernama iClone. iClone ini aplikasi yang dapat membuat segala macam animasi yang dibutuhkan dalam membuat film pendek. iClone ini menjadi perangkat lunak Damian dan Pak Thomas dalam bekerja sama mendaur ulang Film yang dibuat Damian dan teman-teman dengan tema “Orang-Orangan Sawah” tersebut.

IMG_8637Secara garis besar, pengenalan hardware kepada pemula yang mengikuti seminar tersebut sedikit banyak telah disampaikan para pembicara dengan materi yang dibawakan masing-masing pembicara. Materi tersebut tentunya diharapkan dapat menjadi pedoman bagi para pemula dan professional dalam menentukan hardware maupun software yang akan digunakan dalam melakukan pekerjaannya sebagai mahasiswa DKV FSRD dan Teknik Informatika Untar, atau bahkan professional.

 

IMG_8644 IMG_8639 IMG_8638 IMG_8620 IMG_8617

Berita terbaru

Agenda

17 Nov KBGI XIII
17 Nov Seminar Humaniora
24 Nov ICEBM