Pilih Laman
Intel Nervana AI Academy Webinar

13 November 2017

Oleh: Admin Pusat

fti_untar_intel_nervana_webinar_events_e0

Pada hari Kamis, 9 November 2017 yang lalu telah dilaksanakan webinar yang diselenggarakan oleh Intel Nervana AI Academy yang membahas mengenai Intel Student Developer Ambassador for AI, serta pengenalan mengenai bidang data science, machine learning, dan deep learning. Pembicara dari webinar ini adalah Bob Duffy (Manager Student Ambassador Program), Niven Singh (Manager AI Student Developer Community), Ben Odom (Intel Developer Evangelist), dan Meghana Rao (Developer Evangelist).

fti_untar_intel_nervana_webinar_events_e6Intel Nervana AI Academy merupakan inisiatif Intel sebagai salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia dalam bidang artificial intelligence, khususnya machine learning yang akhir-akhir ini sedang populer di dunia teknologi informasi. Artificial intelligence, atau biasa disingkat AI, sudah sering ditemukan pada berbagai perangkat yang kita gunakan sehari-hari. Berbagai riset dalam bidang AI mempelajari sebuah sistem, mesin, atau agent yang memiliki intelijensi untuk melakukan suatu hal. Salah satu bagian dari bidang AI yang sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna teknologi informasi adalah machine learning yang merupakan algoritma yang mampu menunjukan kecerdasan dalam mempelajari suatu hal cukup berdasarkan data yang diberikan pada algoritma tersebut tanpa adanya campur tangan dari seorang expert. Penerapan machine learning sudah sering ditemukan misalnya pada pendeteksi email spam, rekomendasi pembelian barang pada situs belanja online, mobil yang mampu menyetir sendiri, hingga dalam bidang games. Melalui Intel Nervana AI Academy, Intel menyediakan berbagai program yang membantu mahasiswa untuk mendalami dan melakukan penelitian pada bidang AI. Pada situsnya, Intel juga menyediakan berbagai tutorial dan perkuliahan, serta kesempatan bagi mahasiswa menjadi Student Ambassador.

FTI di bidang AI antara lain sistem pengenalan motif batik, sistem penunjang diagnosis diabetes dan schizophrenia, pengembangan sistem pengendali mouse komputer dengan gerakan tangan, deteksi lahan dari citra satelit, sistem agregator berita bahasa Indonesia, dan lain sebagainya. Dengan diadakannya seminar ini, diharapkan mahasiswa FTI makin giat melakukan inovasi di bidang AI.

fti_untar_intel_nervana_webinar_events_e1  fti_untar_intel_nervana_webinar_events_e2  fti_untar_intel_nervana_webinar_events_e3  fti_untar_intel_nervana_webinar_events_e17  fti_untar_intel_nervana_webinar_events_e22  fti_untar_intel_nervana_webinar_events_e25

 

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar