Pilih Laman
Bijak Bermedia Sosial

10 Juni 2017

Oleh: Admin Pusat

Kegiatan PKM di Sekolah SMA Kristoforus I

Generasi muda sebagai pengguna media sosial memegang kendali besar dalam penyebaran informasi dalam keluarga maupun kelompok. Namun seringkali berita palsu atau berita hoax yang justru mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara, turut disebarkan di media sosial.

Menilik kondisi tersebut, tim pengajar dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara yang diketuai oleh Dr. Riris Loisa, M.Si dan beranggotakan Roswita Oktavianti, Msi, melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berjudul “Penggunaan Media Sosial Yang Sesuai Nilai Luhur Budaya di Kalangan Siswa SMA”. Kegiatan sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi ini dilakukan pada Jumat, 9 Juni 2016 di SMA Kristoforus I, Jakarta. Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SMA Kristoforus I, Yotan Rante Banno, S.E.

Siswa Sekolah SMA Kristoforus I, sedang mengikuti kegiatan tentang “Penggunaan Media Sosial Yang Sesuai Nilai Luhur Budaya di Kalangan Siswa SMA”.

Sebanyak lima mahasiswa FIKOM Untar – yakni Novianto Phangestu, Ricardo Silenzie, Karl Vincent, Iqbal Tolenata, Jonathan Jordan – terlibat langsung memberikan pembekalan tentang bijak menggunakan media sosial sebagai sarana penyebaran nilai-nilai budaya. Pembekalan kepada 102 siswa-siswi ini berlangsung fun and interesting, dengan sejumlah games terkait pentingnya penyampaian informasi yang tepat dan akurat.

Siswa-siswi tampak antusias menyimak penjelasan tentang berita hoax, cara mengenali dan mengatasi berita hoax, serta mengikuti setiap games yang disajikan panitia. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMA Kristoforus I ini sendiri merupakan tindak lanjut kegiatan yang sudah pernah dilakukan pada 2016 lalu. (RR)