Pilih Laman
Memutar Motor DC dengan Ponsel Android – Teknik Elektro UNTAR

20 Oktober 2016

Oleh: Admin Pusat

Istilah mikrokontroler sudah tidak asing lagi di telinga para mahasiswa teknik elektro. Mikrokontroler sendiri digunakan untuk mengontrol rangkaian elektronik dengan menyimpan program di dalamnya. Karena begitu pentingnya fungsi dari mikrokontroler dalam menjalani perkuliahan di Jurusan Teknik Elektro, Bapak Suraidi, ST., MT., Universitas Tarumanagara mengadakan Pelatihan Arduino Uno. Pelatihan diadakan pada tanggal 14 Oktober  2016 lalu dan bertempat di ruang Laboratorium Komputer Blok L lantai 3 Kampus 1 UNTAR. Arduino sendiri merupakan salah satu jenis mikrokontroler yang memiliki user interface pemrograman yang cukup sederhana dan mudah dipahami.

Pelatihan ini melibatkan empat mahasiswa teknik elektro sebagai instruktur dan diikuti oleh 18 orang peserta. Pelatihan ini diaplikasikan untuk mengendalikan dua rangkaian sederhana berbeda yaitu rangkaian LED 4 bit dan rangkaian motor DC. Pengontrolan ini menggunakan handphone android yang terkoneksi secara wireless dengan koneksi Bluetooth HC-05.

Pelatihan ini menimbulkan kesan tersendiri bagi pesertanya. “Pelatihan kali ini istimewa. Di sini kami belajar mengaplikasikan board arduino dengan perangkat android AppInventor. Saya dapat mengontrol putaran motor dengan aplikasi android yang saya buat sendiri. Luar biasa”, ujar Cynthia Putri, salah seorang peserta.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar