Pilih Laman
Jurnal Ilmiah FE Untar Raih Akreditasi Lagi

4 Maret 2016

Oleh: Admin Pusat

Dr. Agus Zainul Arifin menunjukkan sertifikat akreditasi B untuk Jurnal Manajemen dan Jurnal Akuntansi.

Setelah berjuang selama tiga tahun akhirnya, Jurnal Manajemen dan Jurnal Akuntansi FE Untar mendapatkan akreditasi B kembali dari Kemenristek & Dikti

Sejak tahun 2000 sebenarnya tiga jurnal ilmiah di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitar Tarumanagara (FE Untar), yaitu Jurnal Ekonomi, Jurnal Manajemen dan Jurnal Akuntansi sudah terakreditasi B. Namun, sejak tahun 2013, masa berlaku akreditasi tersebut telah berakhir, sehingga harus melakukan pengurusan reakreditasi.

Untuk melakukan reakreditasi tersebut Dr. Agus Zainul Arifin, sebagai Staf Dekan Bidang Penerbitan dan Publikasi, yang bertanggungjawab atas keberlangsungan semua penerbitan dan publikasi di lingkungan FE Untar, langusng tancap gas mempersiapkan dan mengikuti semua proses reakreditasi di Kemenristek & Dikti. Hasilnya, dua jurnal ilmiah, yaitu Jurnal Manajemen dan Jurnal Akuntansi berhasil kembali mendapatkan akreditasi dengan peringkat B, sedang Jurnal Ekonomi gagal.

Hasil di atas cukup mengejutkan, mengingat ketiga jurnal tersebut sudah terbit sejak lama dan mampu terbit secara rutin. Dekan FE Untar, Dr. Sawidji Widoaatmodjo, tadinya yakin dan memberi target kepada Dr. Agus Zainul Arifin untuk meraih peringkat A untuk ketiga jurnal tersebut. Namun, target itu tidak tercapai. Malah satu jurnal gagal meraih akreditasi. Menurut Dr. Agus, persyaratan dan proses mendapatkan akreditasi sekarang jauh berbeda dengan waktu-waktu sebelumnya. “Kita masih bersyukur, masih dapat mempertahankan akreditasi B untuk dua jurnal. Sebab, banyak jurnal dari universitas lain yang gagal” kata Dr. Agus, ketika memberikan laporan hasil akreditasi pada saat acara pembukaan perkuliahan semester genap 2015/2016.

Lebih lanjut, Dr. Agus, berkisah bahwa untuk mendapatkan akreditasi jurnal ilmiah, sekarang ini harus melalui proses penilian yang amat ketat di Kemristek & Dikti, kemudian melakukan serangkaian seminar dan berserdia di bawah pembinaan universitas yang jurnalnya telah terakreditasi. Semua itu memerlukan waktu yang sangat lama. Untuk dua jurnal yang terakreditasi B di FE Untar, Dr. Agus beserta stafnya memerlukan waktu tiga tahun dengan binaan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada.

Meski demikian, Dr. Agus tetap bersemangat untuk terus meningkatkan kualitas penerbitan ilmiah di lingkungan FE Untar. Khusus, untuk Jurnal Manajemen dan Jurnal Akuntansi akan ditingkatkan hingga menjadi terakreditasi internasional. Sedang yang lainnya di dorong untuk mendapatkan akreditasi nasional. Dengan telah selesainya proses reakriditasi tersebut, Dr. Agus mengundang berbagai pihak untuk mengirimkan artikel ilmiahnya ke jurnal di lingkungan FE Untar, terutama bagi para dosen yang ingin meningkatkan jenjang jabatan