Pilih Laman
Training Internal Gabungan Lembaga Mahasiswa FIKom UNTAR: Bersama, Satu Tujuan

2 September 2015

Oleh: Admin Pusat

Setelah penerimaan mahasiswa baru FIKom Untar, Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara (DPM Fikom Untar) kembali melaksanakan training internal yang bertujuan untuk memberikan pelatihan dasar kepada anggota baru dan anggota lembaga bakat minat (LBM) Fikom Untar. Setelah diterima dalam DPM dan LBM para anggota baru mendapatkan Training Internal Gabungan dari DPM FIKom Untar yang bertemakan “Bersama Satu Tujuan”. Kegiatan tersebut diikuti dengan antusias oleh anggota baru DPM dan LBM.

Acara yang diselenggarakan pada tanggal 27-28 Agustus 2015 di ruang 1201, lantai 12, Gedung Utama, Universitas Tarumanagara, Jakarta ini difokuskan pada pembekalan teknik pembuatan proposal dan laporan pertanggungjawaban. Dengan kata lain, anggota baru dari DPM dan LBM dibimbing untuk mengerti bagaimana cara membuat proposal dan laporan pertanggungjawaban yang berguna untuk kegiatan organisasi di lembaga mereka masing-masing. Sesi tersebut dibimbing Ida Rohaena, S.Pd, Kabag Kemahasiswaan. Beliau menampilkan beberapa file powerpoint yang menjelaskan tahap-tahap pembentukan proposal dan juga laporan. Tidak hanya dibekali materi secara teoritis, setelah itu para peserta juga di tugaskan panitia untuk membuat contoh proposal dan laporan sebagai praktik sekaligus mengevaluasi materi-materi yang sudah diberikan.

Panitia juga mengundang beberapa alumni dari DPM FIKom Untar untuk berbagi pengalaman mereka selama mengikuti DPM. Alumni bercerita tentang pengalaman mereka berorganisasi di DPM, baik suka dukanya maupun pengalaman-pengalaman berharga lain selama berorganisasi. Menurut para peserta, para alumni yang hadir sangat menginspirasi mereka supaya tetap terus maju dalam organisasinya masing-masing  Para alumni juga memberikan games kecil untuk membangun kebersamaan para peserta training. Pada hari terakhir para peserta training diajak Touring Campus Untar supaya para anggota dari DPM dan LBM baru bisa lebih mengetahui letak lembaga-lembaga mahasiswa yang ada di Universitas Tarumanagara. Para peserta diajak untuk keliling gedung-gedung yang ada di Kampus 1 Universitas Tarumanagara dan diberi tahu tentang letak lembaga-lembaga yang ada di Untar.

“Kegiatan ini selain sebagai pelatihan dasar, juga sebagai pengenalan bagi anggota baru mengenai lembaga mahasiswa di FIKom Untar”, ujar Messy Stella Fabiola selaku Ketua Pelaksana dari kegiatan Training Internal. Dengan demikian, diharapkan para peserta selain bisa mendapatkan pembelakan materi penyusunan proposal dan laporan kegiatan lembaga yang merupakan pelatihan dasar dan sangat penting, mereka juga dapat mengenal dan menjalin korespondensi dengan lembaga-lembaga mahasiswa di Untar dan dengan alumni dari DPM dan LBM FIKom sebelumnya. Melalui pelatihan tersebut para peserta dapat lebih siap terjun ke dalam kegiatan berorganisasi, khususnya dalam lembaga mahasiswa FIKom Untar, memaksimalkan potensi serta mendapatkan pengalaman berorganisasi yang tentunya akan sangat berharga ketika mereka lulus dan terjun ke tengah-tengah masyarakat.