Pilih Laman
Program AFDP 2015: Dosen FIKom UNTAR Berkunjung ke Berbagai Universitas di Singapura

18 Agustus 2015

Oleh: Admin Pusat

Academic Faculty Development Program (AFDP) 2015 merupakan  kegiatan yang rutin dilaksanakan untuk menunjang kualitas akademik dosen Universitas Tarumanagara. Kegiatan tersebut berlangsung selama satu bulan penuh yang diisi dengan kelas pelatihan hasil kerja sama Universitas Tarumanagara dengan National University of Singapore (NUS). Kegiatan yang diampu oleh salah satu expert akademisi asal NUS tersebut di antaranya berisi Teaching Methodology,  Pedagogy for Higher Education, Developing Program and Course Syllabus, Publications and Conferences, Instructional Design and Technologies.  Salah satu topik pelatihan yang mungkin berbeda dari yang lain adalah  Designing your own e-learning yang berisi pengarahan untuk mengintegrasikan teknologi komunikasi dalam proses perkuliahan.  

Program tersebut diikuti oleh perwakilan dosen dari berbagai jurusan di Universitas Tarunamanagara, seperti Fakultas Komunikasi, Fakultas Ekonomi, Fakutaltas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Seni Rupa dan Desain, dan Fakultas Teknologi Informasi. Di ujung pelaksanaan program, para peserta berkesempatan mengunjungi berbagai universitas yang ada di Singapura. Beberapa kampus yang dikunjungi antara lain National University of Singapore (NUS), Tamasek Politeknik, SIM University, dan ITE College East. Kunjungan tersebut diselenggarakan pada 12-13 Agustus 2015.

Yang menarik dari kunjungan tersebut adalah kita mengatahui bagaimana Singapura mengemas dunia pendidikan dengan mengintegrasikannya dengan teknologi yang cangih dan lingkungan yang kondusif untuk menunjang proses pembelajaran. Hal tersebut menjadi salah satu insight pentingnya peran lingkungan, sistem pendidikan serta fasilitas guna memajukan dunia pendidikan, khususnya untuk perguruan tinggi. Selain itu, sistem pendidikan tersebut juga diolah sedemikian rupa dengan bekerja sama dengan pemerintah serta menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pasar.

Menanggapi kegiatan tersebut, Wakil Dekan 1 Bidang Akademik sekaligus peserta acara tersebut Dr.(Can) Riris Loisa menyatakan bahwa acara tersebut sangat bermanfaat.“Kegitan ini sangat bermanfaat untuk menunjang Kegitan Akademik dan Non Akademik untuk Universitas Tarumanagara khususnya FIKom,” jelasnya.

Dalam acara ( AFDP) Fikom UNTAR mengirim tiga dosen perwakilannya untuk ikut serta dalam acara tersebut yaitu Wakil Dekan 1 Dr.(Can) Riris Loisa, M.Si., serta dua dosen Sinta Paramita, SIP., MA. dan  Lusia Savitri Setyoutami, S.sos., M,Si. (SP)

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar