Pilih Laman
WARTA PASCASARJANA

22 April 2015

Oleh: Admin Pusat

Studi Banding dari Universitas Petra Surabaya

Setelah beberapa kali sejumlah perguruan tinggi melakukan studi banding ke Program Pascsarjana UNTAR, khususnya ke Program Studi Doktor Ilmu Teknik, kali ini giliran Universitas Kristen Petra Surabaya, pada Selasa, 17 Juni 2014 melakukan studi banding. Ketua Program Studi Doktor Ilmu Teknik Sipil Prof, Ir. Roesdiman Soegiarso, M.Sc., Ph.D. mengatakan bahwa kedatangan Dekan Fakultas Teknik Universitas Petra Surabaya beserta beberapa stafnya dalam rangka tukar pikiran diantaranya tentang kurikulum dan silabus, sistem penerimaan mahasiswa, pengelolaan program studi, pembebanan dosen S2 dan S3, sistem remunerasi, dan rencana pembukaan program S3 sipil di Universitas Petra Surabaya. Dalam forum ini, dari Program Pascasarjana UNTAR dipimpin langsung oleh Direktur Dr. Indra Widjaja, SE., MM. didampingi ketua Program Studi Program Doktor Ilmu Teknik Sipil Prof. Roesdiman Soegiarso, M.Sc., Ph.D., ketua Program Studi Magister Teknik sipil Dr. Ir. Onnyxiforus Gondokusumo, M.Eng. dan beberapa staff dari Program Pascasarjana. Sedangkan dari Universitas Petra Surabaya dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Bapak Timoticin Kwanda, B.Sc., MRP., Ph.D. beserta 6 orang staf.

Ujian Terbuka Wateno Oetomo

Bapak Wateno Oetomo, Ketua Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas  17 Agustus Surabaya yang menempuh pendidikan Doktor Teknik Sipil-Universitas Tarumanagara dinyatakan lulus dengan predikat cum laude dalam bidang ilmu Teknik Sipil. Ujian terbuka digelar di gedung auditorium gedung M lantai 8 kampus I UNTAR  Jumat pada tanggal 11 April 2014. Ujian dipimpin oleh Rektor Prof. Ir. Roesdiman Soegiarso, M.Sc., Ph.D.  dengan promotor utama Prof Dr. Ir. Wiratman Wangsadinata. Dalam ujian tersebut Wateno menyampaikan disertasi berjudul “Model dan Strategi Manajemen Multi Dimensi Berjenjang Pelaksanaan Proyek Jalan”. Dalam paparan, dihadapan tim penguji, Kaprodi S2 sipil UNTAG itu mengungkapkan bahwa penelitian yang dibuat bertujuan untuk mengetahui unsur-unsur manajemen multi dimensi berjenjang mulai dari unsur organisasi, unsur plan-do-check-act (PDCA), unsure man-machine-money-material-method (5M) plus, yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pelaksanaan proyek jalan. Setelah melakukan ujian terbuka selama 120 menit, pimpinan sidang kemudian menyatakan promovendus lulus dengan predikat cum laude. Wateno merupakan doktor ke 19 yang lulus dari Program Pascasarjana dan merupakan doktor tertua dari lulusan UNTAR. Promotor utama Prof Dr. Ir. Wiratman Wangsadinata saat menyampaikan pesan dan kesan kepada wateno mengungkapan dirinya promotor dan promovendus mempunyai beberapa kesamaan di antaranya sama-sama Professor dan telah berumur banyak.

PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN Seminar Peran Business Comunication dalam Dunia Usaha

Komunikasi adalah sesuatu hal dasar yang selalu dibutuhkan dan dilakukan oleh setiap insan manusia untuk memperoleh kesepakatan dan kesepahaman yang dibangun untuk mencapai suatu tujuan yang maksimal. Komunikasi Bisnis pada era ini dianggap penting karena komunikasi bisnis adalah setiap komunikasi yang digunakan untuk membangun patnership, sumber daya intelektual, untuk mempromosikan suatu gagasan, suatu produk, servis atau suatu organisasi dengan sasaran untuk menciptakan nilai bagi bisnsi yang dijalankan. Komunikasi Bisnis meliputi pengetahuan yang menyeluruh dari sisi internal dan eksternal bisnis tersebut. Komunikasi internal termasuk komunikasi visi (perseroan / perusahaan), rencana – rencana, kultur/budaya perusahaan, nilai-nilai dan prinsip dasar, motivasi -karyawan serta gagasan-gagasan dll. Komunikasi eksternal termasuk merek, pemasaran iklan, hubungan pelanggan, humas, hubungan-hubungan media, negosiasi-negosiasi bisnis dll. Bagaimanapun bentuknya semua hal tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu, menciptakan suatu nilai bisnis. Maka dari itu Program Magister Manajemen Untar mengadakan seminar pada Sabtu, 8 Februari 2014 dengan topik “Peran Business Comunication dalam Dunia Usaha”, dengan mengundang pembicara pada seminar ini  adalah Dr. Eko Harry Susanto, adapun selaku moderator adalah Dr. Indra Widjaja, SE., MM. Seminar ini bertempat di Gedung Utama, lantai 14, ruang 1401. Seminar ini dihadiri oleh Mahasiswa/i Program Magister Manajemen Untar

PROGRAM MAGISTER TEKNIK SIPIL Briefing tentang Proposal Tesis

Program Magister Teknik Sipil mengadakan     Briefing tentang Proposal Tesis. Tujuan diadakan pertemuan ini adalah untuk memberikan pengarahan agar mahasiswa dapat mempersiapkan diri dan dapat menyelesaikan tesisnya di Program Magister Teknik Sipil tepat pada waktunya. Pertemuan ini bertempat di ruang kelas 1406.

 

Kunjungan Lapangan Batching Plant Merah-Putih

Program Magister Teknik Sipil mengadakan Kunjungan Lapangan ke Batching Plant Merah-Putih. Tujuan diadakan pertemuan ini adalah untuk menambah wawasan mahasiswa/i dan melihat pelaksanaan di lapangan atas materi kuliah yang disajikan di ruang kelas.

Kuliah Dosen Tamu PCE Updates and Technology

Program Magister Teknik Sipil mengadakan Kuliah Dosen tamu untuk mata kuliah Teknologi Beton dan mengundang sebagai Pembicara adalah Ir. C. Willy Hartono. Topik yang diangkat pembicara dalam Kuliah Dosen tamu ini adalah PCE Updates and Technology, Kuliah Dosen Tamu ini bertempat di ruang kelas 1408. Tujuan diadakan Kuliah Umum ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa/i.

Kuliah Umum Successful Project Management

Program Magister Teknik Sipil mengadakan Kuliah Umum dan mengundang sebagai Pembicara adalah Paul Christian Ariyanto (Direktur PT. Agung Podomoro Land Tbk). Topik yang diangkat pembicara dalam Kuliah Umum ini adalah “Successful Project Management”. Kuliah Umum ini bertempat di ruang kelas 1408. Kuliah ini dihadiri oleh 38 orang mahasiswa. Adapun tujuan diadakan Kuliah Umum ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa/i.

MAGISTER TEKNIK PERENCANAAN Pelatihan Pendidikan Dasar Penilaian 2 Kelas Eksekutif

Dengan terciptanya kerjasama antara Program Magister Teknik Perencanaan dan Jurusan Planologi Fakultas Teknik S1 dengan Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI), maka Program Magister Teknik Perencanaan mengadakan Pelatihan Pendidikan Dasar Penilaian 2 (PDP 2)  Kelas Eksekutif.

Diskusi Panel “Jakarta Urban Movement”

Program Magister Teknik Perencanaan mengadakan Diskusi Panel dengan Topik “Jakarta Urban Movement (Flow-Behaviour-Network)”  dengan mengundang para Panelis yaitu :

  • Peter Yan, Dipl-Ing dengan topik bahasan “Bergerak Dalam Kemacetan di Jakarta”
  • Dirjen Perhubungan Darat dengan topik bahasan “Kebijakan dan Usaha Mengatasi Kemacetan di Jakarta”
  • Izhar Chaidir, MA (Ketua IAP) dengan topik bahasan “Tantangan dan Solusi Menghadapi Kemacetan di Jakarta”

Diskusi Panel dihadiri oleh Dosen dan Civitas Mahasiswa Angkatan XVIII Program Magister Teknik Perencanaan.

Program Magister Teknik Perencanaan melakukan kegiatan studi ekskursi ke berbagai tempat lokasi perumahan/apartemen, lokasi yang dipilih adalah Ciputra World  dan Apartemen L’avenue di Jakarta. Studi ini diadakan untuk mengetahui perkembangan properti di Jakarta. Studi ini diikuti Civitas Mahasiswa Program Magister Teknik Perencanaan.

Berita terbaru

Agenda

17 Nov KBGI XIII
17 Nov Seminar Humaniora
24 Nov ICEBM