Pilih Laman
PENERIMAAN MAHASISWA BARU ANGKATAN-XXIII Semester Genap 2015/2016 Perkuliahan dimulai :

14 April 2015

Oleh: Admin Pusat

PROGRAM PASCASARJANA

MAGISTER  TEKNIK  PERENCANAAN

(Urban and Real Estate Development)

UNIVERSITAS TARUMANAGARA

Terakreditasi:B

terbuka untuk sarjana teknik dan non teknik

 Open House:

 (sesuai dengan konfirmasi calon peserta)

 

Visi dan Misi

S2 Magister konsentrasi pendidikan real estate dan kota ini mempunyai Visi, Misi dan Tujuan sebagai berikut:

VISI

Menjadi salah satu program studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota yang berkualitas tinggi secara nasional maupun internasional.

MISI

Menghasilkan lulusan yang dapat menjawab tantangan dunia akademik maupun dunia kerja di bidang pengembangan kota dan pengembangan real estat yang berkualitas tinggi.

Konsep Program

Dalam 15-20 tahun terakhir terdapat 3 (tiga) faktor yang paling berpengaruh (“driver”) terhadap perkembangan kota di Indonesia yaitu urbanisasi, globalisasi, dan swastanisasi. Akibat dari proses urbanisasi adalah bahwa untuk pertama kali dalam sejarah peradaban manusia, bumi kita mempunyai lebih banyak penduduk di perkotaan dari di pedesaan. Dalam hal ini Indonesia bukan merupakan sebuah pengecualian: Antara tahun 2000 sampai 2025 penduduk urban di Indonesia akan berlipat dua kali dari 85 juta menjadi 170 juta orang. Bagi pengembangan kota itu berarti bahwa pertambahan penduduk kota setiap tahunnya adalah 3,0 – 3,5 juta, ekuivalen dengan tiga buah kota sebesar Semarang. Untuk mengantisipasi kecepatan urbanisasi ini kita membutuhkan perluasan kota ekuivalen dengan 75 kota sebesar Semarang dengan penduduk minimal 1 juta per kota.

Faktor kedua adalah proses globalisasi ekonomi yang membawa perubahan-perubahan struktural dalam berbagai aspek kehidupan urban, mulai dari aspek social-ekonomi, cultural sampai ke aspek spatial dan environmental.

Faktor ketiga adalah semakin berperannya sektor swasta dalam pengembangan kota.. Sesuai dengan proses demokratisasi maka pembangunan kota sekarang bukan lagi menjadi urusan pemerintah tetapi akan menjadi urusan bersama antara pemerintah, masyarakat dan pihak swasta. Terutama peran swasta sebagai investor, developer maupun operator bukan saja penting bagi pembangunan kota tetapi juga dalam berbagai pelayanan urban yang sebelumnya menjadi monopoli pemerintah seperti pelayanan kesehatan dan pendidikan.

 

Tujuan Program

  • Menghasilkan ahli pengembangan kota dan pengembangan real estate/properti dengan kemampuan memahami dan mengidentifikasi masalah perkotaan yang relevan serta mencari cara penyelesaian yang inovatif dan efektif.
  • Menghasilkan tenaga ahli dan manajer urban yang kreatif untuk menyusun usulan-usulan investasi dan proyek pengembangan kota yang memiliki nilai tambah tinggi bukan saja untuk para investor tetapi untuk keseluruhan kota.
  • Menghasilkan tenaga ahli dan manajer yang mampu menganalisa kondisi pasar properti dan merekomendasi usulan-usulan bagi pengembangan proyek-proyek properti di masa datang yang mempunyai nilai tambah tinggi.

Ketiga ”driver” tersebut di atas adalah yang paling bertanggung jawab terhadap kondisi kota-kota di Indonesia termasuk berbagai konflik yang bermunculan. Dalam menghadapi berbagai perubahan-perubahan mendasar yang berjalan sangan cepat, kota-kota kita akan  memerlukan SDM yang berkualitas yang mampu menyusun sebuah strategi pengembangan kota yang tangguh secara ekonomis, unggul secara teknologis dan sustainabel secara ekologis.  Terutama pihak swasta yang peranannya bagi pengembangan kota semakin penting akan membutuhkan tenaga ahli dan manajer yang berkualitas.

  Peserta Program

Program ini dikembangkan baik untuk mereka yang (ingin) bergerak di dunia bisnis, akademik maupun di kepemerintahan, antara lain; Perusahaan swasta di bidang pengembangan properti/real estat, investasi properti, manajemen properti, pemasaran properti, mortgage banking dan perbankan secara umum, development bank, dan institusi lain yang terkait.

Proses Pembelajaran Penerapan Kurikulum berbasis kompetensi yang didukung oleh dosen berkualitas, pakar dan praktisi:

  • Pemahaman teori ditunjang dengan pelatihan untuk melakukan kajian ilmiah,
  • Studi kasus dan best pratices sebagai referensi dan
  • Latihan keterampilan dengan melakukan simulasi proses pengembangan pada kondisi riil.

Suasana belajar yang kondusif, dengan cara pembelajaran komunikatif dua-arah. Penerapan berbagai bentuk pembelajaran secara efektif, a.l. bentuk kolokium, studio, studi lapangan, dst.   Kurikulum 

[embeddoc url=”http://untar.ac.id/pasca/wp-content/uploads/2015/04/MATERI-WEB-UNTAR-PMB-MTP-Angkatan-XXII_Kurikulum1.doc” download=”all” viewer=”microsoft”]

Jadwal dan Biaya Kuliah

[embeddoc url=”http://untar.ac.id/pasca/wp-content/uploads/2015/04/MATERI-WEB-UNTAR-PMB-MTP-Angkatan-XXIII_Jadwal-Biaya-Kuliah.doc” download=”all” viewer=”microsoft”]

Pengelola Program Prof. Ir. Roesdiman Soegiarso, M.Sc., Ph.D (Rektor) Dr. Indra Widjaja, SE., MM (Direktur Pascasarjana) Dr.-Ing. Jo Santoso (Ketua Program) Ir. Liong Ju Tjung, MSc (Sekretarais Program)   Perkuliahan Semester Ganjil: Agustus-Desember Semester Genap: Februari-Juni Tempat Perkuliahan di Kampus I Gedung Utama Lantai-15 Jl. Letjen S. Parman No.1 Grogol Jakarta 11440. Perkuliahan dilaksanakan pada hari: Selasa s/d Jumat pada pukul: 18.30-21.30 Wib dan atau Sabtu pada pukul: 09.30-16.30 WIb   Staf Pengajar  Dr.-Ing. Jo Santoso (Ketua Program) Dr. Ir. Lana Winayanti, MCP Dr. Ir. Nurahma Tresani, M.M., MPM Dr. Ir. Danang Priatmodjo, M.Arch Dr. Ir. Sujana Rojat, DEA Dr. Rita Padawangi, MA., M.Arch. Ir. Kemal Taruc, M.Sc, MBA Ir. Liong Ju Tjung, M.Sc (Sekretaris Program) Ir. Sylvie Wirawati, M.T Ir. Priyendiswara AB, M.Com Ir. Benny Supriyanto, M.Sc Ir. Hari Ganie, M.M Joyce Heryanto, S.T., M.Sc Drs. Suwito Santoso, M.M Dipl.-Ing. Rudy Wahyu Dipl.-Ing. Eduard Tjahjadi Suryono Herlambang, S.T., M.Sc Wita Permatasari Simatupang, S.T., M.Sc Yulianti Tanyadji, S.T., M.Sc Ir. Ricky Pittra Halim, M.T Erwin Hadi Subrata, S.T., MT Ir. Nasiruddin Mahmud, S.Si., M.Sc Ir. Lamidi, M.M., M.T Miya Irawati, S.T., M.Sc Regina Suryadjaja, ST., MT Meyriana Kesuma, ST., MT Yulianti Tanyadji, ST., MSc Agus Bandero, MBA., B.Arch Ricky Kurniadi Yaprimadi, ST., MT   Jadwal dan Biaya Pendidikan [embeddoc url=”http://untar.ac.id/pasca/wp-content/uploads/2015/04/MATERI-WEB-UNTAR-PMB-MTP-Angkatan-XXIII_Biaya-Pendidikan.doc” download=”all” viewer=”microsoft”] Persyaratan Calon Mahasiswa

  1. Lulus Strata Satu (S1) dari disiplin ilmu teknik yaitu Teknik Planologi, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Lingkungan, Teknik Industri, dan lulusan S1 lain yang berkualifikasi Sarjana Teknik (ST);
  2. Lulusan Strata Satu dari disiplin ilmu bukan teknik dengan syarat lulus tes khusus dan matrikulasi;
  3. Matrikulasi Statistik dan Urban Planning bagi yang belum pernah mendapatkan mata kuliah tersebut di S.1.

  Tempat Pendaftaran  Kampus I, Gedung Utama, Lantai 15 Jl. Letjen. S. Parman No. 1, Grogol  Jakarta Barat 11440 Telp/Fax.: (021) 564 5956 (direct), 5695 8721 (hunting) ext. 1500, 1503 Handphone/SMS: 0813 1594 5758 Contact Person: Sdr. Dilly Novandi, SH  atau Sammy email: mpwk@untar.ac.id   Silahkan download formulir pendaftaran dibawah ini : [embeddoc url=”http://untar.ac.id/pasca/wp-content/uploads/2015/04/FORMULIR-PENDAFTARAN-mahasiswa-baru-MTP_Revisi.New_.doc” download=”all” viewer=”microsoft”]   Urban Lab Penelitian CENTROPOLIS

Centropolis  berdiri sejak 2004 di bawah dua Program Studi, yakni PS Perencanaan Wilayah dan Kota – Real Estat (S1) dan PS Magister Teknik Perencanaan ( S2 – Pengembangan Kota dan Real Estat),  Universitas Tarumanagara. Pusat studi ini menjadi menjadi motor pengembangan keilmuan dan laboratorium ekperimentasi bidang pengembangan, perencanaan dan pengelolaan kota dan real estate di Indonesia. Peran dan integrasi sektor privat dalam pembangunan kota, khususnya kota-kota metropolitan, menjadi perhatian utama studi.

Sedangkan cakupan bidang keahlian meliputi studi pasar properti (property market research), penilaian property (property appraisal), studi kelayakan proyek,  perencanaan kota dan kawasan, pengelolaan kota dan real estate.

Ketua Program MTP Dr. Ing. Jo Santoso diundang sebagai dosen tamu ke Luar Negeri (Erasmus Mundus Visiting Scholar) yaitu di Technische Universitat Darmstadt mulai tanggal 1 November 2011 sampai dengan 5 Desember 2011.

Kunjungan Dosen Tamu pada Program  Magister Teknik Perencanaan baik dalam maupun luar negeri adalah sebagai berikut:

  1. Thorsten Schuetze dari TU Delft dan Prof. G. Uhliq dari Universitas Karlsruhe mengunjungi MTP-UNTAR pada 16-20 Maret 2012 dalam rangka Jakarta Pre Conference and Conference – Workshop “Urban Revolution in the Age of Globalization”.
  2. Kees Christiansen, Prof. Abidin Kusno dan lain-lain menghadiri Open City Jakarta Reciprocity as an Urban Strategy, Exhibition, Conference and Film Festival  selama bulan Oktober – Desember 2010 di Erasmus Huis Jl. HR Rasuna Said Kav. S-3 Kuningan Jakarta.
  3. Dipl. Ing. H.J. Jurgen Rosemann dan Prof. Ir. H.C. Henco Bekkering dari TU Delft yang berkunjung dalam rangka Presentation and Discussion PERMACITY New Strategy & Design Principles for Sustainable Cities pada tanggal 23 April 2009 di MTP-UNTAR.
  4. Abdou Maliq Timothy Simone, dari Goldsmiths College University of London yang telah melakukan kegiatan Workshop on Creative Community di Jakarta pada tanggal 5 Juni 2009 sampai 14 Juni 2009 dan pada tahun 2012 sedang melakukan penelitian di Jakarta.

Kegiatan Program Studi Program Magister Teknik Perencanaan (MTP)-UNTAR menyelenggarakan: INTERNASIONAL SEMINAR 2012 JAKARTA PRE – CONFERENCE AND CONFERENCE – WORKSHOP “Urban Revolution in the Age of Globalization”  March 16-20, 2012 Organized by: The Urban Planning Department of Tarumanagara University The Interdisciplinary Center for the Study of Global Change (ICGC) at University of Minnesota The Center for Global Metropolitan Studies at the University of California, Berkeley Co-Sponsored by Urban Studies Foundation

DISKUSI PANEL, dengan topik “Evaluasi 25 Tahun Pengembangan Kota Baru di Jabotabek (Developer’s Views) pada Sabtu, 1 Oktober 2011 di Ruang Seminar 1 TKC lantai-6 Gedung Utama Kampus 1 UNTAR. Adapun para Panelis: Pingki Elka Pangestu (INTA/Ex Pembina REI), Lilia S. Sukutjo (Marketing Director PT Alam Sutera Realty, Tbk), Dicky Setiawan (President Director PT Bakrie Pangripta Loka) dan Moderator Suryono Herlambang, ST., MSc (Akademisi Universitas Tarumanagara)

Beberapa Foto/Gambar kegiatan Program Studi: Kunjungan Ekskursi ke Hanoi Vietnam, 9-12 Oktober 2010 hanoi5hanoi17   Kegiatan International Workshop, topik “Urban Revolution” 16-20 Maret 2012 IMG_1266IMG_1571   Kegiatan Workshop di Bali, 18-21 Mei 2012 IMG_7144IMG_7264   Jakarta by Night, 23-24 Juli 2011 JAKARTA BY NIGHTSONY DSC Profil Alumni

DATA PRIBADI :
Nama : Ir. Ricky Pittra Halim, MT
Angkatan  MTP : Pertama (1)

Nama Perusahaan tempat bekerja saat ini :

  1. PT.Aspirasi Cipta Talenta,JakartaDivisi : Construction management Bidang Usaha : Konsultan Proyek berjalan : FPPN-Sentul, Sentul City, Bogor.
  2. PT.Puskotling Indonesia, JakartaJabatan : Tenaga Ahli Divisi : Real Estate & Property Management Bidang Usaha : Konsultan Proyek berjalan :
  3. Universitas Tarumanagara,Jakarta Jl. Letjen.S.Parman No.1, Jakarta. Telepon : 021-5645956 Jabatan : Dosen S2 Departemen : Program Pascasarjana Magister Teknik Perencanaan Bidang Usaha : Pendidikan
  4. Universitas Satyagama, Jakarta Jl.Kamal Raya 2A (lingkar luar barat), Cengkareng, Jakarta Jabatan : Dosen S1 Departemen : Teknik Sipil & Perencanaan. Bidang Usaha : Pendidikan
DATA PRIBADI :
Nama : Hengky Japri
Angkatan : 2
Nama perusahaan : SMR Group
Jabatan : Business Development & Controller Manager
Divisi : Business Development
Bidang Usaha : Property & Real Estate Developer
Proyek : Grand Depok City, Metro Indah Mall – Bandung, Taman Anyelir (Depok)
Griya Melati Mas (Depok), Balikpapan Regency

 Fasilitas •  TARUMANAGARA KNOWLEDGE CENTER  (TKC)

tkc-untar

Tarumanagara Knowledge Centre (TKC) adalah lembaga non profit yang menunjang kegiatan akademik dimana merubah paradigma perpustakaan pada umumnya. TKC didirikan pada tanggal 11 Desember 2007 bernaung dibawah Yayasan Tarumanagara, didirikan sebagai sarana untuk menunjang kegiatan akademik Universitas Tarumanagara (UNTAR) pada khususnya dan juga melayani masyarakat luas pada umumnya. Dasar pembentukan TKC adalah prakarsa Yayasan Tarumanagara untuk mewujudkan sumber belajar yang dapat dinikmati secara baik oleh civitas akademika Tarumanagara maupun masyarakat luas. Sumber belajar ini dimungkinkan berkat visi positif dari  pihak Yayasan Tarumanagara dalam rangka pengabdian yayasan untuk Universitas Tarumanagara (UNTAR) dan masyarakat umum.

•  SPORTCLUB

sporthall-untar

Pepatah mengatakan Mens sana in corpora sano  jiwa yang sehat terletak pada badan yang sehat. Jadi bukan hanya cerdas dan sehat jiwanya tapi juga sehat badannya. Yayasan tarumanagara sangat peduli dengan hal itu. Baik untuk mahasiswa maupun karyawannya. Kepeduliannya itu diwujudkan dengan menyediakan sarana fasilitas olah raga. Fitness UNTAR adalah salah satu kegiatan gelanggang olah raga (GOR) UNTAR. Di GOR itu yang dibuka pada tanggal 7 Agustus 2007 ada bermacam-macam olah raga. Selain Fitness di sana da bulu tangkis, tenis, bola volley dan lain-lain. GOR berada di lantai 8 (paling atas) gedung parker.Keberadaan GOR ini menajdi nilai plus bagi Universitas Tarumanagara.

•  LIBRARY

perpus-pasca-untar

Pada saat ini Universitas Tarumanagara memiliki 5 (lima) buah perpustakaan fakultas dan 1 (satu) buah perpustakaan program pascasarjana dan Tarumanagara Knowledge Centre (TKC). Mahasiswa Program Magister Teknik Perencanaan guna mendukung kegiatan belajar mengajar serta untuk menyelesaikan pendidikannya di program studi, dapat mengakses pada semua perpustakaan di Universitas Tarumanagara tersebut. Secara rinci koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan Program Pascasarjana memiliki 69.944 Judul Buku/Majalah dengan sekitar 180.193 eksemplar. Saat ini perpustakaan Program Pascasarjana memiliki e-journal ASCE yang bisa diakses, selain itu juga memiliki e-journal dengan penerbit Emerald.

•  HOSPITAL

royal-taruma-untar

Rumah Sakit Royal Taruma yang diresmikan pada tanggal 29 Maret 2007 merupakan cita-cita lama Yayasan Tarumanagara yang tertunda. Sebelum Rumah Sakit Royal Taruma berdiri, para mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagra melakukan praktek di berbagai rumah sakit. Awalnya Rumah Sakit Sumber Waras di Grogol Jakarta Barat itu menjadi andalan utama untuk tempat praktek mahasiswa Fakultas Kedokteran UNTAR. Rumah Sakit Sumber Waras secara historis  merupakan saudara kandung dari Universitas Tarumanagara. Dalam perkembangannya akhir-akhir ini rumah sakit tersebut tidak bias lagi menjadi andalan. Sedangkan kebutuhan tempat praktek mahasiswa sangat mendesak. Apalagi keadaan Fakultas Kedokteran yang semakin popular menampung lebih banyak jumlah mahasiswa. Bertambahnya mahasiswa baru di Fakultas Kedokteran tentu akan menambah keuntungan. Namun akhir-akhir ini daya tamping rumah sakit untuk menerima mahasiswa berpraktek menjadi persoalan tersendiri. Apalagi yang diberlakukan di perguruan tingi sekarang adalah kurikulum yang berbasis kompetensi. Tidak bias tidak, Yayasan Tarumanagara sebagai penyelenggara  pendidikan Universitas Tarumanagara harus segera mewujudkan kebutuhan tersebut. Selain bidang pendidikan, Yayasan adalah badan social yang bergerak dalam bidang kesehatan, kesejahteraan dan bidang lainnya. Untuk itu Yayasan menjalankan usaha sosial diantaranya mendirikan rumah sakit.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar