Dok: BEM Fikom Untar
Fikom Expo 2025 sukses diselenggarakan selama dua hari, pada 31 Mei hingga 1 Juni 2025, bertempat di M Bloc Space, Blok M, Jakarta Selatan. Acara ini merupakan program kerja tahunan yang digagas oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara (BEM Fikom Untar) yang berkolaborasi dengan seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Ilmu Komunikasi Untar, yakni: Creadzy, I-Focus, TV Fikom, PRO, dan Oranye.
Mengangkat tema “Pesona: Sempurnakan Gayamu”, Fikom Expo tahun ini menghadirkan konsep baru berupa bazar fashion & beauty, yang dipadukan dengan berbagai penawaran menarik dan promo eksklusif untuk pengunjung dari berbagai kalangan dan usia. Tak hanya itu, kegiatan ini juga menghadirkan workshop kreatif, seperti sesi menghias kaca hasil kolaborasi dengan Skola Living, serta workshop customize parfum yang bekerja sama dengan Counting Blessing. Selain itu, Fikom Expo 2025 juga menyajikan talkshow dan workshop yang membahas topik seputar fashion, beauty, serta komunikasi.
Kegiatan ini digagas langsung oleh masing-masing UKMF Fikom Untar, seperti Creadzy yang membahas tren gaya personal dalam dunia kreatif, I-Focus dan TV Fikom yang mengangkat peran media visual dalam membentuk identitas fashion, serta PRO dan Oranye yang menghadirkan diskusi interaktif mengenai pentingnya public speaking dan personal branding dalam industri fashion dan kecantikan. Melalui sesi ini, pengunjung tidak hanya mendapatkan hiburan, tetapi juga wawasan dan inspirasi yang relevan dengan dunia komunikasi dan gaya hidup masa kini.
Ketua Pelaksana Fikom Expo 2025, Dea Yolanda, yang juga merupakan mahasiswa Fikom Untar, menyampaikan rasa terima kasih kepada para tenant, sponsor, pengunjung, serta seluruh pihak yang telah mendukung dan memeriahkan acara ini. Ia berharap Fikom Expo dapat menjadi wadah ekspresi kreatif mahasiswa sekaligus jembatan interaksi positif dengan masyarakat umum.
“Fikom Expo 2025 juga secara khusus mengundang berbagai tenant lokal sebagai bentuk dukungan terhadap pertumbuhan brand-brand lokal yang tengah berkembang di industri fashion dan beauty,” ungkapnya.
Sebagai bagian dari rangkaian acara, panitia sebelumnya telah menyelenggarakan kampanye bertajuk “Fashion is My Playground” yang digelar di selasar Gedung P, Kampus I Untar. Kampanye ini berhasil menarik perhatian mahasiswa dan masyarakat umum dengan menghadirkan permainan interaktif dan hadiah menarik yang masih berkaitan dengan dunia fashion dan beauty.
Dengan semangat kolaborasi dan kreativitas, Fikom Expo 2025 tak hanya memperkenalkan gaya hidup kekinian, tetapi juga menguatkan posisi mahasiswa Fikom Untar sebagai pelopor kegiatan edukatif yang menyenangkan. (VC/YS)