Pilih Laman

Program Studi Sarjana Teknik Industri

Ergonomi dan Manajemen Rekayasa Industri

Bidang Keahlian

Ergonomi dan Sistem Manufaktur
Manajemen dan Sistem Industri

Career Path

1. Technopreneur
2. Industrial Product Development Manager
3. QC/QA Manager
4. PPIC Manager
5. Supply Chain Manager

Program Studi Sarjana Teknik Industri menawarkan kurikulum berbasis luaran yang dapat diselesaikan paling cepat 7 semester untuk memberikan pemahaman, ilmu pengetahuan, dan keterampilan teknik industri bagi mahasiswa secara komprehensif.

Adapun visi program studi adalah “Menjadi Program Studi Teknik Industri unggul yang menghasilkan sarjana berintegritas, bermartabat, professional, berkemampuan wirausaha serta berdaya saing global.” Mata kuliah beserta modul laboratorium didesain mengikuti perkembangan jaman dan kemutakhiran teknologi. Desain kurikulum juga telah di-update dan menfasilitasi program merdeka belajar mengenai kesempatan belajar di luar prodi atau di luar universitas pada semester V atau/dan magang selama satu semester penuh di perusahaan pada semester VI untuk mendekatkan diri dengan dunia usaha / dunia industri. Program studi juga menfasilitasi mahasiswa untuk mengambil sertifikasi bidang keahlian teknik industri.

Penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar setiap mata kuliah dilakukan secara blended learning dan menerapkan rekognisi pembelajaran lampau. Metode pembelajarannya lebih banyak menekankan pada praktik / unjuk kerja dibandingkan teoritis. Keunggulan Teknik Industri Universitas Tarumanagara adalah bukan hanya menyiapkan lulusan untuk bekerja / berkarir sesuai keahlian bidang teknik industri namun mendorong mahasiswa menjadi seorang technopreneur. Terdapat dua mata kuliah terintegrasi yang menjadi capstone design dalam kurikulum, yaitu Mata Kuliah Pengembangan Produk & Proyek Perancangan TSI I dan Mata Kuliah Teknopreneurship & Proyek Perancangan TSI II. Kedua mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan pengalaman berkenaan dengan pengembangan jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa untuk merancang perusahaan dengan terlebih dahulu dimulai dari survei terhadap kebutuhan masyarakat.

Fasilitas

Laboratorium Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi

Laboratorium Sistem Produksi

Laboratorium Rekayasa Kualitas

Laboratorium Proses Produksi

Laboratorium Hidrolik dan Pneumatik

Laboratorium Mekatronika

Laboratorium CNC

Laboratorium CAD/CAM

Laboratorium Fisika

Berita & Prestasi