Select Page

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota , Fakultas Teknik

Pendidikan Real Estat Berbasis Perencanaan Kota

Spesialisasi

Perencanaan kota
Pengembangan real estat
Manajemen real estat
Penilaian properti

Prospek Karir

1. Perencana kota (urban planner)
2. Analis Pasar Properti (Property market analyst)
3. Analis Keuangan dan Investasi Properti (Property finance and investment analyst)
4. Penilai Properti (Property valuer)
5. Manajer Properti (Property building manager, properti estate manager, properti asset manager)

Prodi Perencanaan Kota dan Real Estat (PKRE) Universitas Tarumanagara yang sudah berdiri sejak 1988 merupakan pelopor pendidikan perencanaan kota berbasis real estat di Indonesia yang sudah menghasilkan lebih dari 1.500 alumni yang bergerak di bidang perencanaan kota dan pengembangan real estat dan tersebar ke seluruh Indonesia.

Sebagai pelopor pendidikan perencanaan kota berbasis real estat, Prodi PKRE terus berusaha untuk mengembangkan diri dan menyiapkan lulusan untuk masuk ke dunia kerja dan mampu bersaing dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN. Salah satunya adalah dengan menyusun kurikulum yang bersaing dan dapat diserap langsung oleh dunia kerja yaitu dengan cara mendekatkan dunia industri dan dunia pendidikan.

Adanya pengakuan oleh Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI) kepada lulusan Prodi PKRE merupakan salah satu hasil yang kami banggakan yang menunjukkan adanya apresiasi dari dunia industri kepada kami. Selain itu, kerjasama dengan professional, seperti Colliers Internasional Indonesia (international property consultant), Keller Williams Indonesia (international property marketing), dan Himpunan Kawasan Industri dalam rangka pelaksanaan kuliah bersama pun meningkatkan kualitas lulusan prodi kami. Bentuk pengakuan lainnya kepada mahasiswa maupun alumni kami adalah diberikannya beasiswa dan kontrak kerja dari Knight Frank Indonesia (valuation company & property consultant) kepada mahasiswa tingkat atas yang berprestasi dan berminat untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Pengetahuan professional perlu diimbangi dengan pengembangan keilmuan, sehingga kami juga secara konsisten membangun penelitian di bidang perencanaan kota dan pengembangan real estat dengan focus utama di Jabodetabek dan bekerjasama dengan universitas-universitas besar di Indonesia maupun dunia. Kolaborasi penelitian yang kami lakukan antara lain dengan ETH Zurich [Swiss], York University [Kanada], University of California Los Angeles [Amerika], National Institute of Advanced Studies [India], National University of Singapore [NUS], Waseda University (Jepang), dan University of Malaya [Malaysia] untuk kegiatan kemahasiswaan. Kerjasama penelitian juga dilakukan dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, dan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

Fasilitas

Laboratorium GIS

Berita & Prestasi

News

Achievements

Akreditasi B (358) oleh BAN-PT tahun 2015

Leading Education in Real Estate and Urban Development in Indonesia oleh Property n bank tahun 2019

Anggota International Forum on Urbanism

Diakui oleh Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI) untuk tingkat Penilaian Dasar Properti