PENDAFTARAN SEMESTER (REGISTRASI ULANG)

Setiap Mahasiswa, tanpa kecuali, wajib melakukan registrasi setiap semester, termasuk mahasiswa berstatus cuti akademik ataupun yang hanya mengambil / menunggu ujian skripsi / tugas akhir.

Mahasiswa yang tidak melaksanakan  registrasi pada awal semester atau mengalami kegagalan proses registrasi karena tidak lengkapnya persyaratan yang dibutuhkan, dianggap berstatus mahasiswa non-aktif / mengundurkan diri sebagai mahasiswa Universitas Tarumanagara dan tidak diperkenankan mengikuti kegiatan akademik di lingkungan Universitas Tarumanagara.

Mahasiswa yang telah melaksanakan registrasi akan memperoleh KSS (FR-UT-BAA-03) dan  KSM (FR-UT-BAA-05) sebagai persyaratan UTS/UAS serta namanya tercantum pada  DPMK  (FR-UT-BAA-08) yang diambil. Mahasiswa yang namanya tidak tercantum pada DPMK wajib segera melapor dan mengurusnya ke Biro Adak paling lambat 1 (satu) minggu setelah perkuliahan yaitu pada masa perbaikan KRRS/KSS.

Rincian Kegiatan Registrasi 

  1. Pembayaran Registrasi, Bipekskur,  BPP dan Biaya sks
  2. Pengambilan KHS (FR-UT-BAA-10)
  3. Pengambilan dan pengembalian/pengisian  KRRS  secara Online atau Manual serta mencetak KSS
  4. Pengambilan  KM dan  KSM
  5. Perbaikan  KRRS / KSS atau Batal Tambah

Jadwal Kegiatan Registrasi 

Kegiatan registrasi (baru / ulang) merupakan bagian kegiatan administrasi akademik dan terjadwal dalam kalender akademik. Rincian kegiatan registrasi dapat dilihat pada Tabel I.

Kelengkapan Registrasi 

  1. Pelunasan Biaya Pendidikan (non autodebet/gagal autodebet)
    2.     KRRS
    3.     KHS

Bagi yang mengajukan dan memperoleh dispensasi penundaan pembayaran biaya pendidikan, disertakan surat  persetujuan Wakil Rektor Bidang Keuangan.

Pelaksanaan Registrasi secara manual dilaksanakan dengan cara 

  • Menyerahkan  KRRS yang telah diisi ke Biro Adak
  • Isi KRRS yang diserahkan menjadi tanggung jawab penuh masing-masing mahasiswa
  • Hanya satu KRRS yang akan diproses di Biro Adak untuk setiap mahasiswa, yakni KRRS yang pertama kali masuk sedangkan untuk KRRS Online data yang diambil adalah pengisian yang terakhir.
  • Perbaikan pengisian KRRS (batal tambah) hanya diijinkan, apabila :
    – Terjadi perubahan jadwal / kelas dari Fakultas / Jurusan / Program Studi
    – Terjadi kesalahan proses komputerisasi sehingga tidak sesuai dengan isian formulir asli
    – Belum pernah melakukan perbaikan
  • Untuk kasus di atas mahasiswa diharap melapor ke Biro Adak dengan membawa surat pengantar dari Fakultas / Jurusan / Program Studi, masing-masing di :
    –  Biro Adak Kampus I, Blok M, Lantai dasar, untuk mahasiswa Kampus I
    –  Biro Adak Kampus II, Blok C, Lantai dasar, untuk mahasiswa Kampus II
    –  Fakultas/Jurusan/Program Studi bagi mahasiswa yang melaksanakan registrasi secar online
  • Perbaikan KRRS (batal tambah) diajukan selambat-lambatnya sesuai jadwal yang telah ditentukan 
  • Menyerahkan fotokopi bukti pembayaran biaya pendidikan sebanyak satu (1) kali, yang telah dilegalisasi oleh Subbagian Keuangan Fakultas (bagi mahasiswa yang gagal outodebet / manual).
  • Penyerahan KRRS dan fotokopi bukti pembayaran biaya pendidikan yang telah dilegalisasi harus dilaksanakan dalam rentang waktu Jadwal Pendaftaran Semester / Registrasi Ulang yang ditetapkan.