Entrepreneur Camp, Pertegas Untar sebagai Kampus Entrepreneur
Senin, 25 September 2017

Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan bersama peserta Entrepreneur Camp   Untar merupakan perguruan tinggi yang secara  utuh menjadi intitusi  yang memiliki  jiwa entrepreneurship.  Selain  sejarah  Untar yang didirikan oleh para entrepreneur,  dalam proses belajar pun diterapkan nilai-nilai yang terkait dengan entrepreneurship.   Unsur entrepreneur diintegrasikan dalam proses pembelajaran di Untar  yaitu pada kurikulum yang memiliki keunggulan dari sisi entrepreneurship,     implementasi dalam praktek , serta  adanya kegiatan inkubator bisnis bagi mahasiswa.

IMG_2632 (2) Mahasiswa yang mengikuti Entrepreneur Camp

IMG_2746 Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan berbicara di depan para peserta

“Kegiatan entrepreneur  di Untar juga didukung oleh para alumni yang sudah banyak berhasil.  Dukungan tersebut dapat berupa pembinaan maupun pembiayaan.  Selain itu , entrepreneurship juga disinergikan dalam  kegiatan pengabdian masyarakat yang menjadi tridharma perguruan tinggi seperti bantuan pada UKM dan daerah binaan”,  ungkap Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan saat menghadiri  Entrepreneur Camp  di kawasan Ciawi Bogor Jawa Barat, Sabtu (23/9).   Pada kesempatan itu Rektor yang didampingi Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Adianto., M.Sc., mendeklarasikan  dimulainya kegiatan entrepreneur bagi mahasiswa Untar.

IMG_2609 Peserta berdiskusi dengan salah seorang dosen mentor

Kegiatan Entrepreneur Camp dengan tema  “Dengan Semangat Wirausaha Mewujudkan Potensi Lokal”  merupakan salah satu program Untar untuk mengembangkan jiwa entrepreneurial bagi mahasiswa.    Dalam Entrepreneur Camp, mahasiswa peserta mendapat bimbingan dari kalangan praktisi bisnis, akademisi dan para mentor dosen.   Peserta diberi pembekalan tentang memulai suatu bisnis, membuat model dan rencana bisnis serta nantinya melakukan implementasi bisnis. Disampaikan Rektor, mahasiswa Untar tidak saja mendapatkan materi akademik namun juga belajar menumbuhkan jiwa entrepreneurship.  “Mahasiswa tidak saja  kuliah untuk belajar dari sisi akademiknya namun juga harus berpikir dari berbagai hal misalnya bagaimana memproduksi sebuah produk dan menjualnya.  Itulah semangat seorang entrepreneur”, ujar guru besar teknik mesin tersebut. Program Entrepreneur Camp  berlangsung dua hari setelah sehari sebelumnya dibuka  Direktur Kemahasiswaan dan alumni. Sebanyak 115 mahasiswa dari berbagai fakultas mengikuti program yang menjadi kegiatan berkelanjutan untuk menciptakan karakter dan jiwa entrepreneurial mahasiswa .  Melalui kegiatan ini semakin memperkuat karakter Untar sebagai perguruan tinggi yang mendidik dan melahirkan para entrepreneur sejak di bangku kuliah.