Ciptakan Alumni yang Mumpuni dan Berkualitas
Kamis, 28 Oktober 2021

Dunia kerja dan usaha terus berkembang kearah yang lebih modern. Perkembangan tersebut membawa perubahan, terutama dalam hal kebutuhan industri terhadap sumber daya manusia. Berbagai peluang kerja dibuka dengan berbagai kriteria dan seleksi kualitas dari setiap individu. Kesiapan para pencari atau pelamar kerja akan teruji dalam perjalanannya dalam mencari pekerjaan.

Melihat kebutuhan dan tantangan dunia kerja dan usaha, Untar menyelenggarakan Career Week 2021 dengan tema “Membangun dan Membentuk Alumni yang Berkualitas” melalui seminar dan workshop secara daring, pada Kamis (28/10).

Melalui sambutannya, Ketua Pelaksana Acara Career Week 2021 Herlina Budiono, S.E., M.M. menyampaikan bahwa Career Week merupakan wadah bagi alumni dan mahasiswa tingkat akhir untuk menjawab tantangan industri yang memiliki berbagai kebutuhan yang berbeda. “Tidak hanya hard skill, saat ini berbagai pekerjaan juga memerlukan soft skill dan berbagai keterampilan lainnya. Career Week ini diharapkan dapat memperkaya dan melengkapi keterampilan yang dibutuhkan alumni dan mahasiswa tingkat akhir dalam menghadapi dunia profesional yang kian modern kedepannya,” katanya.

Ketua Lembaga Kemahasiswaan dan Alumni Untar Dr. Adianto, M.Sc. menjelaskan bahwa Untar Career sebagai jembatan yang menghubungkan alumni dan mahasiswa tingkat akhir dengan berbagai perusahaan, merupakan sebuah peran yang sangat luar biasa, terutama dalam situasi pandemi Covid-19. “Pandemi tidak menjadi penghalang Untar Career untuk terus memberikan terobosan dan membantu para alumni dan mahasiswa tingkat akhir memperoleh informasi dan peluang kerja di berbagai perusahaan. Untar terus mempersiapkan peluang semaksimal mungkin bagi para alumni dan mahasiswa agar dapat segera terjun ke dunia kerja,” jelasnya.

Digital Content Creator & Senior Human Resource Yova Sianturi Beltz menyampaikan bahwa dalam mencari karir yang diinginkan, harus berani untuk terjun dan mencoba hal baru yang disukai atau hal yang ingin dilakukan. “Kalau berani mencoba, maka akan mendapat pengalaman baru. Lebih baik mencoba, daripada tidak sama sekali. Ketika  tidak mencoba, tidak akan pernah tahu hasilnya,” katanya.

Ia juga menegaskan bahwa pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan yang baru sangat penting untuk mencari pekerjaan saat ini, terlebih lagi di era digital dan pandemi. “Kita sudah memasuki era digital. Pandemi pun juga membuat kita semua bekerja dalam digitalisasi. Oleh karenanya sangat penting memiliki berbagai pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan di berbagai bidang. Bisa dalam satu bidang tidak cukup, karena di era ini banyak perusahaan yang mencari pekerja dengan berbagai kemampuan,” tegasnya

Menurut Senior Partnership & Event Specialist Nusa Talent Emmanuella Reika, cara mengisi dan membuat curriculum vitae (CV) untuk melamar kerja sangat mempengaruhi keberhasilan kita untuk diterima pada sebuah perusahaan. “CV yang baik tidak hanya penuh berisi, namun harus dikemas secara menarik dan rapi. Isi CV harus mampu mendeskripsikan pengalaman dan kemampuan secara rinci agar perusahaan dapat melihat potensi dan kemampuan dengan baik,” jelasnya.

Sikap dan cara dalam menjawab pertanyaan saat wawancara, harus diperhatikan dan dilakukan dengan benar. “Saat menghadapi pertanyaan wawancara, harus mampu bersikap profesional dan percaya diri. Harus mampu menjawab dengan baik, konsisten, dan memberikan jawaban yang menunjukkan potensi yang dimiliki,” jelasnya. -AS-

-JS-

28 Oktober 2021, PKM, KS.


 

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018