Kunjungan Bupati Kuker Upaya Kembangkan Potensi Daerah
Kamis, 09 September 2021

Sebagai bentuk implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Untar berkolaborasi menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah. Kali ini kerjasama dilakukan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur yang diwujudkan dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), pada Kamis (9/9) secara luring di Kampus I Untar. Cakupan kerjasama yang tertuang dalam MoU memberikan kesempatan kepada Untar untuk turut mengembangkan potensi daerah sehingga dapat menciptakan keunggulan.

Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, IPU, ASEAN Eng. ‘Untar untuk Indonesia’ harus diwujudkan dengan banyak melakukan kolaborasi bersama pemerintah daerah di Indonesia. Daerah masih sangat membutuhkan peran pendidikan tinggi dalam membangun SDM. “Melalui MoU ini, saya harap Untar dapat semakin berkontribusi bagi bangsa Indonesia melalui Kutai Kartanegara dengan melakukan kegiatan penelitian, pengembangan SDM, praktik kerja, dan lainnya,” ujar Rektor.

Bupati Kukar Drs. Edi Darmansyah, M.Si. menyampaikan potensi-potensi yang dimiliki Kabupaten Kukar di bidang perairan, perikanan, pantai, dan sebagainya. Berbagai potensi tersebut saat ini sudah dikelola tetapi belum terintegrasi dengan baik, sehingga belum dapat mengarah ke investasi yang menyeluruh. “Harapan kami dari kerjasama ini, tim Untar dapat membantu melakukan kajian-kajian, terutama fokus ke peningkatan pusat ekonomi baru, sehingga tidak hanya mengandalkan sumber daya alam yang tidak terbarukan saja. Harapan kami juga, akan ada putra-putri Kukar yang nantinya dapat mengembangkan diri dengan berkuliah di Untar baik S1, S2 atau S3.” ungkap Bupati Kukar.

Bupati Kukar didampingi Kepala Bappeda Kukar, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Pembangunan, Kabag Disdik Kukar, Kabag Protokol dan Komunikasi Kukar dan Kasubag Kerjasama Dalam Negeri Kukar. 

Sedangkan dari Untar Rektor didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik beserta perwakilan dosen dari Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Wilayah dan Kota. -TB-

-JS-

9 September 2021, KS, PKM.


 

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018