Accounting dalam Dunia Digital
Jumat, 27 Agustus 2021

Perkembangan teknologi membuka peluang bagi berbagai profesi untuk berkolaborasi. Sumber daya manusia yang ada harus dilatih agar dapat memanfaatkan teknologi sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan. Oleh karenanya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untar mengadakan sebuah webinar bersama Logiframe yang berjudul “Cloud Accounting: A Digital Finance Transformation Agent”, pada Jumat (27/8).
Membuka acara melalui sambutannya, Ketua Jurusan Akuntansi Untar Hendro Lukman, S.E., M.M., Akt., CPMA, CA, CPA (Aust.) menyampaikan bahwa webinar ini bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai akuntansi modern yang  akan menjadi masa depan akuntansi di Indonesia. “Saya berharap seluruh mahasiswa yang hadir dapat menyerap ilmu sebanyak-banyak dari para narasumber. Pengetahuan akan akuntansi modern sangat penting bagi profesi akuntan di Indonesia, karena tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi yang ada sudah mengubah cara bermain dalam dunia akuntansi saat ini,” katanya.
Mengawali presentasinya, Managing Partner of Logiframe Wienanto Tanuwidjaja menyampaikan bahwa Logiframe adalah perusahaan konsultan profesional yang berdiri sejak 2013. Logiframe memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan di bidang manajemen, bisnis, dan teknologi bagi perusahaan yang membutuhkan.
Ia menyampaikan bahwa saat ini pengantar akuntansi, pembukuan, dan jurnal sudah mulai dilakukan dengan cara digital, salah satu bentuk pengaplikasiannya ialah cloud accounting.
Cloud accounting merupakan gabungan antara pemanfaatan teknologi komputer dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet yang memiliki fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui perangkat yang terkoneksi internet pada waktu yang sama. Tentu melalui cloud accounting, perubahan terjadi dalam dunia accounting. Sekarang tidak perlu membuat jurnal atau pembukuan satu per satu secara manual, tapi bisa dilakukan dimana saja,” tuturnya.
Wienanto juga menjelaskan bahwa saat situasi pandemi, para klien dan akuntan tetap bekerja tapi dari rumah. Hal ini mengindikasikan bahwa cloud accounting mampu menjadi wajah baru dunia akuntansi di Indonesia kedepannya.
“Penggunaan internet di zaman modern mendukung cloud accounting terus digunakan dalam berbagai perusahaan atau bisnis yang bergerak saat ini. Pengerjaan menjadi lebih mudah dan cepat dengan hasil yang lebih efisien tentunya. Cloud accounting pun akan menjadi kebutuhan sehari-hari bagi para akuntan di zaman modern ini kedepannya,” jelasnya.
-AS-

-JS-

27 Agustus 2021, KS.

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018