Menjadi Sentra Vaksinasi Covid-19, Untar untuk Indonesia
Rabu, 24 Maret 2021

Untar dipercaya menjadi Sentra Vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat berusia lanjut (lansia). Bergerak bersama Kecamatan dan Puskesmas Grogol Petamburan, Untar membantu pemerintah dalam percepatan program vaksinasi bagi masyarakat lanjut usia (60 tahun ke atas) pada tanggal 24-27 Maret 2021, di Hall A Kampus 2 Untar.

Camat Grogol Petamburan Drs. Didit Sumaryanta, Kepala Puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan Dr. Nurmari Wahyu Hapsari, didampingi Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan secara resmi membuka pelaksanaan Sentra Vaksinasi Untar, Rabu (24/3). Camat Kecamatan Grogol Petamburan menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi di sentra yang ke-8, sangat membantu menjangkau masyarakat lansia di DKI Jakarta yang belum tersentuh. "Sampai saat ini kita sudah melakukan vaksin secara menyeluruh dengan total 7.149 orang. Namun jika dibandingkan masih sangat jauh dengan target yaitu 26.545 orang. Semoga apa yang kita laksanakan dapat membantu pencapaian target vaksinasi bagi masyarakat lansia. Upaya untuk mengedukasi masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi terus dilakukan agar dapat memberikan kesadaran akan pentingnya Vaksinasi Covid-19 ini," ucapnya. Ia juga berpesan bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri ikut program vaksinasi di Untar tetapi  tidak memiliki transportasi untuk datang ke lokasi, dapat menelpon ke RT/RW untuk pelayanan antar-jemput.

Kepala Puskesmas Dr. Nurmari Wahyu Hapsari juga menaruh harapan yang besar atas keterlibatan Untar dalam membantu program vaksinasi. "Pelaksanaan program vaksinasi harus didukung banyak tenaga dari berbagai pihak, dengan kontribusi yang dilakukan oleh Untar kami harap dapat memenuhi kekurangan tenaga tersebut.” Diakuinya bahwa untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksinasi adalah hal yang aman merupakan hal yang tidak mudah. “Protokol kesehatan baik 5M maupun perketatan pemakaian masker di berbagai tempat baik hiburan, restoran, dan jalanan kami pastikan tetap berjalan. Dengan demikian kita bersama-sama setidaknya bisa mengurangi, walaupun bukan secara langsung memutus rantai Covid-19," ucapnya.

Rektor Prof. Dr. Ir Agustinus Purna Irawan turut menyampaikan apresiasinya atas kepercayaan yang telah diberikan oleh pemerintah kepada Untar. "Fokus Sentra Vaksinasi di Untar saat ini melayani Lansia dengan usia 60 tahun ke atas. Untar siap mendukung Pemerintah untuk menjadi Sentra Vaksinasi bagi Dosen, Karyawan, Mahasiswa dan masyarakat umum jika program vaksinasi tersebut dibuka oleh Pemda DKI Jakarta. Penanganan Covid-19 harus komprehensif, semua pihak bergerak bersama untuk memutus rantai dengan aksi nyata salah satunya dengan melakukan vaksinasi. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian Untar terhadap masyarakat sekaligus perwujudan “Merdeka Belajar Kampus Merdeka”, dengan melibatkan para dosen dan mahasiswa. Dengan adanya vaksinasi nantinya diharapkan Untar dapat melakukan pembelajaran luring secara bertahap sesuai dengan protokol kesehatan dan keputusan dari pemerintah, saat ini Untar fokus terhadap pengembangan fasilitas yang dimiliki untuk menunjang protokol kesehatan dalam mengurangi penyebaran Covid-19.” Ditambahkannya pula bahwa selain perguruan tinggi, peran media juga penting dalam mengedukasi masyarakat terkait program vaksinasi.

Acara Vaksinasi Covid-19 ini turut dihadiri oleh Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Untar Dr. dr. Meilani Kumala, M.S., Sp., GK., Koordinator Pelaksana sekaligus dosen FK Untar dr. Wiyarni, Sp.A., IBCLC serta Tim Pemerintah DKI Jakarta. -SA-

-JS-

24 Maret 2021, PKM, KS.

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018