Semakin Mengasihi, Semakin Terlibat, Semakin Menjadi Berkat Dalam Dunia Digital
Kamis, 04 Maret 2021

Di tengah situasi masyarakat yang masih harus berjuang melawan Covid-19, kehidupan masyarakat menjadi penuh tantangan sekaligus peluang untuk mewujudkan tatanan baru.  

Dalam membentuk tatanan baru, dibutuhkan solidaritas yang tinggi demi terwujudnya kesejahteraan yang menyeluruh, demokrasi yang berkeadilan, dan relasi sosial yang bermartabat. 

Solidaritas sosial yang telah menjadi warisan dan identitas bangsa, memanggil kita semua untuk terlibat dalam membangun kehidupan sosial dan ekonomi yang berkeadilan. Dalam semangat gotong royong, kita diundang untuk memperhatikan kesejahteraan bagi semua orang, terutama mereka yang miskin dan mengalami dampak buruk akibat pandemi Covid-19.

Melalui Pertemuan Prapaskah ke-4, Rabu (3/4), Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, sebagai wujud program pengabdian kepada masyarakat, menjadi fasilitator di lingkungan Gereja dalam rangka menyambut Paskah 2021. Beliau mengatakan “Kita harus bermitra melalui media sosial agar menjadi terang dan garam dunia, semakin mengasihi, semakin terlibat dan semakin menjadi berkat. Dunia digital sudah banyak mempengaruhi kehidupan manusia antara lain dengan kegiatan belajar online, bisnis online, ibadah online, dan lain sebagainya yang serba online. Pandemi menjadikan media digital pusat perhatian yang telah masuk dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, yang tak dapat dipisahkan. Jaman sekarang, salah satu media komunikasi yang sangat berkembang adalah media sosial. Kita harus dapat memanfaatkan media sosial untuk hal-hal positif misalnya menggerakkan aksi bela rasa, pewartaan Injil, gerakan solidaritas, berbagi, dan empati. Diharapkan media sosial dapat membuat hubungan manusia semakin erat dengan berbagi kasih, bukan perpecahan.

Cermat menggunakan media sosial merupakan salah satu bentuk bermatiraga di masa Prapaskah. Gunakan media sosial untuk berkolaborasi, menciptakan perdamaian sehingga menjadi berkat bagi sesama. -SS-

-JS-

4 Maret 2021, PKM, KS.

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018