Ajak Anak untuk Mengerti Tujuan Belajar
Sabtu, 20 Februari 2021

“Orang tua perlu lebih memperhatikan dan memahami apakah anaknya mampu beradaptasi dengan pembelajaran selama pandemi,” ujar Dr. Naomi Soetikno, M.Pd., Psikolog dalam Talkshow Parenting Adaptive Skills bagi Orang Tua dalam Pendampingan Anak, Sabtu (20/2).
Dalam kegiatan kolaborasi antara Untar dan SMP Tarakanita 2 ini, Dr. Naomi mengingatkan bahwa usia anak-anak SMP merupakan masa peralihan menuju remaja, bukan berarti orang tua dapat menuntut anaknya untuk menjadi dewasa. Anak mengalami banyak perubahan pada masa ini, secara biologis, kognitif, dan tugas orang tua ialah membantu serta membimbing anaknya, dan perlu diperhatikan juga agar orang tua tidak terlalu memaklumi. “Anak perlu diberi pemahaman mengenai tujuan dari sekolah. Misalkan anak ditanyakan tentang cita-citanya, membantu anak untuk membuka wawasannya agar memiliki tujuan, sehingga alasan untuk bersekolah bukan lagi dari dorongan orang tua, namun keinginannya sendiri.”
Dosen Psikologi Untar ini memberikan beberapa tips parenting kepada orang tua bagaimana cara mendampingi anak dalam masa pandemi yang mengharuskan orang tua melakukan pekerjaannya dan merangkap menjadi guru bagi sang anak.
Selain membahas parenting selama pandemi, hadir pula Guru Bahasa Mandarin dari Jinan University Xuan Lao Shi, yang menceritakan asal mula tradisi Imlek. Dalam sesinya dijelaskan berbagai macam kebiasaan yang dilakukan warga Tionghua dalam menyambut dan merayakan Imlek.
-JS-

-JS-

20 Februari 2021, PKM, KS.

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018