Bekali Mahasiswa Berjiwa “Melayani Sesama” & Membangun Reputasi Almamater
Jumat, 19 Februari 2021

Untuk membekali mahasiswa agar memiliki keterampilan manajemen dalam berorganisasi khususnya dalam organisasi kemahasiswaan, Untar melalui Lembaga Kemahasiswaan dan Alumni mengadakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) ke-51, pada Jumat (19/2) secara luring dan daring untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19 tahun lalu. Acara LKMM ini diikuti seluruh mahasiswa yang menjadi pengurus organisasi kemahasiswaan baik di tingkat universitas maupun fakultas. 

LKMM menghadirkan beberapa narasumber diantaranya, Dr. Adianto, M.Sc. membahas seputar “Etika Kepemimpinan”, Kurnia Setiawan, S.Si., M.Hum. dengan materi “Berkomunikasi yang Baik”, dan Bonar Hutapea, S.Psi., M.P.Si. membawakan materi “Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan”.

Dalam sambutannya, Ketua Lembaga Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Adianto, M.Sc. menuturkan bahwa, “Pelatihan ini tepat bagi mahasiswa Untar yang memang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Diharapkan para peserta yang mengikuti acara ini dapat menjadi fasilitator bagi mahasiswa lain dalam berekspresi secara positif tanpa melupakan nilai-nilai Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship yang ditanamkan di Untar serta dapat membekali setiap pemimpin dan calon pemimpin organisasi kemahasiswaan dalam melaksanakan program yang sudah ditugaskan. Diperlukan kemauan yang kuat untuk memadukan pemikiran yang beragam serta harus siap melayani demi kepentingan bersama.”

Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan berharap dengan adanya kontribusi dan kolaborasi yang telah dilakukan, acara ini dapat berjalan sangat baik. Ditambah pula oleh beliau bahwa suatu sistem pelatihan yang berkesinambungan bagi pemimpin dan calon pemimpin harus mampu mengasah keterampilan, kemampuan, dan kompetensi dalam berorganisasi. Berorganisasi yang baik bukan hanya taat aturan tapi juga harus menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi diri sendiri, pengurus dan anggota lainnya sehingga dapat meningkatkan reputasi Untar. Diharapkan seluruh peserta dapat mengikuti acara dengan baik sebagai bentuk pertanggungjawaban sebagai personil  yang telah dipilih untuk terlibat didalam kegiatan ini, sehingga dapat menjadi contoh yang baik dan berkualitas serta membawa organisasi menjadi lebih maju. Seorang pemimpin harus bijaksana dalam bertutur kata dan bertingkah laku, tidak memprovokasi, taat aturan, UUD, norma, etika, dan dapat menempatkan diri sesuai posisi dalam organisasi, yaitu tidak bertindak melebihi wewenang, agar reputasi almamater tetap terjaga. Kitalah ambassador Untar,” jelasnya. -SS-

-JS-

19 Februari 2021, KS, PKM.

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018