Orang Tua Sebagai Sahabat Anak di Masa Pandemi
Sabtu, 12 Desember 2020

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan menjadi pembicara kunci pada webinar bertajuk “Peran Orang Tua sebagai Sahabat Anak di Masa Pandemi”. Acara ini diselenggarakan oleh Sekolah Tarakanita Rawamangun, pada Sabtu (12/12) melalui aplikasi meeting daring. Acara dhadiri oleh orang tua/ wali siswa siswi dari KB/ TK hingga SMP.
Kepala Jenjang Tingkat TK Yayasan Tarakanita Yani Cisca dalam sambutan pembukaannya menyatakan bahwa tahun ini adalah tahun yang spesial karena tantangan pandemi  dikaitkan dengan pendampingan proses belajar anak. 
“Tahun ini adalah tahun yang spesial karena kita dihadapkan dengan  pandemi yang membuat orang tua harus lebih sabar mendampingi anak-anak di rumah dalam mengikuti proses belajar mengajar. Demikian juga dengan bapak ibu guru, harus setia mendampingi siswanya.  Saat ini peran orang tua adalah sebagai pendidik pertama dan utama, sehingga menjadi penting untuk memahami  metode pembelajaran yang tepat bagi anak di rumah serta bagaimana menjadi sahabat yang baik sehingga anak dapat belajar dengan gembira dan sukacita,” katanya.
Rektor dalam paparannya menekankan  bahwa pentingnya memahami anak-anak, kita harus menjadi sahabat yang mendampingi, mendukung serta penuh pengertian. 
“Semua orang butuh sahabat, termasuk anak-anak, secara khusus butuh adanya pendampingan pada masa pandemi ini. Sahabat adalah orang yang dapat menerima kita dengan tulus, apa adanya dan saling mendukung pada kondisi apa pun baik pada saat gembira atau susah. Bersahabat dengan putra putri berarti butuh adanya kerja sama dan saling mendukung. Anak membutuhkan sahabat yang benar-benar mengerti dan persahabatan itu membutuhkan kepercayaan, kebersamaan, kepedulian, kedekatan ketenangan dan semangat, sehingga akan muncul perasaan senang, gembira, ceria dan nyaman.” 
Dalam acara yang dihadiri orang tua/ wali murid tersebut Rektor juga menekankan bahwa penting juga untuk orang tua memahami  kelebihan dan kekurangan anak serta menjadi mitra sejajar anak untuk mendekatkan diri dengan anak.
“Dengan menjadi sahabat anak, orang tua memahami kelebihan dan kekurangan anak, memperoleh kepercayaan dari anak, yang akhirnya memperkuat relasi pribadi dengan anak. Dengan persahabatan yang intens kita bisa berdiskusi dan makin dekat dengan anak-anak. Orang tua juga penting untuk memberikan teladan yang baik dan menempatkan diri sebagai mitra sejajar, partner dan sahabat anak untuk lebih mendekatkan diri.  Perlu lebih memahami keinginan dan kebutuhan anak, caranya dengan menyediakan waktu untuk anak, menjadi pendengar yang aktif, melibatkan diri dalam kegiatan dan dunia anak, memberikan pujian dan teguran secara jujur, tulus, proposional dan rasional serta memberikan kepercayaan,” katanya menerangkan. 
-SW-

-JS-

12 Desember 2020, PKM,  KS.

 

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018