Menjadi Guru dan Sahabat Bagi Anak
Sabtu, 12 Desember 2020

SD Santo Carolus Tarakanita Surabaya mengadakan seminar parenting online dengan tema “Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak di Masa New Normal”, pada Sabtu (12/12). Acara yang ditujukan kepada para orang tua siswa, disiarkan di kanal YouTube HIDUP TV dan Humas Tarakanita Surabaya. Webinar parenting ini mengundang Rektor Universitas Tarumanagara Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan sebagai narasumber yang dimoderatori oleh Januette Ovelia Tuanakotta, S. Pd.

Sambutan Kepala Sekolah SD Santo Carolus Suster Margriet CD MTD, Orang tua selama pandemi mau tidak mau belajar menjadi guru di rumah dan mungkin juga  mengalami banyak kesulitan, oleh karenanya kami mengundang Bapak Agustinus untuk membagikan tips dan ilmu kepada para orang tua,” sambutnya.

Dalam sesi parenting, Rektor Untar yang disapa Prof API ini membawakan materi tentang bagaimana peran orang tua sebagai guru sekaligus sahabat bagi anak di masa pandemi. Dalam seminarnya, Rektor mengatakan bahwa perubahan itu tidak mudah namun pandemi memaksa semua orang untuk berubah, “Kita perlu bertahan dalam perubahan, sebagai orang dewasa membutuhkan sahabat, anak-anak juga membutuhkan sahabat. Sahabat adalah seseorang yang dapat menerima apa adanya, saling mengisi, melengkapi, dan saling mendukung,” papar Prof API.

Narasumber juga menjelaskan berbagai manfaat menjadi sahabat bagi anak dan bagaimana kebiasaan kecil dapat bernilai besar dalam keluarga. “Mulailah dengan kebiasaan yang baik, pandemi memberi kita kesempatan sebagai orang tua untuk menanamkan fondasi bagi anak, menciptakan aktivitas yang menyenangkan dalam keluarga sehingga dapat membantu membentuk personaliti yang baik, memiliki pengetahuan yang luas, dan juga spiritualitas yang baik,” tambahnya.

Parenting bukan hal yang mudah tutur Prof. Agustinus, karena anak-anak lebih banyak mencontoh daripada mendengarkan, “Jadi jangan lupa untuk memiliki kesadaran juga terhadap diri sendiri agar menjadi contoh yang baik bagi anak-anak kita. Mari menjadi sahabat yang baik anak-anak agar dapat terus ceria dalam bermain dan belajar di masa new normal ini untuk menghantarkan anak menuju pendewasaan dan kesuksesan.” -NR-

-JS-

15 Desember 2020, PKM, KS.

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018