Melalui Alunan Suara, Untar meraih MURI
Sabtu, 07 November 2020

Universitas Tarumanagara kembali meraih penghargaan dari Museum Rekor - Dunia Indonesia MURI atas Lomba Pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) Mahasiswa Tingkat Nasional Pertama secara Virtual, dengan Untar bertindak selaku Tuan Rumah, yang diselenggarakan sejak hari Senin s/d Sabtu, 2-7 November 2020.

Pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) Mahasiswa Nasional ke-XVI mengangkat tema “Jiwaku Memuliakan Tuhan, dan Hatiku Bergembira karena Allah, Juru Selamatku”, diikuti  51 tim dari perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia. Menghadirkan Dewan Juri Kehormatan Dr. AG. Sudibyo, M.Si. (Universitas Indonesia), Ig. Swasono Suprapto. Sj. M.Sc (Universitas Indonesia), Sukino, S.Pd (Puspresnas Kemendikbud), dan Dr. Adianto, M.Sc. (Universitas Tarumanagara), Juri Choir Artistic terdiri dari Prof. Perry  Rumengan, M.Sn (Universitas Negeri Manado), Ester Lirawati Gunawan (Profesional), Hwa Sook Hwang (Profesional), sedangkan Juri Choir Forensik adalah Arief Setyoso Kusdarmanto, S.Kom (Profesional) dan Martin Tupanno (Profesional), Irlanto Pratama, S.T., B.Mus. (Profesional).

Pesparawi merupakan ajang kreativitas, sportivitas dan solidaritas antar mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia yang diharapkan dapat menumbuhkembangkan iman di antara mahasiswa, terefleksi melalui praktik-praktik nyata dalam kehidupan sehari-hari yaitu saling mengasihi, menghargai dalam tim, dan  bekerja sama satu sama lain sebagai satu ciptaan-Nya.

 

Selama enam hari penyelenggaraan Pesparawi 2020 diisi dengan berbagai acara antara lain Seminar Kampus Merdeka,  Paduan Suara Mahasiswa, talkshow seputar dunia musik, dan masih banyak lainnya yang disiarkan secara live melalui platform online Untar Youtube dan Zoom. Pada penutupan acara, Untar sebagai tuan rumah memberikan penampilan persembahan tari modern, vocal group, laporan ketua panitia, serta penutupan dari Rektor Untar dan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan DIKTI. Tidak ketinggalan, acara yang ditunggu-tunggu, pengumuman pemenang lomba.

Ketua Panitia Pelaksana Dr. Adianto, M.Sc menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak atas kontribusinya sehingga acara PESPARAWI ke-16 ini bisa berjalan dengan lancar, “Semoga kalau kami ditugaskan lagi, kami siap untuk menjadi tuan rumah lagi dan siap menyelenggarakan dengan lebih baik,” lapor Dr. Adianto, M.Sc.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir Agustinus Purna Irawan juga mengucapkan terima kasih kepada para panitia, “Melalui acara ini kita sadar bahwa kita tidak dapat berdiri sendiri, perlu kolaborasi untuk memperoleh hasil kerja yang memiliki manfaat untuk kita semua. Acara ini dapat berjalan dengan baik karena adanya kolaborasi, maka saya harap kolaborasi yang telah kita jalin dapat terus terjaga di masa mendatang,” serunya.

Rektor Untar juga kembali mengatakan bahwa Universitas Tarumanagara sangat terbuka untuk menjadi tuan rumah berbagai acara dari DIKTI “Sekarang Untar menawarkan potensi yang ada di Untar untuk dapat dimanfaatkan bersama guna pengembangan Sumber Daya Manusia pendidikan tinggi untuk Indonesia Jaya,” tegas Rektor.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan DIKTI Prof. Aris Junaidi, Ph.D. mengatakan bahwa paduan suara merupakan hal yang sangat luar biasa, “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan dengan bangga menyampaikan pelaksanaan telah dilakukan dengan sangat baik. Terima kasih atas kerjasamanya, dan atas partisipasi seluruh mahasiswa yang ikut. Kami bangga atas prestasi ini, dan kita berharap walaupun anda belum mendapatkan juara itu merupakan kemenangan yang tertunda dan diharapkan berlatihlah dengan keras dan mencapai yang terbaik, itu harapan kami, jangan mudah menyerah, dan terus berlatih agar kegiatan ini juga bisa terus berlanjut dan semakin baik pelaksanaannya, dan semakin baik kualitas nya, serta yang didapat semakin baik,” ujarnya.

Adapun hasil dari lomba PESPARAWI 2020, Universitas Kristen Petra keluar sebagai juara pertama, diikuti Universitas Telkom sebagai runner-up, Universitas Negeri Yogyakarta sebagai juara 3, Unika Atma Jaya Jakarta menempati juara harapan 1, dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta mendapatkan juara harapan 2. Dalam lomba tersebut, Universitas HKBP Nommensen Medan, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Indonesia, Universitas Palangka Raya turut berhasil menempati posisi sebagai 10 besar. -NR-

-JS-

7 November 2020, KS, PKM.

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018