Untar dukung Program Kemendikbud untuk Mahasiswa
Senin, 02 November 2020

Tahun 2020 ini dengan bangga Untar menjadi tuan rumah dari Program Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diadakan secara rutin setiap dua tahun sekali yakni Pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) Mahasiswa Nasional XVI pada 2-7 November 2020. Mengangkat tema “Jiwaku Memuliakan Tuhan, dan Hatiku Bergembira karena Allah, Juru selamatku” perlombaan yang diikuti oleh 52 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia ini menghadirkan Dewan Kehormatan Juri; Dr. AG. Sudibyo, M.Si. (Universitas Indonesia), Ig. Swasono Suprapto. Sj. M.Sc (Universitas Indonesia), Sukino, S.Pd (Puspresnas Kemendikbud), Dr. Adianto, M.Sc. (Universitas Tarumanagara), Juri Choir Artistic; Prof. Perry Rumengan, M.Sn (Universitas Negeri Manado), Ester Lirawati Gunawan (Profesional), Hwa Sook Hwang (Profesional), Juri Choir Forensik; Arief Setyoso Kusdarmanto, S.Kom (Profesional),  Martin Tupanno (Profesional), Irlanto Pratama, S.T., B.Mus. (Profesional).
Ketua Lembaga Kemahasiswaan dan Alumni Untar, Dr. Adianto, M.Sc. berpendapat Pesparawi Mahasiswa Nasional XVI adalah lomba paduan suara yang sangat bergengsi, dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 harus diselenggarakan “daring” secara virtual. “Kami memanfaatkan kecanggihan teknologi Internet, tata suara, dan harus melibatkan Juri Forensik untuk menguji keaslian atau orisinilitas suara peserta lomba. Hal ini menjadi tantangan bagi kami di Universitas Tarumanagara untuk bekerja keras agar lomba bisa berlangsung dengan tertib, baik dan lancar, sesuai dengan harapan dari Belmawa, Ditjen Dikti, Kemendikbud.”
Dalam sambutannya Ketua Dewan Kehormatan Juri PEKSIMINAS XVI Dr. AG. Sudibyo, M.Si. menyampaikan bahwa penyelenggaraaan Pesparawi tahun 2020 ini diadakan secara virtual yakni peserta mengirimkan rekaman video paduan suaranya yang dibuat secara teknik virtual, dan mereka juga tidak bertemu satu dengan yang lainnya. “Konsekuensi penyelenggaraan secara virtual ini tentunya berdampak terhadap berbagai hal di dalam penyelenggaraannya termasuk di dalam sistem penilaian. Penilaian di dalam Pesparawi pada tahun 2020 ini dilakukan menggunakan dua metode yaitu metode penilaian choir forensik dan choir artistic. Kedua metode ini dilakukan agar panitia bisa menentukan juara-juara seobjektif mungkin. 
Penerima Rekor MURI sebagai Konduktor Paduan Suara dengan anggota terbanyak di Indonesia pada tahun 2005 ini juga menyampaikan dalam penilaian choir forensik dewan juri yang terdiri dari berbagai ahli IT dan sound enginering akan menilai keaslian dari video para peserta apakah terjadi rekayasa-rekayasa teknologi, sedangkan penilaian choir artistic para juri yang terdiri atas ahli–ahli paduan suara akan menilai secara kaidah-kaidah musik khususnya paduan suara. 
Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan menyampaikan terima kasih kepada Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Kemendikbud, atas kepercayaan yang diberikan kepada Untar untuk menjadi tuan rumah acara Pesparawi 2020. “Acara ini sangat baik sebagai salah satu kegiatan kemahasiswaan tingkat nasional yang mengkhususkan diri pada paduan suara mahasiswa untuk lagu-lagu gerejawi.” 
Menurutnya, kegiatan kemahasiswaan sangat penting untuk dilaksanakan sebagai salah satu upaya memberikan mahasiswa pengalaman berkolaborasi, membangun networking, mengeskpresikan talenta sekaligus menjadi ajang kompetisi yang baik bagi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.
“Kami akan memberikan layanan terbaik di tengah pandemi Covid-19 ini bagi semua mahasiswa peserta dan seluruh panitia, sehingga mempunyai pengalaman yang mengesankan di tengah berbagai keterbatasan yang ada,” lanjut Rektor Terbaik PTS tahun 2019 tersebut.
Pesparawi merupakan ajang kreativitas, sportivitas dan solidaritas antarmahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan iman di antara mahasiswa yang terefleksi melalui praktik-praktik nyata dalam kehidupan sehari-hari dan kaum intelektual muda Indonesia lainnya, dalam bentuk saling mengasihi dan menghargai satu sama lain sebagai satu ciptaan-Nya.
Selama enam hari penyelenggaraannya, Pesparawi 2020 akan diisi dengan berbagai acara seperti Seminar Kampus Merdeka, Seminar Kemendikbud mengenai Paduan Suara Mahasiswa, talkshow seputar dunia musik, dan masih banyak lainnya yang akan disiarkan secara live melalui platform online Untar Youtube dan Zoom.
-JS-

-JS-

2 November 2020, KS, PKM.

 

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018