Kuliah Sambil Bekerja, Bisakah?
Sabtu, 29 Agustus 2020

 

Heartline Network mengadakan seminar online dengan tajuk Strategi Kuliah Sambil Bekerja untuk Meraih Sukses pada hari Kamis (29/8). Seminar mengundang Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan sebagai narasumber dan disiarkan langsung radio Heartline dan live streaming di youtube Heartline Network.

Membahas kuliah sambil bekerja, Prof. Agustinus mengatakan bahwa bekerja saat duduk di bangku kuliah bisa membawa banyak keuntungan bagi seorang mahasiswa, terlebih jika bidang kerja yang dijalani sejalan dengan bidang studi yang dijalani, “Irama pekerjaan dan perkuliahan harus menjadi satu, maka saya sarankan pekerjaan relevan dengan kuliah yang dijalani, agar ilmu yang didapat di kuliah dapat langsung diterapkan dalam pekerjaan,” jelasnya.

Ketika ditanyakan tentang ketersediaan kelas bagi para pekerja, Rektor menjawab bahwa Untar telah menyediakan kelas-kelas sore dengan jadwal yang dikhususkan bagi pekerja, “Jadi artinya bisa, tidak ada masalah. Jadi biasanya teman-teman selepas pulang dari pekerjaan lalu mengikuti kelas sesuai jadwalnya”. 

Prof. Agustinus kemudian memberikan saran kepada para pekerja yang ingin berkuliah, “Sebenarnya pendidikan itu adalah hak dari semua warga sebagai bentuk untuk meningkatkan kualitas, kemudian kedua sebagai pekerja kita seharusnya memberitahukan kepada atasan jika ingin menjalani studi agar memperoleh ijin, karena izin itersebut dapat digunakan untuk penyesuaian,” ujarnya. “Kalaupun tidak diizinkan sebenarnya tidak apa-apa asalkan tidak mengganggu pekerjaan sehari-harif dan tetap menjaga profesionalitas,” tambahnya.

Rektor juga menyebutkan bahwa program kampus merdeka yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dapat meningkatkan persiapan mahasiswa sebagai bekal setelah lulus, “Dengan kampus merdeka nya mas menteri, sekarang ini pendidikan tinggi perlu mengubah kurikulum. Saat ini Untar memiliki tiga semester yang kaitannya diluar program studinya, entah berkuliah antar program studi, atau magang di industri, atau kerja di desa, mengajar, maupun wirausaha,” ucap Rektor membahas tentang kampus merdeka.

Di penghujung seminar, Rektor berpendapat bahwa berkuliah sambil bekerja itu sesuatu yang sangat hebat, keduanya membawa pengalaman yang sangat berharga, dan mengatakan bahwa setiap orang perlu meningkatkan kompetensi seumur hidup karena menurutnya selalu ada sesuatu yang baru setiap harinya dan semua orang harus terus berkembang setiap harinya.

“Saya juga ingin mengundang teman-teman yang ingin berkuliah di Untar, kami siap untuk melakukan proses rekognisi pembelajaran lampau (RPL), ataupun penyetaraan. 
Kelas reguler sore kami siap berkolaborasi dengan kalian semua untuk bisa meningkatkan kompetensi tinggi dan menjadi orang-orang hebat di masa mendatang,” tutupnya.

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018