Pengembangan Desain Furniture Ukir Kayu Jepara
Minggu, 30 Agustus 2020

Sebagai wujud dari hasil penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi tahun 2019-2020 yang dilakukan oleh tim dosen Untar yaitu Dr. Eddy Supriyatna Marizar, M.Hum, Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T dan Maitri Widya Mutiara, S.Ds., M.M. mengadakan Pameran Desain Furniture Ukir Kayu “Wood Carving Furniture” yang diselenggarakan di Atrium Utama Citywalk Gajah Mada, Jakarta pada tanggal 28-30 Agustus 2020. Di era pandemi disusul dengan era new normal, tidak membuat tim peneliti berhenti  bekerja dan berkarya, sehingga diangkatlah tema besar dari rangkaian pameran ini Creativity and Productivity in the New Normal Era. 


Penelitian yang difasilitasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Untar dan didukung hibah penelitian dari Kementerian Riset dan Teknologi /Badan Riset dan Inovasi Nasional RI berjudul “Pengembangan Desain Furniture Ukir Kayu” ini, difokuskan pada industri furniture kayu di Jepara.  Adapun  bertujuan mengangkat kembali kejayaan industri furniture kayu Jepara yang telah dikenal ratusan tahun melalui ukir kayunya. Seluruh desain furniture ukir kayu, termasuk yang dipadukan dengan rotan dalam pameran ini telah didaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI-Desain Industri) ke Kementerian Hukum dan HAM RI.


Bila dicermati, desain furniture yang berbasis pasar ini memiliki prospek yang menjanjikan untuk dikembangkan menjadi produk komersial, dapat diproduksi dan dipasarkan secara global, khususnya pasar Asia. Sebab, “wants and needs” pasar (konsumen) yang ditargetkan dalam penelitian ini cenderung dapat dicapai sesuai dengan tujuan penelitiannya.


“Semoga dengan diadakan kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi inspirasi pengembangan desain bagi masyarakat dan para pelaku industri serta semangat tim peneliti dalam upaya membangun negeri melalui kreativitas dan produktifitas di era baru. Seluruh tim panitia yang bertugas tetap menerapkan protokol kesehatan dengan  memakai masker, menjaga jarak, menyediakan hand sanitizer di area pameran,” ujar Dr. Eddy Supriyatna Marizar, M.Hum.


Menurut Maitri Widya Mutiara, S.Ds., M.M., rencananya hasil penelitian ini juga akan dilanjutkan ke event International  Virtual Exhibition  “Furniture Design Research”. 


Pameran  direview para narasumber dari dalam dan luar negeri melalui kegiatan Daring FGD (International and national FGD). Selain itu akan direncanakan pula pameran offline bertajuk “Pameran Hasil Riset Desain Furniture: Kreasi di Era New Normal” sebagai tahap final dari riset. 


Penelitian ini melibatkan kolaborasi antara Universitas Islam Nadhatul Ulama, Kadin Jepara, pengurus asosiasi furniture dan kerajinan di Jepara, pelaku industri furniture di Jepara, Satori Rattan, serta konsultan bisnis furniture yakni bapak Tenggono Chuandra Phoa. -JS-

-JS-

30 Agustus 2020, KS, PKM, LIT.

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018