Menerapkan Ilmu Feng Shui dalam Desain Arsitektur
Rabu, 24 Juni 2020

Ketua Program Studi (Kaprodi) S1 Arsitektur Fakultas Teknik (FT) Untar Ir. Sidhi Wiguna Teh, M.T. menjadi narasumber kunci dalam Webinar Zoom "Konsep Fengshui dalam Desain Arsitektur" yang diselenggarakan Kenari Djaja bersama Jurusan Arsitektur FTSP Universitas Trisakti dan Jurusan Arsitektur FT Untar, Rabu (24/6).

Acara ini turut menghadirkan narasumber kunci dosen arsitektur Universitas Trisakti Ir. Endhi I. Purnomo, M.S.P., dan dimoderatori praktisi Abimantra Pradhana, S.T., M.Arch.

"Kenari Djaja telah menjadi mitra bagi para arsitek sejak berdiri 55 tahun yang lalu, dan dapat terus berkembang melalui dukungan para arsitek. Maka, kami mendukung kegiatan akademis seperti webinar hari ini. Saya harap melalui webinar hari ini narasumber dapat memberi pengetahuan berharga bagi para peserta yang hadir," ucap Direktur Kenari Djaja Hendry Sjarifudin dalam sambutannya.

Mewakili Ketua Jurusan (Kajur) Arsitektur Untar Dr. Ir. Fermanto Lianto, M.T., Kajur Arsitektur Universitas Trisakti Dr. Ir. Etty R. Kridarso, M.T. mengucapkan apresiasi untuk seluruh pihak yang terlibat. "Terima kasih kepada Kenari Djaja yang telah memfasilitasi Universitas Trisakti dan Untar dalam menyelenggarakan webinar ini. Semoga apa yang disampaikan narasumber dapat bermanfaat untuk kemajuan arsitektur pada umumnya," imbuhnya.

Memaparkan "Konsep Feng Shui dalam Desain Rumah," Ir. Endhi menjelaskan bagaimana menerapkan ilmu Feng Shui dalam desain dan tata letak rumah. "Feng Shui merupakan pengetahuan, pengalaman, dan pemahaman akan kekuatan dan energi tak terlihat di sekitar manusia. "Feng shui bukan praktik spiritual atau sihir, melainkan ilmu keseimbangan hidup, ilmu untuk memperkuat energi positif dan memodifikasi energi negatif di sekitar manusia, termasuk untuk meningkatkan kualitas hidup di rumah secara maksimal," jelasnya. 

Dalam paparan berjudul "Konsep Ruang dalam Ilmu Feng Shui," Ir. Sidhi menjelaskan pentingnya Feng Shui dalam desain arsitektur, khususnya pada bangunan tinggi. "Pengaruh medan elektromagnetik bumi tidak dipelajari dalam ilmu arsitektur. Ilmu Feng Shui melengkapi ilmu arsitektur dengan mengisi kekosongan tersebut," tuturnya.

"Faktor paling penting dalam penataan ruang bangunan tinggi adalah pintu utama, karena pintu utama merupakan tempat pergerakan 'chi' (energi) yang masuk ke ruangan dalam bangunan. Ilmu ini juga dapat dierapkan untuk rumah ataupun bangunan yang lebih kecil," sambung Arsitek Feng Shui tersebut.

Webinar yang disiarkan secara langsung melalui Zoom dan Youtube ini dihadiri lebih dari 650 arsitek, mahasiswa arsitektur, serta pemerhati arsitektur, desain, dan interior dari seluruh Indonesia. -AW-

 

-JS-

24 Juni 2020, KS.

 

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018