The New Normal setelah Covid-19
Rabu, 06 Mei 2020

“Dunia dikejutkan dengan kemunculan virus corona, kita semua dengan terpaksa mengubah kebiasaan sehari-hari dengan work from home. Setelah pandemi ini selesai, kita akan mengubah lifestyle dalam berinteraksi maupun berbisnis, yang mengantarkan kita pada the new normal,” ujar ketua FIABCI Indonesia, Budiarsa Sastrawinata pada Webinar seri pertama hasil kolaborasi Universitas Tarumanagara (Untar) melalui Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota dengan FIABCI (Real Estate Federation) Indonesia, dikuti hampir 200 peserta bertajuk “The New Normal in the World’s Post Covid-19: The Prospect of The Coworking Space Business”, Rabu (6/5).

Dibuka oleh Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan dan dimoderatori  dosen Untar Meriyana Kesuma, menghadirkan para profesional seperti Direktur Ciputra Group Nararya Ciputra Sastrawinata, Co-Founder Vanessa Hendriadi Li, President of Coworking Indonesia Faye Alund, Owner Willis Kusuma Architects, Willis Kusuma.

Bagi Nararya Ciputra Sastrawinata, Coworking Space merupakan platform yang tepat bagi entrepreneur muda untuk melahirkan inovasi, berbagi ide, berkolaborasi, dan mewujudkan mimpinya.

Faye Alund menyatakan coworking bukan hanya menyediakan fasilitas namun juga konektivitas agar individu dapat berkembang. Nantinya, coworking akan menjadi wadah dari economy builders. “Situasi krisis global ini merupakan blessing in disguise. Suatu saat ketika semuanya telah beradaptasi dengan the new normal, hal yang penting adalah Productivity and Results, bukan hanya

 

hadir secara fisik di kantor. Coworking is the new future. Yang kami inginkan adalah untuk coworking menjadi mainstream nantinya.”

Vanessa Hendriadi Li menilai bahwa perusahaan membutuhkan fleksibilitas untuk mengembangkan usahanya. “Misi dari GoWork sangatlah penting manusia merasa kualitas berkarya mereka berpengaruh kepada kehidupan. Coworking ialah platform yang bisa menghubungkan individu untuk berkolaborasi dan berkreasi bersama.

“Manusia mendesain dengan menyesuaikan segala tantangan yang timbul. Jika ingin berspekulasi apa yang akan terjadi saat the new normal nanti, open plan mungkin bukan lagi menjadi pilihan utama. Coworking space dapat beralih menjadi ruangan partisi maupun less dense working space yang memberi jarak pada individu dan tetap menjaga jarak pandang.” Ujar Willis Kusuma.

FIABCI Indonesia merupakan federasi internasional dari FIABCI yang berpusat di Paris dengan lebih 60 negara anggota yang telah beroperasi selama 70 tahun.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor bidang Akademik Dr. R.M. Gatot P. Soemartono, S.E., S.H., M.M., LL.M.

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018