Peneliti Didorong Menulis Populer
Senin, 09 Maret 2020

Pusat Sumberdaya Belajar (PSB) Untar bekerja sama dengan Humas Untar mengadakan Kegiatan Workshop Penulisan Populer bagi Dosen Peneliti UPT, Senin (9/3) di Kampus I Untar.

 

Editor kompas.com Yohanes Enggar dan News Assistant Managing Editor kompas.com Laksono Hari Wiwoho yang menjadi narasumber dalam seminar ini membahas tentang bagaimana menghasilkan tulisan populer dari hasil penelitian para dosen.

 

Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan berharap kepakaran dosen bisa semakin muncul dalam karya tulisan yang mudah dipahami masyarakat awam. "Semoga pelatihan ini dapat mendorong para dosen peneliti menghasilkan tulisan populer dari hasil risetnya sehingga dapat membantu Untar membangun reputasinya," tuturnya.

 

Kahumas Paula T. Anggarina, S.E., M.M. berpendapat kegiatan ini bisa memberikan banyak manfaat, khususnya terkait publikasi dan penulisan popular. "Workshop ini dapat menjadi pengalaman dan menghasilkan output tulisan populer dari hasil penelitian yg ada," ungkapnya.

 

Masalah-masalah seputar penulisan konten dibahas pada sesi yang dibawakan Yohanes Enggar. "Persoalannya bukan pada pesan, tetapi pada cara mengemas pesannya. Kita harus menyesuaikan pesan tersebut dengan pembaca yaitu millenial," seru editor yang akrab disapa Mas Enggar ini.

 

Laksono Hari Wiwoho memaparkan lebih dalam tentang penulisan judul dalam sesinya. "Judul perlu disesuaikan dengan rentang umur pembaca. Judul boleh bombastis, tetapi tidak boleh click bait karena akan memengaruhi minat pembaca ke depannya," ujarnya.

 

Selain itu, workshop ini juga membahas nilai-nilai berita, cara menciptakan judul yang efektif dan mudah dipahami pembaca, cara mengubah sudut pandang tulisan, hingga pemahaman mengenai Search Engine Optimisation (SEO).

 

-AW-

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018