Kembangkan Mutu Prodi Sipil, Untar Jalin Kerja Sama dengan PT. Midasindo Teknik Utama
Selasa, 07 Januari 2020

Penandatanganan MoU antara PT. Midasindo Teknik Utama dalam hal ini diwalkilkan oleh Dr. Ir. FX Supartono dan Untar berlangsung pada hari Selasa (7/1) di Kampus I.

Melalui MoU ini, PT. Midasindo Teknik Utama sepakat mendonasikan 300 lisensi software analisis struktur MIDAS kepada mahasiswa dan dosen Prodi Teknik Sipil Untar.

Menurut Rektor, kerja sama ini dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam persiapan memasuki dunia kerja. "Saya harap kolaborasi ini dapat membangun SDM untuk menghadapi persoalan sipil di kehidupan sehari-hari, di masa yang akan datang," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Direktur Utama PT. Midasindo Teknik Utama Dr. Ir. FX Supartono bahwa donasi yang diberikan diharapkan dapat membangun kemampuan dan kesadaran mahasiswa dalam menggunakan software analisis struktur, sekaligus mengurangi penggunaan software bajakan.

"Penggunaan software original sejak dini dapat menjadi landasan etika saat menginjak dunia profesional, yang tentunya akan membawa manfaat bagi kedua institusi" tuturnya.

MIDAS adalah software atau aplikasi analisis struktur yang dikembangkan MIDAS IT dan telah digunakan di seluruh dunia, salah satunya dalam perancangan struktur Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab yang merupakan gedung tertinggi di dunia.

Terdapat empat jenis software yang didonasikan sesuai fungsinya, yakni MIDAS Gen (software untuk mendesain bangunan gedung dan struktur umum), MIDAS Civil (software untuk mendesain struktur jembatan), MIDAS GTS NX (software untuk menganalisis masalah geoteknik dan terowongan), dan MIDAS FEA (software untuk menganalisis perilaku non-linier dan fatigue).

Turut hadir dalam MoU Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. R.M. Gatot P. Soemartono, S.E., S.H., M.M., LL.M., Wakil Rektor Bidang Nonakademik Dr. Rasji, S.H., M.H., Para Ketua Lembaga, Dekan Fakultas Teknik Harto Tanujaya, S.T., M.T., Ph.D. beserta jajaran, Asisten Direktur PT. Midasindo Teknik Utama Andi, Manajer Operasional PT. Midasindo Teknik Utama Cindy Chandra, dan Sekretaris PT. Midasindo Teknik Utama Faiqoh.

 

-JS-

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018