Dr. (HC) Ir. Ciputra Tutup Usia
Rabu, 27 November 2019

Dr. (HC) Ir. Ciputra, owner of the name Tjie Tjin Hoan, at the age of 88, closed his age early Wednesday (11/27) at Gleneagles Hospital Singapore. He was born in Parigi, Central Sulawesi, 24 August 1931.


Memperoleh gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) di bidang Ilmu Teknik dari Untar pada tanggal 3 Maret 2008, serta peraih Lifetime Achievement Luminary Award dari Channel NewsAsia Singapura pada tahun 2013 ini telah berkontribusi pada pembangunan dan peningkatan manajemen Universitas Tarumanagara dengan menjadi Ketua Yayasan Tarumanagara pada tahun 1979 hingga 1983. Selama kepemimpinannya, Ia membawa banyak kemajuan bagi Yayasan Tarumanagara dengan meletakkan dasar-dasar organisasi yang baik serta turut andil dalam pembangunan fisik kampus Universitas Tarumanagara.

 

Menurutnya, orientasi Universitas Tarumanagara untuk menciptakan entrepreneur dan profesional yang unggul sangatlah tepat, karena dunia usaha masa depan memerlukan entrepreneur-entrepreneur ulung yang dapat memenangkan persaingan baik nasional, regional, maupun global.

 

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan menyampaikan belasungkawa atas berpulangnya Dr. (HC) Ir. Ciputra. "Sivitas akademika Universitas Tarumanagara sangat kehilangan sosok yang sangat menginspirasi dan mendorong kami semua dalam memajukan Untar. Sebagai Bapak Entrepreneur, Pak Ciputra telah menanamkan nilai nilai Entrepreneurial di Kampus Untar, dan menjadi salah satu nilai yang menjadi keunggulan Untar. Pak Ciputra telah menginspirasi banyak orang termasuk Sivitas Akademika Untar untuk terus berinovasi dan membangun kreativitas dalam pengembangan pendidikan tinggi berorientasi penciptaan lapangan kerja, bukan pencari kerja," ucapnya. 

 

Secara khusus Rektor menyampaikan ucapan terima kasih kepada sosok seorang Bapak atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya. "Mengubah kotoran menjadi emas, merupakan nilai Entrepreneurial yang selalu membekas, khususnya bagi saya sendiri yang bukan berasal dari kalangan pebisnis, tetapi diberi tanggung jawab mengelola Untar untuk menjadi makin baik," tuturnya.

 

Kesan pribadi beliau terhadap seorang Dr. (HC) Ir. Ciputra, "Saya sangat terkesan dengan pribadinya yang hangat dan ramah kepada setiap orang. Saya mengucap syukur dan berterima kasih karena pernah mengenal beliau dan beraudiensi dalam banyak kesempatan. Selamat jalan Bapak Dr. Ir. Ciputra. Terima kasih atas semua darma baktimu bagi Untar dan bagi Indonesia."

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018