Rektor Untar Terima Academic Leader Award 2019 Kemenritekdikti
Selasa, 01 Oktober 2019

Untar mendapat penghargaan pada Academic Leader Award 2019 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). 

Penghargaan untuk Untar diraih kategori Dosen dengan Tugas Tambahan Rektor Perguruan Tinggi Swasta. Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan berhasil mendapat penghargaan Academic Leader Award 2019 setelah melalui tahap-tahap seleksi yang diadakan Kemenristekdikti.

Direktur Karier dan Kompetensi SDM Iptek dan Dikti, Bunyamin Maftuh mengatakan, penilaian Academic Leader Award 2019 mempertimbangkan empat kemampuan seorang pemimpin, meliputi pemimpin yang visioner (visionary), menginspirasi (inspiring), mendorong atau memotivasi (encouraging), serta unggul (excellent).

"Kandidat harus memiliki visi ke depan, karyanya menjadi rujukan bagi orang lain, memiliki kemampuan manajemen mumpuni untuk menghadirkan tata kelola yang baik, serta unggul dalam akademik juga inovasi. Para kandidat terbaik yang telah tersaring dan kami beri penilaian," terang Bunyamin.

Penyerahan penghargaan Academic Leader Award 2019 berlangsung di Hotel Vertu Harmoni Jakarta, Selasa (1/10), dihadiri para rektor, dosen, akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Penghargaan ini  diberikan untuk para akademisi, khususnya dosen yang telah berkontribusi dalam kemajuan dunia pendidikan tinggi Tanah Air. Adapun anugerah ini terbagi dalam dua kategori besar, yaitu kategori dosen berdasarkan bidang keilmuan yang diampu, dan kategori dosen dengan tugas tambahan sebagai pimpinan perguruan tinggi.

Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan mengatakan prestasi ini melengkapi kebahagiaan dalam merayakan Dies Natalis ke-60 Untar.

“Semua perolehan ini saya persembahan kepada semua Sivitas Akademika Untar yang telah bekerja keras dan terus menerus mengembangkan diri untuk menjadi makin baik.  Semua karena kerja keras dan kolaborasi Sivitas Akademika Untar yang didukung oleh semua pihak yang peduli terhadap pengembangan Untar”, ujar  guru besar teknik mesin ini. 

Ditambahkannya, sebagai rektor  selalu mengajak semua Sivitas Akademika Untar untuk berkolaborasi menghasilkan capaian yang terbaik, melalui keteladanan, kontribusi, dukungan dan tentu saja doa.  Semua tugas harus dilaksanakan secara terstruktur, sistematis, dan masif serta mampu telusur yang baik. Kontribusi sekecil apapun harus didata, sehingga jika dikumpulkan akan menjadi prestasi yang besar

Merayakan 60 tahun Untar sudah banyak capain telah ditorehkan mulai dari memperoleh akreditasi A (Unggul) untuk institusi perguruan tinggi, Sertifikasi ISO 9001: 2015, Sertifikasi Penjaminan Mutu Internal, Akreditasi A untuk Perpustakaan, 3 Bintang QS Rating, Akreditasi internasional Prodi Teknik Mesin dan Teknik Sipil, kenaikan peringkat ke-34 untuk Perguruan Tinggi Nasional, peringkat ke delapan Perguruan Tinggi Swasta Nasional dan berbagai capaian lainnya.

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018