Untar Tuan Rumah Kompetisi Greenmech dan Robot for Mission Tingkat Nasional
Sabtu, 11 Mei 2019


Dalam rangka mendukung industry 4.0 yang dicanangkan pemerintah, Untar melalui Pusat Bimbingan dan Konsultasi Psikologi (PBKP) bekerja sama dengan Rumah Edukasi, dan Universitas Katolik Parahyangan Bandung menyelenggarakan Kompetisi Greenmech dan Robot for Mission (R4M) tingkat Nasional. 

GreenMech adalah sebuah kompetisi membuat struktur mekanika Rube Goldberg Machine yang menyenangkan yang menghubungkan berbagai fungsi dari mekanika dan green energy melalui operasi yang kompleks untuk menyelesaikan tindakan yang sederhana.

Sedangkan R4M adalah sebuah kompetisi merancang robot menggunakan prinsip saintifik berbasis STEAM dan membuat program coding agar robot dapat menyelesaikan misi, dimana misi kompetisi regional kali ini adalah untuk memindahkan makanan dari tempat penyimpanan makanan ke kandang-kandang yang telah ditentukan. Kompetisi ini untuk menginspirasi kemampuan aplikasi programming dan kreativitas serta melatih teknik manipulasi dan kemampuan menggerakkan robot.

“Robot merupakan alat bantu untuk kehidupan kita sehari-hari, kita adalah perancang dari robot yang bermanfaat dalam hidup kita, jangan merancang robot yang dapat merusak alam.  Robot tidak boleh menggantikan manusia sebagai perancang yang mengendalikan robot.” Ujar Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan saat membuka acara, Sabtu (11/5) di kampus Untar.  Turut hadir Kepala PBKP Meiske Yunithree Suparman, M.Psi.

Kompetisi ini menggunakan prinsip saintifik yang mengkombinasikan lima aspek pembelajaran dan perkembangan yang dikenal dengan istilah STEAM yaitu Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics dan dibagi dalam tiga kategori, yaitu kelompok Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas.

Tujuan dari kompetisi adalah mendorong semangat kreativitas dan kerja sama tim dalam menyelesaikan masalah melalui brainstorming dalam membuat sebuah konstruksi bangunan mekanika dimana setiap tim terdiri dari 4 siswa/i, menginspirasi peserta untuk menghargai aplikasi saintifik dan mengembangkan pendidikan sains yang kreatif dengan menggabungkan pemikiran yang kreatif ke dalam struktur bangunan sehingga peserta dapat mengaplikasikan teori sains dan kreativitas dan dapat  mendemonstrasikan hasil dari pendidikan sains yang kreatif.

Kompetisi ini juga menanamkan semangat kerja sama tim dimana setiap tim terdiri dari 3 - 4 orang dan setiap orang memiliki peranan masing-masing yang saling membantu menyelesaikan misi tersebut. Setiap tim dibebaskan membuat berbagai macam model robot sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditentukan oleh panitia dan dapat menggunakan berbagai macam perangkat untuk mengoperasikan robot tersebut, seperti smart phone, pads, laptop. Kompetisi R4M yang inovatif ini merefleksikan kolaborasi “human-machine” dan membuat kompetisi ini berbeda dengan kompetisi robot lainnya.

Tahun ini terdapat 50 tim yang ikut serta dan mereka adalah yang sudah lolos kompetisi regional.  Tim yang berhasil lolos dalam tingkat nasional berkesempatan mengikuti kompetisi tingkat dunia di Taiwan pada 1 Agustus 2019. Greenmech dan R4M juga didukung Pradita Institute, Universitas Ma Chung Malang, serta Perguruan Tinggi Eka Prasetya Medan.

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018