Akreditasi IABEE Pengakuan Internasional Teknik Mesin dan Teknik Sipil Untar
Kamis, 20 Desember 2018

Program Studi  (Prodi)  S1 Teknik Mesin dan Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT)  Untar  menerima  akreditasi dari Indonesian Accreditation Board of Engineering Education (IABEE) .  Keputusan ini disampaikan dalam surat pengumuman hasil akreditasi yang dikeluarkan IABEE Accreditation Council dan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) tanggal 20 Desember 2018. 

IABEE merupakan lembaga akreditasi internasional yang mengacu pada Washington Accord sebagai salah satu standar akreditasi internasional bidang Teknik. Penilaiannya mengikuti standar Internasional berbasis capaian pembelajaran dan dilaksanakan terhadap program studi disiplin teknik, maupun komputasi, pada jenjang sarjana.

Visitasi  dari tim IABEE sendiri dilaksanakan pada bulan Oktober  oleh Tim IABEE  Prof.Dr. Ir. M. Faiz Syuaib, M.Agr , Prof. Widjaya Adi Prakoso, Dr. Ir. Sulardjaka, IP-M, Ir. Anggoro Yudho Nuswantoro dan  Ir. Catur Hernanto, M.M., IP-M  serta   observer dari Japan Accreditation Board for Engineering Education (JABEE) Dr. Tsutomu Kimura dan Dr Yasuyuki Aoshima. 

Menanggapi hal di atas Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan menyatakan  akreditasi ini menunjukkan pengakuan  bahwa Untar telah menjalankan sistem  penjaminan mutu baik secara internal dan eksternal yang handal.

Akreditasi  ini juga menjadi pembuktian atas upaya Untar untuk terus membangun reputasi dalam tatanan internasional  yang dilandasi  visi  integritas, profesionalisme dan entrepreneurship di Asia Tenggara.

“Keberhasilan ini jadi salah satu kekuatan Untar dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan tinggi untuk semua pemangku kepentingan”, tambahnya.

Ketua Prodi Teknik Sipil FT Untar Dr.Widodo Kushartomo.,  S.Si., M.Si. mengemukakan  akreditasi  IABEE  menunjukan lulusan prodi teknik sipil  memenuhi standar dan kualitas internasional untuk memasuki dunia profesi maupun pendidikan.

 “Prodi sarjana teknik sipil  mempunyai reputasi yang sama dengan perguruan tinggi ternama di dunia”, ujarnya.

Hal senada disampaikan Ketua Prodi Teknik Mesin Dr. Steven Darmawan., ST., MT, yang memandang capaian  ini  bukti akuntabilitas proses  pembelajaran di Program Studi Teknik Mesin yang diakui lembaga akreditasi internasional. 

Diharapkannya lulusan program studi ini selain memiliki jiwa teknopreneur juga dapat berkiprah pada  dunia industri di lingkup internasional.

IABEE  mengeluarkan akreditasi  pada kedua prodi di FT  Untar tersebut  yaitu provisional untuk prodi teknik sipil  dan general untuk prodi teknik mesin.   Akreditasi  ini sebagai bentuk pengembangan yang berkelanjutan di  prodi tersebut   sehingga dapat  meningkatkan reputasi dan kualitas serta  menghasilkan  lulusan  yang setara dengan negara-negara lain.  Kedua Prodi  ini juga sudah mendapat akreditasi A dari BAN PT.

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018