Prodi Teknik Mesin Untar Ikuti Akreditasi Internasional
Selasa, 02 Oktober 2018

 


 

Program Studi Teknik Mesin dan Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara menerima visitasi Tim Evaluator dan Observer dari Indonesian Accreditation Board of Engineering Education (IABEE) .

Tim dipimpin yang Prof.Dr. Ir. M. Faiz Syuaib, M.Agr dan anggota Prof. Widjaya Adi Prakoso, Dr. Ir. Sulardjaka, IP-M, Ir. Anggoro Yudho Nuswantoro dan  Ir. Catur Hernanto, M.M., IP-M  diterima Rektor Prof. Dr. Agsutinus Purna Irawan, Selasa (2/10) di kampus Untar. Turut bersama tim IABEE,  observer dari Japan Accreditation Board for Engineering Education (JABEE). 

Prof.Dr. Ir. M. Faiz Syuaib., M.Agr  menyatakan apresiasinya terhadap Untar karena melalui akreditasi ini menunjukkan Untar peduli dan berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Ini menunjukkan bahwa untar juga memiliki visi mengambil bagian di dunia pendidikan, terutama di bidang engineering, “ terangnya.

Rektor Untar Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan menekankan bahwa akreditasi ini sebagai sarana untuk menjadi lebih baik, khususnya dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas.

“Dengan visitasi ini kita bisa saling memberikan masukkan, segala sesutu yang diperlukan untuk mengembangkan jurusan teknik sipil dan teknik mesin, sehingga makin hari kita bisa menghasilkan lulusan yang semakin berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan industri  dan kebutuhan masyarakat dan pembangunan di Indonesia”, jelasnya.

Prodi Teknik Mesin FT Untar sudah mendapat akreditasi A dari BAN PT. Sedangkan akreditasi dari IABEE ini dilakukan sebagai bentuk pengembangan program studi yang berkelanjutan guna meningkatkan reputasi dan kualitas sehingga dapat mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas dan setara dengan lulusan negara-negara lain.

IABEE merupakan lembaga akreditasi internasional yang mengacu pada Washington Accord sebagai salah satu standar akreditasi internasional bidang Teknik. Penilaiannya mengikuti standar Internasional berbasis capaian pembelajaran dan dilaksanakan terhadap Program Studi disiplin Teknik, maupun Komputasi, pada jenjang Sarjana.

 

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018