Dies Natalis ke 50 Teknik Sipil Untar adakan Seminar Gedung Tahan Gempa
Rabu, 26 September 2018

 

 

Wakil Rektor Dr. R.M. Gatot. P. Soemartono., S.H., S.E.,M.M., LL.M. bersama para

pembicara dan pimpinan Prodi Teknik Sipil FT Untar

 

Program Studi Sarjana Teknik Sipil Universitas Tarumanagara (UNTAR) mengadakan Seminar Sehari dengan tema “Perancangan Struktur Gedung Tahan Gempa Berbasis Kinerja Berdasarkan SNI 1726:201X” di Auditorium lt 8 Gedung M Kampus I Untar, Rabu, (26/9).

Seminar yang diselenggarakan dalam rangka dies natalis ke 50 program studi teknik sipil Fakultas Teknik Untar menghadirkan para pembicara Prof. Iswandi Imran, M.A.Sc, Ph.D (Institut Teknologi Bandung), Prof. Ir. Widjojo Adi Prakoso, M.Sc, Ph.D. (Unversitas Indonesia) Prof. Tavio S.T., M.T., Ph.D. (ITS) serta Dr.. Ir. F.X. Supartono, DEA (PT. Midasindo Teknik Utama). Seminar dibuka kegiatan Wakil Rektor Dr. R.M. Gatot. P. Soemartono., S.H., S.E.,M.M., LL.M.

Tema ini dipilih karena keluarnya peta gempa Indonesia yang baru pada tahun 2017 yang akan diikuti dengan munculnya peraturan beban gempa baru dan konsep desain struktur tahan gempa yang berbasis kinerja (performance based design).

Desain struktur tersebut mempertimbangkan perilaku non-liniernya untuk mengevaluasi perilakunya saat terjadi gempa yang lebih besar dari gempa rencana.

Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama pada bidang jasa konstruksi di Indonesia. Diharapkan para peserta mendapatkan informasi dan pengetahuan baru yang dapat digunakan dalam pengembangan IPTEK di tempat masing-masing.

 

 

 

 

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018