Bupati Bandung Barat Jadi Tim Penguji Yunan Hanun Raih Doktor Sipil Untar
Selasa, 04 September 2018

 

Dr. Yunan Hanun (kelima dari kanan) bersama tim penguji dan promotor.

 

Dr. Yunan Hanun, S.T., M.M., M.T. meraih gelar doktor pada sidang terbuka program Doktor Ilmu Teknik Sipil, Selasa (4/9) yang dipimpin oleh Rektor Untar Prof. Agustinus Purna Irawan dan didampingi Dekan Fakultas Teknik Harto Tanujaya, S.T., M.T., Ph.D.

Disertasinya mengangkat judul “Pemodelan Estimasi Harga Pokok Produksi Beton di Pulau Jawa” dengan promotor utama Prof. Ir, Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D serta promotor pendamping Ir. Dadang M. Ma’soem, MSCE., Ph.D.  yang juga merupakan Pejabat Bupati Kabupaten Bandung Barat.

Dalam sidang terbuka diutarakannya harga pokok produksi beton pada perusahaan beton yang lokasinya berdekatan seharusnya sama karena harga material yang digunakan untuk membuatnya relative sama. Namun faktanya harga pokok produksi beton berbeda-beda sekalipun dalam satu perusahaan.

“Hal ini seharusnya tidak terjadi bila perusahaan beton sejak awal telah memiliki dan menggunakan pedoman pemodelan estimasi harga pokok produksi beton yang handal dan teruji, dengan melibatkan yang tepat dan akurat”, ujarnya

Yunan Hanun menyarankan agar dengan telah ditemukannya model estimasi harga pokok produksi, perusahaan beton dapat mengimplementasikannya agar harga beton yang diproduksi oleh perusahaan yang sama dan lokasi perusahaannya berdekatan dapat memberikan harga yang sama.

Tim penguji diketuai Prof. Ir. Chaidir A. Makarim., MSE., Ph.D dengan anggota Dr. Najid., MT, Prof. Ir. Roesdiman Soegiarso, M.Sc., Ph.D. dan Dr. Ir. Onnyxiforus Gondokusumo, M. Eng. 

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018