Untar Sambut Mahasiswa Baru dengan Tanamkan Semangat Pancasila
Rabu, 08 Agustus 2018

 

Penyambutan mahasiswa baru angkatan 2018 dilakukan dalam sebuah prosesi yang dihadiri Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan beserta jajaran pimpinan Untar, serta Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Dr. Gunardi., SH., MH, Rabu (8/8) di halaman kampus I Untar.

Dihadapan mahasiswa baru, Rektor Untar menyerukan pentingnya menerapkan nilai-nilai Pancasila bagi mahasiswa. Oleh sebab itu alasan dipilihnya "Saya Indonesia, Saya Pancasila" sebagai tema penyambutan mahasiswa adalah sebagai bentuk penanaman nilai tersebut dalam kehidupan di lingkungan Untar.  

Pada bagian lain sambutannya disampaikannya Untar adalah perguruan tinggi yang memiliki nilai integritas, profesionalisme dan entrepreneurship

Implementasi dari nilai-nilai tersebut adalah mahasiswa Untar harus memiliki hati nurani, keterampilan dan inovatif serta kreatif.   

Tak lupa Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan juga mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru Untar serta menyapa para orangtua yang juga turut hadir.

Sementara itu Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Untar Martin Setiawan menyatakan sudah seharusnya mahasiswa menyuarakan jati diri kita yaitu Pancasila. 

“Sebagai mahasiswa mari manyatukan dan menyuarakan suara hati bangsa Indonesia”, serunya di depan ribuan mahasiswa baru.

Masa pengenalan kampus berlangsung hingga 10 Agustus 2018 diisi dengan pembekalan dari berbagai narasumber diantaranya Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu yang memberikan materi tentang bela negara. Hadir juga pembicara lain diantaranya dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Sudah menjadi tradisi Untar bahwa masa pengenalan kampus diisi dengan mengundang tokoh masyarakat untuk memberikan pembekalan yang dapat menambah rasa kecintaan pada tanah air dan bangsa Indonesia. Selain itu untuk memberi pemahaman mengenai pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan di kampus.

Sejak awal Pimpinan Untar melarang dengan tegas praktik perploncoan dan kekerasan selama masa pengenalan kampus dan semua kegiatan selalu diawasi oleh para dosen. Orangtua mahasiswa pun dapat memantau seluruh kegiatan hingga selesai.   

Tahun ini terdapat kenaikan jumlah mahasiswa Untar dari tahun sebelumnya. Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Dr. Gunardi, S.H., M.H. mengatakan kenaikan ini merupakan bukti kepercayaan masyarakat terhadap Untar sebagai perguruan tinggi yang memiliki kualitas pendidikan yang baik.  

 

 

 

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018