Dirjen Penyediaan Perumahan Raih Cumlaude Doktor Teknik Sipil Untar
Selasa, 24 Juli 2018

Dr. Khalawi Abdul Hamid bersama Tim Penguji Sidang Terbuka 

 

Khalawi Abdul Hamid berhasil meraih gelar doktor ilmu teknik sipil Untar dengan predikat cum laude setelah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul  “Model Organizational Effectiveness Manajemen Proyek Pembangunan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ” pada sidang terbuka Program Studi Doktor Ilmu Teknik Sipil Untar, Selasa (24/7) di auditorium kampus Untar.

Menurut Khalawi Abdul Hamid yang juga menjabat Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, banyak penyebab belum optimalnya pencapaian kinerja infrastruktur Kementerian PUPR. Kesadaran untuk melaksanakan audit secara terintegrasi belum sepenuhnya diterapkan pada pembangunan infrastruktur PUPR, sehingga konstruksi menjadi cepat rusak dan tidak mencapai umur rencana.

Selain itu, hal penting yang belum mendapat perhatian secara obyektif dari berbagai faktor yang menentukan efektifitas organisasi adalah pengkajian (review) yang integratif dan komprehensif atas penyelenggaraan proyek.

"Pada prinsipnya suatu organisasi harus bertanggung jawab memastikan bahwa semua tahapan dan proses memenuhi persyaratan teknis dan sekaligus finansial. Oleh karena itu, pertanyaan sentral selanjutnya adalah seberapa besar audit teknis dan finansial menjadi penentu bagi efektifitas suatu organisasi" , tambah pria kelahiran Pemalang 22 Desember 1963 tersebut.

Alumni Sarjana Teknik Sipil Transportasi Universitas Gadjah Mada dan Magister Construction Management Universitas Teknologi Malaysia ini dibimbing promotor utama Prof. Ir. Roesdiman Soegiarso, M.Sc., Ph.D. dan  promotor pendamping Prof. Dr. Ir. Sarwono Hardjomuljadi, M.T., M.H. 

 

 

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018