• Lomba Shell Eco Marathon Asia – Manila 2015

  • Kunjungan ke P.T. Astra Honda Motor

  • Juara 1 Lomba Gokart

  • Kunjungan ke PLTA Saguling

  • iemc

Sambutan Ketua Jurusan

Peran teknologi sudah semakin mendominasi bagi kebutuhan masyarakat secara luas dan berkelanjutan. Jurusan Teknik Mesin Universitas Tarumanagara yang merupakan institusi pendidikan memiliki komitmen yang jelas dan konsisten untuk turut serta berperan sebagai katalisator peningkatan kemampuan dan keterampilan dibidang teknologi bagi masyarakat. Teknik Mesin Untar merasa bertanggung jawab untuk senantiasa membina putera-puteri terbaik bangsa sejak awal, diantaranya dengan memberikan informasi lengkap dan tepat tentang lembaga ini sehingga dapat dimanfaatkan sebaiknya oleh mereka yang berminat.

Sistem informasi lembaga pendidikan berperan sebagai salah satu instrumen dari pendidikan nasional terletak pada kemudahan memperoleh akses data yang diperlukan. Informasi diberikan dalam website ini merupakan penjelasan tentang strukturĀ  organisasi, staf akademik dan non-akademik, aktifitas akademik dan mahasiswa, bagian keilmuan yang ditawarkan serta jadwal kegiatan akademik terkait, termasuk berbagai fasilitas dan persyaratan yang berlaku. Mudah-mudahan website ini berguna dan dapat memberi informasi dan menjalin komunikasi yang berkelanjutan dengan masyarakat luas.

Visi Program Studi Teknik Mesin:

Menjadi Program Studi Teknik Mesin terkemuka di tingkat nasional dan regional yang menghasilkan lulusan berkemampuan wirausaha, profesional dan berdaya saing global.

 

Misi Program Studi Teknik Mesin:

  • Menyelenggarakan proses pengajaran dan pembelajaran yang berbasis pada mutu yang memenuhi standar internasional.
  • Menyelenggarakan penelitian yang multi disiplin dengan keterpaduan fakultas dan program studi di Universitas Tarumanagara.
  • Berpartisipasi aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dalam bidang ilmu pengetahuan, rekayasa dan teknologi melalui pelayanan pendidikan berkelanjutan, konsultasi dan pelayanan penelitian.
  • Menyiapkan lulusan yang mampu berinovasi dan berwirausaha.

 

Tujuan Pendidikan Program Studi Teknik Mesin:

Tujuan Umum:

Menyiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik TeknikĀ  Mesin dalam menerapkan, mengembangkan, dan atau memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menyebarluaskan dan mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

 

Tujuan Khusus:

Menyiapkan Sarjana Teknik Mesin yang mampu berkarya dalam lingkungan pekerjaan di sektor industri dengan kualifikasi:

  • Memiliki kemampuan serta keterampilan dasar perancangan dan perencanaan, Teknik Mesin berbasis komputer serta standar dan kode (code and standard) yang dilandasi pemahaman tentang prinsip dasar pengoperasian dan kontrol kualitas sistem dan proses dalam bidang industri.
  • Memiliki inisiatif, kreatifitas, berpikir analitis dan sistematis dalam mengkaji dan menyelesaikan permasalahan serta mengemasnya menjadi informasi yang komunikatif.
  • Memiliki etika, etos kerja dan kewirausahaan sesuai tuntutan serta kebutuhan potensial pasar global.
  • Memiliki kesadaran dan mau melakukan pembelajaran sepanjang hayat.

Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara didirikan pada tanggal 13 Agustus 1981 di Jakarta sesuai dengan Surat Keputusan Ijin melaksanakan kegiatan Akademik dan Administratif (Ijin Operasional) bagi Jurusan Mesin Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara dari Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah II No. 10/S tahun 1981 yang ditanda tangani oleh Girindro Pringgodigdo selaku Koordinator Kopertis Wilayah II.

Setelah mendapatkan Ijin Operasional, Jurusan Teknik Mesin mulai menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 1981/1982 dengan jumlah mahasiswa angkatan pertama sebanyak 52 mahasiswa. Setelah 3 (Tiga) tahun berjalan, Jurusan Teknik Mesin mendapatkan Status Terdaftar pada tanggal 30 Oktober 1984 melalui Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0502/O/1984, tentang Pemberian Status Terdaftar Kepada Jurusan Teknik Mesin Pada Fakultas Teknik Dalam Lingkungan Universitas Tarumanagara di Jakarta yang ditanda tangani oleh Prof. Dr. Nugroho Notosusanto.

Dengan makin berkembangnya Jurusan Teknik Mesin, pada tanggal 04 Januari 1990 Jurusan Teknik Mesin mendapatkan Status Diakui melalui Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 009/O/1990, tentang Pemberian Status Diakui Kepada Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Teknik Mesin Pada Fakultas Teknik Di Lingkungan Universitas Tarumanagara di Jakarta yang ditanda tangani oleh Bambang Triantoro, selaku Sekretaris Jenderal Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Pada tanggal 21 Januari 1993 Jurusan Teknik Mesin mendapatkan Status Disamakan melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 16/DIKTI/Kep/1993, tentang Pemberian Status Disamakan Kepada Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Teknik Mesin Untuk Jenjang Program S1 Pada Fakultas Teknik Di Lingkungan Universitas Tarumanagara di Jakarta yang ditanda tangani oleh Sukadji Ranuwihardjo.

Dengan adanya Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), pada 11 Agustus 1998 Program Studi Teknik Mesin mendapatkan Sertifikat Akreditasi A (Baik sekali) melalui sertifikat No. 00419/Ak-I.I/UTATRS/VIII/1998, yang ditanda tangani oleh Prof. Dr. Sukadji Ranuwihardjo, MA. selaku Ketua Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Pada proses akreditasi yang kedua, pada tanggal 22 Desember 2003, Program Studi Teknik Mesin mendapatkan kembali Sertifikat Akreditasi A (Baik sekali) melalui sertifikat No. 06179/Ak-VII-S1-045I/UTATRS/XII/2003, yang ditanda tangani oleh Prof. dr. M.K. Tadjudin selaku Ketua Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Pada proses akreditasi yang ketiga, pada tanggal 11 April 2009, Program Studi Teknik Mesin mendapatkan Sertifikat Akreditasi B (Baik) melalui Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 003/BAN-PT/Ak-XII/S1/IV/2009, yang ditanda tangani oleh Kamanto Sunarto selaku Ketua Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Ketua Jurusan : Harto Tanujaya, S.T., M.T., Ph.D.

Sekretaris Jurusan : Ir. Sofyan Djamil, M.Si.

Prof. Dr. Ir. I Made Kartika D, Dipl-Ing.

Prof. Dr. Ir. Eddy Sumarno Siradj, M.Sc.

Prof. Dr. Ir. Danardono A Sumarsono, DEA

Prof. Dr. Ir. Bambang Suryawan, M.T.

Prof. Dr. Ir. Frans Yusuf Daywin, M.Sc.

Dr. Ir. Soeharsono, M.Sc.

Agus Halim, S.T.,M.T.

Sulastini, S.E.

Karyati, S.E.

Endro Wahyono

Farida Ariyanti, S.E.

Kusno Aminoto

Herman

Agun Gunawan

Empty tab. Edit page to add content here.
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

clear formSubmit