• SNMI 2016

  • PKM Teknik Industri

  • PKM Teknik Industri

  • Proyek Perancangan Industri

  • Proyek Perancangan Industri

  • Proyek Perancangan Industri

  • Sidang Skripsi

  • Prestasi4

  • SNMI IX Bali

  • SNMI X Tarumanaragar

  • Temu Alumni

  • 3rd Academiic Faculty Development

  • ICET2015

  • ISIEM 7th 2015 Bali

  • ISIEM 8th Malang 2016

  • Kerjasama Dekan FT dan Solo Technopark dalam PKM Dosen TI

  • Pelatihan Norma Kedosenan FT

  • Prestasi1

  • Prestasi2

  • Prestasi3

1. Visi Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara

Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang teknik industri dan menghasilkan sarjana bermartabat, berkemampuan wirausaha serta berdaya saing global.

2. Misi Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara

  • Menyelenggarakan proses pembelajaran yang merujuk pada standar internasional untuk menghasilkan lulusan yang mampu berinovasi dan berwirausaha.
  • Melaksanakan kegiatan penelitian dalam bidang teknik industri yang dapat memberikan manfaat pada pengembangan keilmuan dan teknologi.
  • Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat sebagai wujud peran serta untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Program Studi Teknik Industri adalah Program Studi baru yang mulai beroperasi tahun akademik 2005/2006. Program Studi ini merupakan pengembangan Bagian Peminatan Teknik dan Manajemen Industri Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara yang berdiri tahun 1981. Sebelum didirikan, dibentuk tim Pendiri Prodi Teknik Industri yang diketuai oleh Ir. Basuki Anondho, MT (Fakultas Teknik), Wakil Ketua Drs. Widayatmoko, MM (Fakultas Ekonomi), Sekretaris Lamto Widodo, ST., MT (Jurusan Teknik Mesin) dan Anggota Ir. Sofyan Djamil, M.Si (Jurusan Teknik Mesin), Dra.  Moersilah S., Drs. Sarwo Edy Handoyo, MM., dan Drs. M. Sarono Slamet, MM dengan dibantu beberapa staf Jurusan dan Fakultas. Tugas dari tim ini adalah melakukan studi kelayakan dan membuat proposal pendirian Program Studi Teknik Industri. Dalam proposal tersebut salah satu yang harus dirumuskan adalah visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi.

Tim melakukan studi banding ke beberapa perguruan tinggi antara lain Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas Maranatha Bandung, Universitas Parahyangan Bandung, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dan Universitas Trisakti Jakarta. Tim juga mengadakan survei berupa wawancara dengan beberapa Lulusan Peminatan Teknik dan Manajemen Industri Jurusan Teknik Mesin Universitas Tarumanagara serta beberapa industri tempat Lulusan berkarya. Tim juga mengkaji Visi, Misi, serta Tujuan Universitas Tarumanagara dan Fakultas Teknik sebagai acuan dalam perumusan Visi, Misi , Tujuan dan Sasaran Pencapaian Prodi Teknik Industri. Akhirnya tim ini menghasilkan rumusan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi yang dituangkan dalam proposal pendirian Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara dan disetujui oleh Dirjen Dikti sesuai dengan SK Nomor: 4222/D/T/2004 tanggal 27 Oktober 2004.

 

Setelah SK Ijin Operasional didapatkan dilakukan pemantapan visi, misi, tujuan dan sasaran serta strategis pencapaian Rapat Kerja penyusunan rancangan kurikulum operasional Teknik Mesin dan Teknik Industri pada tanggal 18 – 21 April 2005 bertempat di PUSDIKLAT PT.Indofood, Jl. Kebon Raya Cibodas Km 2 Cibodas-Bogor. Dalam rapat tersebut turut diundang beberapa narasumber dari ITB, UI, Universitas Trisakti, dan pihak industri. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran serta Strategi Pencapaian tercantum dalam dokumen Kurikulum Operasional tahun 2005.

struktur-industri

Ketua Program Studi : Dr. Lamto Widodo, ST.,MT.

Sekretaris Program Studi : I Wayan Sukania, ST., MT.

DOSEN PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI

Dosen Tetap
No. Nama JFD Bidang Keilmuan
1 Abrar Riza, ST., MT., Dr. L Kimia Industri
2 Adianto, Drs., M.Sc., Ph.D. LK Fisika, Mekatronika
3 Agustinus Purna Irawan, ST., MT.Dr. Prof GB Konstruksi Mesin, Perancangan
4 Ahmad, ST., MT. AA Operation Research, Pemodelan Sistem, Simulasi Sistem
5 Didi Widya Utama, ST, MT. AA Menggambar CAD, Elektronika Industri
6 Harto Tanujaya, ST, MT, PhD. L Konversi Energi, Permodelan
7 I Wayan Sukania, ST., MT. LK Ergonomi, Perancangan Sistem Kerja, K3
8 Lamto Widodo, ST., MT, Dr. LK Biomekanika, Perancangan Sistem Kerja
9 Lina Gozali, ST., MM. L Kewirausahaan, Sistem Produksi
10 Lithrone Laricha Salomon, ST., MT. AA Statistika, Perancangan Eksperimen, Manajemen Kualitas
11 M Sobron Y Lubis, Ir. MSc., Dr. LK Proses Manufaktur
12 M. Agung Saryatmo, ST., MM., MT. AA Manajemen Industri, Manajemen Marketing
13 Rosehan, Ir., MT. LK Menggambar, Proses Manufaktur
14 Wilson Kosasih, ST., MT. L Quality Engineering. Manajemen Strategis

 

Dosen Tidak Tetap
No. Nama JFD Bidang Keilmuan
1 Iveline A. Marie, Ir, MT, Dr. L Sistem Produksi, Perencanaan Fasilitias, Pengembangan Produk, Pemodelan Sistem
2 Silvi Arianti, Ir, MSc L Perancangan Produk
3 Iphov Komala Sriwana, ST, MSi. L Manajemen Rantai Pasokan, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Simulasi Pemodelan Sistem
2013 1.   Analisa Waktu Baku Elemen Kerja Pada Pekerjaan Penempelan Cutting Stiker di CV Cahaya Thesani. (I Wayan Sukania)
2.   Simulasi Fuzzy Assesment untuk Mengklasifikasi Mesin dalam Praktik TPM (Wilson Kosasih)
3.   Penentuan jumlah Tenaga Kerja Dengan Penambahan Kebutuhan Conveyor Berdasarkan Analisa Transfer Line dan Ant Colony Pada PT. Astra Komponen Indonesia. (Lina Gozali)
4.   Studi Waktu dan Gerakan pada Stasiun Kerja Unit Pengemasan Kabel di PT. X. (I Wayan Sukania)
5.   Pengembangan dan Pengujian Prototipe Prostesis Menggunakan Material Komposit Serat Bambu Epoksi – Tahun II Multiyears (Agustinus P.I.)
6.   Pengembangan dan Pengujian Prototipe Prosthesis Menggunakan Material Komposit Serat Bambu (Agustinus Purna Irawan)
7.   Tensile and Flexural Strength of Ramie Fiber Reinforce Epoxy Composites for Socket Prosthesis Application  (Agustinus Purna Irawan, Tresna P. Soemardi, Agus H.S. Reksoprodjo)
8.   Peningkatan Kekuatan Tekan dan Impak Material Rotan Dengan Proses Laminasi Resin Epoksi (Agustinus Purna Irawan)
9.   Pengaruh Pengkondisian Referigeran R-22 di Pipa Kapiler Terhadap Mesin Pendingin (Harto Tanujaya)
10.  Unjuk Kerja Mesin Pendingin terhadap Pengkondisian Refrigerant pada Sisi Masuk Evaporator (Harto Tanujaya)
11.  Analisa Perhitungan Biaya Pembubutan Baja AISI 4340 Menggunakan Pahat Keramik. (M. Sobron Yamin L)
2014 1.    Pengaruh Kolaborasi Antara Total Quality Management dan Knowledge Management Terhadap Kinerja Industri Manufaktur. (Wilson Kosasih, Lithrone laricha S)
2.    Analisis Key Success Factors Pada Implementasi Total Productive Maintenance dalam Industri Manufaktur. (Wilson Kosasih, Lina Gozali,)
3.    Pengembangan dan Pengujian Prototipe Prosthesis Menggunakan Material Komposit Serat Bambu Epoksi. (Agustinus Purna Irawan)
4.    Analisa Beban Kerja Untuk Menentukan Waktu Kerja dan Waktu Istirahat Pada Pekerjaan Tenaga Kebersihan Studi Kasus di Gedung L Kampus I Untar. (I wayan Sukania)
5.    Pengembangan Komposit Berpenguat Serat Pohon Pisang Sebagai Bahan Socket Prosthesis (Agustinus Purna Irawan)
6.    Pengaruh Paramter Pemotongan Pada Proses Side Milling dan Face Milling Terhadap Kekasaran Permukaan Logam Baja (M. Sobron Yamin Lubis)
7.    Analisis Parameter Pemesinan terhadap Gaya Potong pada Proses Pembuatan Logam S45C (M. Sobron Yamin Lubis)
8.    Upaya Peningkatan Ketangguhan Produk Solid Surface Dengan Metode General Factorial Design. (Lithrone Laricha S, Wilson K)
9.    Perilaku Hemat Energi Pada Sektor Pemerintah dan Industri. (Lamto Widodo)
2015 1.    Pengukuran Beban Kerja Operator pada Pekerjaan Mekanik dan Analisis Ergonomi Stasiun Kerja Bengkel Las Guna Jaya Tangerang. (I Wayan Sukania)
2.    Analisis Perbandingan Mutu Pelayanan RS X dan RS Y dalam Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).(Wilson K, Ahmad)
3.    Pengembangan Komposit Berpenguat Serat Pohon Pisang sebagai Bahan Socket Prosthesis. (Agustinus Purna Irawan, I Wayan Sukania)
4.    Pengaruh Tata Udara dan Tata Cahaya Terhadap Penilaian Ergonomi Ruang Kelas SMP. (Lamto Widodo)
5.    Model Perilaku Hemat Energi pada Sektor Pendidikan dan Pengaruhnya Terhadap Konversi Bidang Tata Cahaya dan Tata Udara. (Lamto Widodo)
6.    Analisis Sistem Manajemen Mutu Berdasarkan Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE) di Industri Manufaktur. (Wilson Kosasih, Ahmad, L. Laricha S.)
7.    Suatu Kajian Kritis Terhadap Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Adopsi Teknik-Teknik Akutansi Manajemen Pada Industri Manufaktur di Wilayah Jabodetabek. (Wilson Kosasih)
8.    Modus Kegagalan Komposit Serat Alam (Agustinus Purna Irawan)
9.    Kekuatan Tekan Komposit Serat Limbah Pisang Dengan Matriks Epoksi Sebagai Bahan Socket Prosthesis (Agustinus Purna Irawan)
10.  Rancang Bangun Kendaraan Riset Roda Dua Berpenggerak Hibrida (Didi Widya Utama)
11.  Pengaturan Orientasi Posisi Objek Pada Proses Rapid Prototyping Menggunakan 3-D Printer Terhadap Waktu Proses dan Kualitas Produk (M. Sobron Yamin Lubis)
12.  Pengaruh Nose Radius Mata Pahat Terhadap Nilai Kekasaran Permukaan Baja Aisi D3 pada Proses Pembuatan (M. Sobron Yamin Lubis)
13.  Pengaruh Orientasi Objek Pada Proses 3D Printing Bahan Polymer Pla dan ABS Terhadap Kekuatan Tarik Dan Ketelitian Dimensi Produk (M. Sobron Yamin Lubis)
14.  Pengaruh Posisi Orientasi Objek Pada Proses Rapid Prototyping 3-D Printing Terhadap Kekuatan Tarik Material Polimer (M. Sobron Yamin Lubis)

Karyawan Program Studi Teknik Industri

 

  1. Sulastini, S.E.
  2. Karyati, S.E.
  3. Farida A, S.E.
  4. Bahrudin
  5. Marsudi
  6. Kusno
  7. Endro Wahyono
  8. Herman
  9. Agun G
  10. Siswanto
  11. Budi Herman

Prestasi:

  1. Juri Kontes Mobil Hemat Energi 2016
  2. Juri Lomba ON MIPA Nasional
  3. Reviewer Penelitian Internal Untar

Prestasi Akademik:

  1. Juara II KRPAI Berkaki Tingkat Nasional 2013
  2. Juara II dan Desain terbaik KRI 2014
  3. Juara I dan Favorit Leadership Club Challange UBAYA 2014
  4. FInalis Lomba Shell Eco Marathon Asia 2015
  5. Juara I KRPAI Berkaki KRI 2015
  6. Juara I dan III Lomba Teknik Industri “Innovation for Better Indonesia

Prestasi Non-Akademik:

  1. Top 8 Best Talent Koko Cici Jakarta 2016
  2. Juara I Reguler Senior C Open Jujitsu Championship 2015
  3. Juara II Putra Kejuaran Bandung Submission Challenge 2015
  4. Juara I Kejuaraan Jujitsu Universitas Airlangga 2015
  5. Juara I dan Atlet Terbaik Kejuaran Jujitsu Nasional KMI Iskawa Soetopo 2016
  6. Juara II Kejuaraan Pekan Olahraga Kota Jakarta Utara 2014
  7. Juara II Kejuaraan Judo Pekan Olahraga Provinsi DKI Jakarta 2013
  8. Juara I Reguler Senior C Open Jujitsu Championship 2015
No. Nama Instansi Sejak Kerja Sama
1 Kementrian Perindustrian 2000 Berperan serta dalam pengabdian masyarakat khususnya dalam perlindungan konsumen dan industri dalam negeri
2 Kementrian ESDM – DJLPE 2000 Berperan serta dalam pengabdian masyarakat khususnya dalam perlindungan konsumen dan industri dalam negeri
3 Tri Putra Investindo Area 2010 Memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi
4 PT. Astra International Tbk 2010 2 mahasiswa diterima bekerja, alumni memberi training
5 PT. Bank Danamon Indonesia Tbk. 2007 Sebagai sarana sharing experience, serta kesempatan kerja bagi alumni
6 PT. MB Solution 2007 Memberikan pelatihan penggunaan software aplikasi ERP
7 Yayasan Salim 2009 Memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi
8 Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi  Teknik Industri Indonesia (BKSTI) 2005 Meningkatkan mutu pendidikan Universitas Tarumanagara sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi
9 Badan Kejuruan Teknik Industri (BKTI), PII 2015 Networking dengan asosiasi profesi
10 PT. Astra Honda Motor, Tbk. 2015 Narasumber penyusunan kurikulum
11 Universitas Mahendradatta 2014 Kegiatan ilmiah bagi dosen serta meningkatkan kemampuan di bidang pendidikan, penelitian, dan PKM
12 Kementrian Perindustrian 2013 Peran serta dalam penyusunan SNI
13 PT. Midasindo Teknik Utama 2013 Penggunaan Software Midas
14 PT. Bank Danamon Indonesia Tbk. 2007 Sebagai sarana sharing experience, serta kesempatan kerja bagi alumni
15 Orang Tua Group 2014 Beasiswa dan Recruitment alumni
16 PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. 2007 Membangun dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Universitas Tarumanagara
17 PT. LG Indonesia 2007 Menerima kunjungan mahasiswa baru untuk mengenal industri
18 PT. Astra Honda Motor 2014 Menerima kunjungan mahasiswa baru untuk mengenal industri
19 PT. ASKI 2007 Menerima kunjungan mahasiswa baru untuk mengenal industri
20 PT. Krakatau Steel 2013 Menerima kunjungan mahasiswa baru untuk mengenal industri
21 PT. Indah Kiat Pulp and Paper 2007 Menerima kunjungan mahasiswa baru untuk mengenal industri
22 PT. Inti Ganda Perdana 2016 Menerima kunjungan mahasiswa baru untuk mengenal industri
23 PT. Toyota Manufacturing Motor Indonesia 2005 -     Menerima kunjungan mahasiswa baru untuk mengenal industri
–     Memberikan kesempatan kerja bagi mahasiswa
24 PT. Garuda Metalindo 2012 Alumni diterima bekerja.
25 University of Malaya (UM) 2015 a.  Tukar menukar informasi dan ilmu
b.  Membuka jaringan kerjasama dengan pihak lain
26 University of Sains Malaysia (USM) 2014 Tukar menukar informasi dan ilmu
Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

clear formSubmit