1. Visi Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara  Menjadi program Studi Teknik Industri terkemuka di tingkat nasional dan regional dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi yang mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi bidang teknik industri dan menghasilkan sarjana bermartabat, berkemampuan wirausaha serta berdaya saing global.

2. Misi Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara

  • Menyelenggarakan proses pembelajaran yang merujuk pada standar internasional untuk menghasilkan lulusan yang mampu berinovasi dan berwirausaha.
  • Melaksanakan kegiatan penelitian dalam bidang teknik industri yang dapat memberikan manfaat pada pengembangan keilmuan dan teknologi.
  • Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat sebagai wujud peran serta untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat.

3. Tujuan

Tujuan Pendidikan Program Studi Teknik Industri terdiri atas:

a. Tujuan Umum

Menyiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik Teknik Industri dalam menerapkan, mengembangkan, dan atau memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi serta menyebarluaskan dan mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. b. Tujuan Khusus Menyiapkan Sarjana Teknik Industri yang mampu berkarya dalam lingkungan    pekerjaan di sektor industri dengan kualifikasi mampu :

  1. Menerapkan pengetahuan matematika, sains, ilmu sosial dan azas keteknikan untuk memecahkan persoalan teknik industri.
  2. Menggunakan alat dan teknik analitikal, komputasional dan atau eksperimental untuk mengidentifikasi, merumuskan dan  menganalisis dan atau memecahkan persoalan teknik industri
  3. Merencana, merancang, memperbaiki dan atau mengoperasikan suatu sistem integral meliputi bahan, mesin, peralatan, sumber daya insani, energi, informasi dan  modal yang merupakan persoalan teknik industri.
  4. Berkomunikasi secara efektif dan bekerjasama dalam kelompok  multidisiplin dengan kesadaran tanggung jawab profesional dan etika.
  5. Memahami dampak penerapan keilmuan teknik industri terhadap konteks global dan sosial.
  6. Menyadari pentingnya belajar sepanjang hayat dan memahami isu mutakhir.
  7. Menerapkan teknik dan analisis baru dan atau teknologi manufaktur maju yang diperlukan dalam menjalankan praktek profesi keteknik industrian.

Program Studi Teknik Industri adalah Program Studi baru yang mulai beroperasi tahun akademik 2005/2006. Program Studi ini merupakan pengembangan Bagian Peminatan Teknik dan Manajemen Industri Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara yang berdiri tahun 1981. Sebelum didirikan, dibentuk tim Pendiri Prodi Teknik Industri yang diketuai oleh Ir. Basuki Anondho, MT (Fakultas Teknik), Wakil Ketua Drs. Widayatmoko, MM (Fakultas Ekonomi), Sekretaris Lamto Widodo, ST., MT (Jurusan Teknik Mesin) dan Anggota Ir. Sofyan Djamil, M.Si (Jurusan Teknik Mesin), Dra.  Moersilah S., Drs. Sarwo Edy Handoyo, MM., dan Drs. M. Sarono Slamet, MM dengan dibantu beberapa staf Jurusan dan Fakultas. Tugas dari tim ini adalah melakukan studi kelayakan dan membuat proposal pendirian Program Studi Teknik Industri. Dalam proposal tersebut salah satu yang harus dirumuskan adalah visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi. Tim melakukan studi banding ke beberapa perguruan tinggi antara lain Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas Maranatha Bandung, Universitas Parahyangan Bandung, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dan Universitas Trisakti Jakarta. Tim juga mengadakan survei berupa wawancara dengan beberapa Lulusan Peminatan Teknik dan Manajemen Industri Jurusan Teknik Mesin Universitas Tarumanagara serta beberapa industri tempat Lulusan berkarya. Tim juga mengkaji Visi, Misi, serta Tujuan Universitas Tarumanagara dan Fakultas Teknik sebagai acuan dalam perumusan Visi, Misi , Tujuan dan Sasaran Pencapaian Prodi Teknik Industri. Akhirnya tim ini menghasilkan rumusan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi yang dituangkan dalam proposal pendirian Program Studi Teknik Industri Universitas Tarumanagara dan disetujui oleh Dirjen Dikti sesuai dengan SK Nomor: 4222/D/T/2004 tanggal 27 Oktober 2004.   Setelah SK Ijin Operasional didapatkan dilakukan pemantapan visi, misi, tujuan dan sasaran serta strategis pencapaian Rapat Kerja penyusunan rancangan kurikulum operasional Teknik Mesin dan Teknik Industri pada tanggal 18 – 21 April 2005 bertempat di PUSDIKLAT PT.Indofood, Jl. Kebon Raya Cibodas Km 2 Cibodas-Bogor. Dalam rapat tersebut turut diundang beberapa narasumber dari ITB, UI, Universitas Trisakti, dan pihak industri. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran serta Strategi Pencapaian tercantum dalam dokumen Kurikulum Operasional tahun 2005.

Ketua Program Studi : Dr. Lamto Widodo, ST.,MT. Sekretaris Program Studi : I Wayan Sukania, ST., MT.
Empty tab. Edit page to add content here.
Empty tab. Edit page to add content here.
Empty tab. Edit page to add content here.

Selain pengetahuan teoritis, mahasiswa teknik industry juga dibekali dengan sharing experience dari beberapa guest speaker yang sangat berkompeten di bidangnya seperti: Direktur bagian pengembangan produk PT. Astra Otoparts Tbk, Senior General Manager PT Toyota Manufacturing Indonesia, Vice President Citibank, General Manager Sinar Mas Group, PT. Astra Honda Motor, beberapa pengusaha muda. Selain itu juga mahasiswa diberi bekal tentang gambaran industri yang sesungguhnya dari kunjungan industri ke PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT Indah Kiat Pulp and Paper, PT. Yakult Indonesia, PT. Astra Ototparts, PT. LG Electronics, PT. Indofood Sukses Makmur – Bogasari Flourmills, dan lain-lain. Selain itu mahasiswa juga diikutsertakan dalam beberapa proyek konsultansi dalam bimbingan dosen senior

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

clear formSubmit