• IMG_1512

  • IMG_4325

  • IMG_5108

Visi 

Memposisikan Program Studi Arsitektur Universitas Tarumanagara sebagai Program Studi Arsitektur yang unggul dan dikenal luas di dalam negeri maupun manca negara, aktif berkiprah di bidang akademis arsitektural dan kemanusiaan serta menghasilkan lulusan yang beretika, unggul dan berdaya saing tinggi secara akademis maupun keprofesian arsitektur.

 

Misi 

  • Menyelenggarakan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan dunia arsitektur di masa kini dan mendatang.
  • Membangkitkan rasa bangga dan percaya diri civitas akademika melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia, fasilitas dan keaktifan mengikuti unjuk kemampuan bidang arsitektur.
  • Menyebarluaskan dan menyumbangkan pemikiran akademis kepada dunia profesional melalui perluasan kerjasama dengan instansi pemerintah, swasta dan instansi lainnya.
  • Mendekatkan karya dan pemikiran Program Studi Arsitektur kepada masyarakat luas melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Jurusan Arsitektur berdiri bersamaan dengan berdirinya Universitas Tarumanagara pada tanggal 1 Oktober 1962 dengan Akte Notaris E. Pondaag di Jakarta, yang merupakan Jurusan Teknik Arsitektur Swasta tertua di Jakarta. Status Terdaftar Program Studi Arsitektur di Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia diperoleh melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 62a/B-SWT/P/63, Tanggal 29 Mei 1963, dan Status Diakui diperoleh melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 0506/O/1984, Tanggal 30 Oktober 1984. Status Disamakan diperoleh melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 0462/O/1987, Tanggal 07 Juli 1987 dan berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 001/BAN-PT/Ak/I/VII/1998, memperoleh akreditasi dengan peringkat A. Kemudian berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 06151/Ak-VII-S1-044/UTAAER/XII/2003 kembali memperoleh akreditasi dengan peringkat A.

Ketua Jurusan         : Nina Carina, ST. MT.

Sekretaris Jurusan : Maria Veronica Gandha, ST. M.Arch. 

Empty tab. Edit page to add content here.
Empty tab. Edit page to add content here.
Empty tab. Edit page to add content here.
  1. Febuari 2007 s/d Maret 2007 ; Kerjasama antara Jurusan Arsitektur Untar dengan The Univesity of Tokyo , Maan (modern Asia Architecture Network) Indonesia, pada proyek “ mAAN Comprehensive InventoryWorkshops of Modern Urban and Architecture Heritage in Bogor and Jakarta (Phase II), Indonesia, 2007 “. Program terdiri dari Workshop dan Seminar. Pada pelaksanaan lapangan melibatkan ; pihak UNTAR – 3 (tiga) dosen dan 7 (tujuh) mahasiswa, mAAN Indonesia 3 (tiga), Tokyo University 8 (delapan) terdiri dari 2 Profesor dan lainnya mahasiswa Program Doctor di Tokyo University. Seminar dilakukan di Gedung Arsip Nasional Indonesia pada tanggal 13 Maret 2007
  2. 11 – 25 Juli 2007 ; akan diadakan kerjasama dengan Maan Indonesia pada proyek “ Architectural History and Critical Analysis of F. Silaban Residence, Bogor “. Jurusan Arsitektur UNTAR melibatkan 2 (dua) dosen selaku Organizing Committee, 2 (dua) dosen selaku Scientific Committee Speakers dan 10 (sepuluh) mahasiswa. The Tokyo University melibatkan 2 (dua) profesor. Sebagai partisipan dari Royal University – Cambodia dan Pnom Penh – Cambodia, serta beberapa University di Jakarta, Surabaya, Malang dan Palembang.
  3. Akhir Mei 2007 Jurusan Arsitektur diundang oleh Pemda Bogor ikut serta dalam pembahasan “ Warisan Bogor Antara Amat Pedulidan dan Peduli Amat”, di Bogor.
  4. 8 Mei 2008, diadakan Launching buku “ Rumah Silaban”, Hasil kerja sama antara Jurusan Arsitektur, mAAN Indonesia – Asia Tenggara dengan Keluarga Besar Silaban.
  5. Kunjungan lapangan dengan kerjasama dengan ; material bangunan – Kenari Jaya, Bahan Interior / dekorasi dengan Sandwood.
  6. Mengikuti “Workshop Peningkatan Partisipasi Masyarakat Standarisasi dalam Pengembangan SNI “ di Jakarta, penyelenggara BSI.
  7. Mengikuti Diskusi Fokus RUU Sistem Nasional Perpustakaan dan Sosialisasi Inherent, di Jakarta, Penyelenggara Perpusatakaan Nasional RI.
  8. Studi Ekursi mata kuliah Studio Perancangan Arsitektur 2 dan Teknologi Arsitektur 2 ; Kunjungan lapangan ; proyek Bumi Serpong Damai, Pasar Modern Tanggerangdan Depo Bangunan di Serpong Tanggerang untuk memperkenalkan beraneka ragam bahan bangunan dan pengolahan ruang nyata serta metode pembangunan pada mahasiswa.
  9. Studi Eskursi mata kuliah Studio Perancangan Arsitektur 4 dan Teknologi Arsitektur 4 ; Taman Mini Indonesia Indah, Cirebon, Kuningan, Ciwide Bandung
  10. Studi Ekskursi mata kuliah Studio Perancangan Arsitektur 5 ; ke Singapure dan sekitarnya.
  11. Studi Ekskursi mata kuliah Perancangan Pemugaran ; Desa Badui dan Bandung.
  12. Studi Ekskursi (RSVP) mata kuliah Studio Perancangan Arsitektur 6 ; ke Lembah Hijau – Ciloto.

 

Penunjang Profesi

Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Untar terlibat aktif diberbagai kegiatan yang berkaitan dengan Pengembangan Profesi ditingkat Nasional maupun Wilayah, sebagai Anggota Tim/anggota Organisasi Profesi antara lain :

  1. SNI (Standar Nasional Indonesia)
  2. IAI (Ikatan Arsitek Indonesia)
  3. LSAI (Lembaga Sejarah Arsitektur Indonesia)
  4. Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Propinsi DKI Jakarta
  5. Badan Perencanaan Daerah Pemerintah DKI Jakarta, Kementrian  Lingkungan Hidup (KLH)
  6. Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah Propinsi DKI Jakarta
  7. Komite Eveluasi Lingkungan Kota Daerah Propinsi DKI Jakarta
  8. Departemen Pekerja Umum