Sebagai sebuah bidang ilmu terapan, desain interior memiliki peluang yang cukup besar untuk diserap di masyarakat. Kebutuhan masyarakat atas rancangan interior yang fungsional dan estetik semakin meningkat, sejalan pertumbuhan industri properti yang meningkat yang didukung oleh pertumbuhan ekonomi yang semakin sehat. Lingkup bidang perancangan interior  pada umumnya  berupa proyek residensial, komersial, hospitality, dan interior spesial.

Program studi desain interior pada dasarnya diarahkan untuk mendidik mahasiswa menjadi calon desainer interior yang siap terjun di masyarakat dan melayani sebagai jasa perancangan dalam berbagai type proyek yang ada. Mahasiswa dididik untuk memiliki kompetensi dalam merancang interior, komunikasi dan dokumentasi proyek, manajemen proyek, dan etika profesi.

Bidang pekerjaan lulusan program studi Desain Interior adalah membuka biro / studio desain interior mandiri, bekerja pada biro arsitek sebagai tenaga ahli desain interior, sebagai desainer furnitur, sebagai kontraktor proyek interior.