Sejarah dan Perkembangan Fakultas Psikologi UNTAR

Mengenal Fakultas Psikologi

Universitas Tarumanagara

 

Fakultas Psikologi adalah fakultas kelima yang dimiliki Universitas Tarumanagara yang didirikan pada tahun 1994, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 048/D/O/1994. Tahun 2005 dalam pengajuan akreditasi ulang kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

 

 

Masa Prafakultas

                Program Studi Psikologi telah dirintis sejak tahun 1981. Ilmu Psikologi mulai digunakan pada Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur, dan Fakultas Kedokteran dalam bentuk mata kuliah Pengantar Psikologi. Pada tahun yang sama didirikan pula Pusat Bimbingan dan Konsultasi Psikologi yang dikelola langsung oleh Yayasan Tarumanagara.

                Pendirian Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara diprakarsai oleh Prof. Dr. Singgih D. Gunarsa, dibantu oleh Dr. Monty P. Satiadarma, MS/AT, MCP/MFCC, DCH., Dr. Seto Mulyadi, dr. Tom Suryadi, MPH, Ir. Jap Tji Beng, MMSI, Ph.D., dan Dr. Erry Dewayanti, MMSI. Setelah melalui serangkaian studi banding ke berbagai universitas swasta di Indonesia, akhirnya pada tanggal 7 Juli 1994 Fakultas Psikologi resmi menjadi bagian Universitas Tarumanagara dan ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 048/D/O/1994.

 

Masa Fakultas: Periode 1994/1995—sekarang

Tenaga Pengajar

               Kegiatan belajar mengajar di Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara resmi dilaksanakan sejak bulan Agustus 1994. Dekan Fakultas Psikologi untuk periode 1994 hingga 1997 adalah Dr. Seto Mulyadi.        Pada awal berdirinya, Fakultas Psikologi, dosen tetap yang ada berjumlah 6 orang (termasuk para pejabat struktural). Sedangkan pada semester ganjil 2014/2015 tercatat sebanyak tenaga dosen 52 orang, dengan perincian 32 orang dosen tetap dan 20 orang dosen tidak tetap (belum termasuk dosen MKU).

Mahasiswa Program S1 Psikologi

Jumlah mahasiswa angkatan pertama (angkatan 1994) pada semester pertama tercatat sebanyak 42 orang. Sejalan dengan pertambahan jumlah mahasiswa dalam tiap tahun akademik terhitung dari angkatan pertama sampai pada catatan di semester genap 2014/2015, tercatat sebanyak 706 orang mahasiswa aktif.

Program Profesi dan Pascasarjana

                Bersamaan dengan berlangsungnya Program Studi S1, sejak semester genap tahun ajaran 1998/1999 telah dimulai pula program profesi psikolog yang diikuti oleh ketiga lulusan pertama Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara. Pada semester genap 2001/2002, peserta program profesi tercatat sebanyak 10 orang. Sejak tanggal 16 Juni 2003 hingga saat ini, Program Profesi dan Pascasarjana Psikologi Universitas Tarumanagara terbagi menjadi dua program, yaitu Program Studi Psikologi jenjang Magister dan Program Studi Psikologi Profesi jenjang Magister

 

Akreditasi

Tanggal 23 Juni 2000 untuk pertama kalinya secara resmi Program Studi S1 Psikologi memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dengan peringkat B. Hal ini tentunya merupakan berita gembira, karena sejak saat itu dan seterusnya maka tidak ada lagi kewajiban bagi mahasiswa untuk mengikuti Ujian Negara Cicilan (UNC). Di samping itu, secara resmi Program Studi S1 juga bebas menyusun kurikulumnya sendiri, tidak lagi mengacu total pada kurikulum nasional 1994.

                Tahun 2005 dalam pengajuan akreditasi ulang kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Program Studi S1 Psikologi dinyatakan layak mendapatkan peringkat A per tanggal 21 Juli 2005. Tahun 2010 dalam pengajuan ulang akreditasi kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Program Studi S1 Psikologi Universitas Tarumanagara kembali dinyatakan layak memperoleh peringkat A per tanggal 30 Desember 2010.

                Peringkat ini merupakan prestasi bagi seluruh civitas akademika Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara sekaligus merupakan tantangan untuk menjaga mutu, bahkan meningkatkannya agar mampu bersaing dengan program studi sejenis di seluruh penjuru Indonesia.

 

 

Pusat Bimbingan dan Konsultasi Psikologi (PBKP)

Selama tahun 1983 hingga Mei 1995, PBKP yang dikoordinatori oleh Dr. Seto Mulyadi, Psi. sempat berganti nama menjadi LBKP (Lembaga Bimbingan dan Konsultas Psikologi) dan UPT-UBKP (Unit Pelaksana Teknis Unit Bimbingan dan Konsultasi Psikologi).

                Sejak bulan Mei 1995, PBKP secara resmi berada di bawah naungan Fakultas PSikologi Universitas Tarumanagara dan dipimpin oleh Dra. Yulia S. Singgih. Klien PBKP tidak hanya terbatas dalam lingkup Universitas dan Yayasan Tarumanagara, yang terdiri atas para mahasiswa, dosen, maupun karyawan yang membutuhkan bantuan. Sejumlah perusahaan juga telah menjadi klien PBKP selama ini. Selain itu, anggota masyarakat yang membutuhkan layanan tes inteligensi, tes bakat dan minat, tes kepribadian, konsultasi, konseling, maupun terapi psikologis secara individual pun dapat mengunjungi PBKP untuk memenuhi kebutuhannya.

                Sejak bulan Februari 1998, PBKP kembali berada di bawah naungan Universitas Tarumanagara dan berfungsi seperti semula, yaitu sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT). PBKP dilayani oleh para psikolog yang juga mengajar di Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara.

                Seluruh civitas akademika Universitas Tarumanagara ditambah karyawan dan keluarganya, serta anggota masyarakat pada umumnya dapat menjadi klien PBKP, dengan persyaratan:

  1. Mendaftar ke sekretariat PBKP, melalui telepon (021) 567-1747 pesawat 402, untuk menjadwalkan waktu pertemuan dengan psikolog yang ada.
  2. Mendatangi PBKP pada waktu yang telah disepakati.
  3. Menemui psikolog yang dijanjikan untuk keperluannya.
  4. Membayar biaya administrasi yang telah ditentukan. Khusus untuk mahasiswa, pengajar, dan karyawan di lingkungan Universitas dan Yayasan Tarumanagara, diberikan tarif khusus.

 

Perpustakaan Fakultas Psikologi

                Perpustakaan Fakultas Psikologi telah dirintis sejak awal pendirian Fakultas, tetapi baru berhasil direalisasikan pada tahun 1996. Semula perpustakaan Fakultas Psikologi menempati Gedung K Lantai 2, Ruang 207, dengan areal seluas 150,50 m2. Sejalan dengan makin bertambahnya pengguna perpustakaan, sejak tahun ajaran 2000/2001 perpustakaan Fakultas dipindahkan ke Ruang 201, 203, dan 205 di gedung dan lantai yang sama. Perpustakaan yang dilengkapi dengan fasilitas pendingin ruangan, katalog buku dengan sistem komputerisasi dan ragam jurnal psikologi terkini yang selalu diperbaruhi secara berkala. Saat ini, ruang perpustakaan telah diperluas dan menempati areal seluas 275 m2. Sampai pada semester ganjil 2014/2015, koleksi perpustakaan terdiri atas ribuan judul buku, dan majalah, dengan rincian seperti tertera dalam tabel:

 

 

 

 

 

Tabel 2

Jumlah buku, majalah ilmiah, majalah non ilmiah, jurnal dan VCD

NO JENIS JUDUL EKSEMPLAR
1 Buku    4322        6.902
2 Majalah Ilmiah            23            486
3 Majalah non Ilmiah          185        1.319
4 Jurnal sumbangan bahasa Indonesia            57              73
5 VCD Film (Asal: pembelian Fakultas)            81            81
6 VCD Film (Asal : sumbangan mahasiswa)          150            176

 

 

Jenis Layanan

Layanan Sirkulasi yaitu layanan yang diberikan kepada pengguna perpustakaan berupa pelayanan peminjaman, pengembalian, perpanjangan buku serta pemesanan buku untuk dipinjam.

Layanan Referensi yaitu layanan yang diberikan kepada pengguna perpustakaan untuk membantu penelusuran informasi yang dibutuhkan pengguna serta memberikan bimbingan kepada pemakai cara memanfaatkan koleksi dan fasilitas yang dimiliki oleh perpustakaan.

 

Fasilitas

  1. AC                  
  2. Ruang Baca            
  3. Ruang Diskusi
  4. Katalog  
  5. Internet

 

 

 

Laboratorium Audiovisual

Secara umum, beberapa kegunaan laboratorium ini adalah sebagai berikut:

  1. Menampilkan berbagai informasi psikologis lewat audio-visual sebagai bahan studi, seperti: proses konseling, perilaku sosial kemasyarakatan, proses pengambilan data psikologis, atau evaluasi kinerja mahasiswa pada suatu tugas mata kuliah tertentu.
  2. Mempresentasikan materi perkuliahan atau bahan-bahan lain yang relevan.

 

Laboratorium Konseling dan Observasi

                Untuk melengkapi kebutuhan laboratorium di lingkungan Fakultas Psikologi, sekaligus untuk memperluas ruang praktikum bagi mahasiswa program profesi, maka pada akhir semester ganjil 1999/2000 telah dilaksanakan pembangunan Laboratorium Konseling bertempat di Gedung L lantai 2, ruang 211. Pembangunan fisik laboratorium telah selesai dilakukan pada bulan Maret 2000 dan sudah digunakan untuk praktikum mata kuliah Psikodiagnostika.

 

Laboratorium Konseling Psikologi

Untuk melengkapi kebutuhan laboratorium di lingkungan Fakultas Psikologi, sekaligus untuk memperluas ruang praktek bagi mahasiswa program profesi, maka pada akhir tahun 2013 telah dibuat laboratorium Konseling Psikologi di gedung R lantai 3.

 

Laboratorium Art Therapy

Bertempat di Blok R lantai 2, laboratorium ini diisi dengan beberapa perangkat alat lukis dan peralatan keterampilan tangan lainnya. Di dalam laboratorium ini mata kuliah terapi seni dengan pengampu Dr. Monty P. Satiadarma, MS/AT, MCP/MFCC, DCH., Psikolog sebagai pakar di bidangnya. Saat ini Laboratorium Kreativitas baru dimanfaatkan oleh mahasiswa program S2 Profesi Klinis Dewasa dan Klinis Anak dalam Mata kuliah Terapi Seni. Akan tetapi, di dalam waktu mendatang, mata kuliah lain pun dapat memanfaatkan sarana ini.

 

Laboratorium Bermain Anak

Laboratorium Anak dibangun pada tahun 2005 dan bertempat di Blok R lantai 2. Laboratorium ini dirancang sedemikian rupa, sehingga mirip dengan ruang bermain anak. Hal ini dimaksudkan agar anak yang diobservasi dapat memperoleh treatment di Laboratorium dengan rasa nyaman dan kegembiraan tersendiri. Laboratorium ini dilengkapi dengan berbagai permainan edukatif, perlengkapan menggambar dan menulis, serta permainan untuk melatih keterampilan motorik. Laboratorium ini juga dapat dimanfaatkan sebagai Laboratorium Tari dan Drama oleh mahasiswa Fakultas Psikologi.

 

Ruang Tari

     Ruang tari terletak di gedung R lantai dan disiapkan untuk memfasilitasi kegiatan mahasiswa yang berhubungan dengan seni tari.

 

 

Kegiatan Kemahasiswaan Fakultas

     Fakultas juga memfasilitasi mahasiswa dengan berbagai kegiatan kemahasiswaan, seperti Mozai Arpa, kelompok paduan suara yang berada di bawah asuhan Dr. Monty P. Satiadarma, MS/AT, MCP/MFCC, DCH, Psikolog., dan Astri Eka Wahyuni Hadi, M.Psi.

 

Mousai Arpa Choir

                Mousai Arpa Choir merupakan wadah yang disediakan oleh Fakultas Psikologi bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam seni tarik suara (paduan suara). Mousai Arpa Choir dibentuk pada bulan Maret 2012, beranggotakan 30 orang mahasiswa Fakultas Psikologi, berada di bawah asuhan Dr. Monty P. Satiadarma, MS/AT, MCP/MFCC, DCH, Psikolog, dan Astri Eka Wahyuni Hadi, M.Si. Mousai Arpa memiliki jadwal latihan rutin, yaitu hari Kamis, pukul 17.00-19.00 WIB.

 

 

Visi dan Misi Universitas Tarumanagara dan Fakultas Psikologi

 

Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara sebagai subsistem Universitas Tarumanagara mengemban tugas untuk mendidik tenaga psikolog yang menjunjung tinggi almamaternya, berbudi luhur, berwawasan luas, tanggap terhadap keadaan serta berbagai perubahan sosial masyarakat, mampu menemukan alternatif terbaik untuk mengatasi persoalan, dan bertanggung jawab terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

  1. Visi dan Misi Universitas Tarumanagara

Visi :

Menjadi universitas Entrepreneurial unggul yang memiliki Integritas dan Profesionalisme di Asia Tenggara.

 

Misi :

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten, berintegritas, profesional dan berjiwa entrepreneur
  2. Mengembangkan dan memanfaatkan ilmu, teknologi dan seni secara berkesinambungan untuk mencapai keunggulan institusi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat;
  3. Membentuk sumber daya manusia yang unggul dan berdedikasi untuk mendukung pertumbuhan organisasi.

 

 

  1. Visi dan Misi Fakultas Psikologi

Visi

Menjadi Fakultas Psikologi berwawasan social-entrepreunership yang diakui keunggulannya di tingkat nasional serta, turut berperan aktif pada kegiatan ilmiah di tingkat internasional.

Misi

  1. Menerapkan proses pendidikan sesuai dengan standar nasional dan internasional untuk menghasilkan lulusan yang memiliki integritas dan memiliki nilai sosial-enterpreuneur.
  2. Menyelenggarakan tata pamong yang bersifat transparan berbasis suasana akademik yang kondusif bagi pengembangan dan implementasi psikologi dalam rangka memberikan nilai tambah bagi masyarakat di lingkungannya.
  3. Menjadi organisasi pembelajar yang memiliki tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan mahasiswa yang berinisiatif mengembangkan wawasan dan kepakaran di bidang peminatan masing-masing berlandaskan etik dan kaidah ilmiah.

 

Kompetensi Lulusan Sarjana Psikologi

Cakupan kompetensi yang ingin dicapai adalah: Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap.

Pengetahuan:

  1. Menguasai konsep dasar psikologi yang mencakup konsep psikologi dasar (psikologi perkembangan, psikologi kepribadian, psikopatologi, neuropsikologi) dan psikologi terapan (psikologi pendidikan, PIO, psikologi sosial), serta dapat menjelaskan fenomena perilaku manusia berdasarkan kajian ilmunya.
  2. Memiliki pemahaman mengenai metode penelitian, analisis statistik, teknik penulisan karya ilmiah yang disesuaikan dengan masalah psikologi.
  3. Menguasai dasar-dasar intervensi individual maupun kelompok sehingga mampu merancang intervensi non klinis.
  4. Memiliki pemahaman tentang asesmen psikologis dan metodenya.

 

Keterampilan:

  1. Mampu melakukan intervensi sosial sederhana berdasarkan analisis kebutuhan pada masyarakat.
  2. Memiliki keterampilan merancang pelatihan non-klinis.
  3. Mampu berperan sebagai fasilitator dan trainer.
  4. Mampu melakukan proses pendampingan dalam masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat.
  5. Mampu melakukan rekruitmen dan seleksi tanpa menggunakan tes psikologis.
  6. Mampu menciptakan karya kreatif dan inovatif serta bermanfaat bagi masyarakat yang berkaitan dengan bidang psikologi.

 

Sikap:

Mampu menerapkan kode etik psikologi dan nilai-nilai EPIC (Entrepreneurship, Profesionalism, Integrity, Caring Community) dalam berperilaku sesuai dengan tuntutan situasi yang dihadapi

 

Beban studi

Kurikulum Sarjana (S1) Psikologi terdiri atas kurikulum yang berlaku secara nasional dan kurikulum lokal dengan jumlah kredit 146 sks. Pelaksanaan Kurikulum Sarjana merupakan persyaratan untuk mendapat gelar kesarjanaan. Kurikulum Pendidikan S1 Psikologi Universitas Tarumanagara terdiri atas tiga komponen utama mata kuliah, yaitu:

  1. Mata Kuliah Umum (MKU)

MKU terutama bertujuan untuk membentuk kepribadian dan sikap sebagai bekal mahasiswa memasuki kehidupan bermasyarakat.

 

  1. Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK)

MKDK terutama bertujuan untuk memberikan landasan pembentukan keahlian, baik untuk kepentingan profesi maupun untuk pengembangan ilmu dan teknologi.

  1. Mata Kuliah Keahlian (MKK)

MKK terutama bertujuan menghasilkan tenaga ahli di bidang ilmu. Di samping itu, pemberian MKK bertujuan mendidik tenaga ahli yang berpengetahuan dan berketerampilan. MKK dikelompokkan ke dalam dua kelompok, yaitu MKK Wajib dan MKK Pilihan. MKK wajib harus ditempuh oleh semua mahasiswa, sedangkan MKK Pilihan dapat dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan minatnya.