Para pelajar, orang tua dan konselor pendidikan yang saya kasihi,

Di  website ini Anda akan memperoleh informasi yang komprehensif mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Fakultas Kedokteran yang berlokasi di kawasan Jakarta Barat ini merupakan institusi pendidikan kedokteran yang memiliki visi khusus yang tidak dimiliki fakultas kedokteran lain di Indonesia maupun di kawasan lain di dunia.

Di dalam visinya tersebut terkandung ciri-ciri adanya integritas, profesionalisme dan  entrepreneurship. Kandungan inti yang ada ini menempatkan lulusan FK Untar selalu mempunyai aktivitas dan pekerjaan  yang kontekstual pada berbagai jaman. Alumninya bahkan bisa menjadi pencipta lapangan kerja.

Aktivitas di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara selalu mencerminkan adanya:

  1. Riset kedokteran yang kuat, yang menuju pencapaian hadiah  Nobel.
  2. Adanya ciri transfer/ alih teknologi dan ilmu pengetahuan kedokteran/ kesehatan.
  3. Kapabilitas kewirausahaan dari insan kedokteran Universitas Tarumanagara.

Proses pendidikan yang dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara merupakan proses pendidikan kedokteran modern yang mengacu pada pedoman yang ada baik yang dibuat oleh intitutusi pendidikan kedokteran dunia maupun peraturan yang ada dari pemerintah Republik Indonesia. Staf pengajar dari Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara merupakan staf yang berpengalaman dan berkualitas yang memenuhi kualifikasi gelar dan jenjang pendidikan. Pendidiknya adalah pendidik yang mempunyai sertifikasi dosen menurut peraturan dan persyaratan yang ada.

Lulusan dan alumni FK Untar tentunya akan mempunyai kompetensi kemampuan teknologi prediksi permasalahan kesehatan, kemampuan melakukan riset modern, kemampuan melakukan pelestarian lingkungan, melaksanakan kegiatan pendidikan kedokteran yang merupakan trend masa kini, kemampuan berkontribusi dalam politik kesehatan dan kedokteran serta mempunyai kemampuan mengembangkan program internasional.

Rumah Sakit Pendidikannya pun merupakan Rumah Sakit Pendidikan yg mumpuni yang melayani pasien berdasarkan penelitian berbasis bukti. Laboratorium yang adapun merupakan laboratorium yang memenuhi persyaratan ilmiah.

Adanya Fakultas Kedokteran yang mempunyai persyaratan akreditasi nasional maupun internasional; adanya laboratorium baik preklinik maupun klinik yang baik dan adanya rumah sakit pendidikan yang terakreditasi menjadikan Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara (three in one) ini  unik di mata masyarakat Indonesia. Ciri ini hampir tidak dimiliki oleh Fakultas Kedokteran lainnya di Indonesia.

Demikianlah sekilas mengenai Fakultas  Kedokteran Universitas Tarumanagara. Semoga kita semua dapat bergandengan tangan untuk menjadi bermakna untuk bangsa dan negara yang kita cintai bahkan bagi dunia.

Salam,

Dekan FK Untar