Program Studi Profesi dokter berlangsung selama 4 (empat) semester yang merupakan praktek klinik (Clinical Practice) di wahana pendidikan klinik yaitu pada rumah sakit pendidikan utama, satelit dan jejaring, juga di Sasana Tresna Werdha Ria Pembangunan, Panti Werdha Kristen Hana, Sanatorium Dharmawangsa, Rumah Sakit Khusus Jiwa Dharmagraha dan berbagai puskesmas di wilayah Jakarta dan luar Jakarta.

Pada PSPD mahasiswa belajar dengan bertemu pasien riil. untuk melakukan anamnesa, pemeriksaan fisik, membuat diagnosa serta anjuran  penatalaksanaan di bawah bimbingan dokter pendidik klinik.

Mahasiswa harus menyelesaikan dan lulus 15 mata kepaniteraan yang disusun oleh fakultas dalam rotasi kepaniteraan.

Mata kepaniteraan yang harus diselesaikan adalah:

  1. Ilmu Penyakit Dalam
  2. Ilmu Kesehatan Anak
  3. Ilmu Bedah
  4. Ilmu Kebidanan & Penyakit Kandungan
  5. Ilmu Kesehatan Masyarakat & Kedokteran Komunitas
  6. Ilmu Gizi
  7. Ilmu Penyakit Saraf
  8. Ilmu Kesehatan Jiwa
  9. Ilmu Penyakit Kulit & Kelamin
  10. Ilmu Penyakit Mata
  11. Ilmu Penyakit THT
  12. Radiologi
  13. Anestesiologi
  14. Ilmu Kedokteran Forensik
  15. Geriatri

Fakultas akan menyelenggarakan pra-yudisium bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan seluruh putaran kepaniteraan. Mahasiswa yang telah menyelesaikan dan lulus seluruh putaran kepaniteraan, fakultas akan mendaftarkan mahasiswa pada uji kompetensi nasional CBT dan OSCE.

Mahasiswa dinyatakan lulus PSPD bila telah menyelesaikan dan lulus seluruh putaran kepaniteraan dan lulus Uji kompetensi nasional (CBT dan OSCE), mahasiswa akan mendapat serifikat profesi/ijasah dari Universitas dan sertifikat kompetensi dari Kolegium Dokter Primer Indonedia (KDPI). Selanjutnya fakultas akan menyelenggarakan upacara pelantikan dan pengucapan sumpah dokter.

Sertifikat profesi, sertifikat kompetensi dan bukti sumpah dokter adalah syarat lulusan memperoleh  Surat Tanda Registrasi dan surat ijin praktek internship. Dengan memperoleh STR dan SIP Internship  para lulusan berhak mengikuti internship, sebagai program pemahiran. Internship diatur oleh Komite Internship Dokter Indonesia (KIDI). Selesai melaksanakan internship lulusan akan memperoleh STR dan SIP Definitif.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

clear formSubmit