FLOW OF COURSE: UNTAR – FACULTY OF COMMUNICATION

Semester 1Semester 2Semester 3Semester 4Semerter 5Semester 6Semester 7Semester 8Jumlah
Pengantar Ilmu Komunikasi /3Teori Komunikasi /3Komunikasi Massa /3Dasar- Dasar TV/2Produksi Siaran Radio/2Komunikasi Internasional/3Kapita Selekta/2
Pengantar Psikologi/3Psikologi Komunikasi/2Dasar-Dasar Siaran Radio/2Produksi Siaran TV/2Mnj. Promosi dan Event Organizer/3Fotografi /2
Pengantar Ilmu Politik /3Hukum Komunikasi /2Komunikasi Politik /3Komunikasi Antar Pribadi /3Kom. Organisasi & Kelompok /3Kom. Bisnis & Pemasaran/3
Pengantar Sosiologi /3Sosiologi Komunikasi /2Peng. Statistik Sosial /3Metode Penelitian Sosial/3Metode Penelitian Komunikasi/3Manjmn. Industri PR. /3/P
Filsafat Sains & Teknologi/3Penulisan naskah PR 3/P Public opinion & Propagan(P/3*)Filsafat Komunikasi/2
Apli.Komputer & Networking /2Perkembangan Tek. Komun.i /3Animasi /2Public Relations Bisnis/2/P Strategi & Perencanaan PR/2Perenc. merk & citra /3/P
Dasar – Dasar Public Relations/2 Presentasi & Negosiasi/2/PRetorika & Public Speaking /2/PMonitoring & Eval. Program PR /3/P
Dasar–Dasar Jurnalistik/2Perwajahan & tata letak/2JReportase & Investigasi /2/JPenulisan naskah (radio, TV,Film) J/3Magang/3
Edito. & penulisan Berita/2/JJurnalistik Media/3Analisis isi dan farming /3/JSkripsi/6
Penulisan feature/3/J Manejmn Industri Media/3/J
Bhs. Inggris I /2Bhs. Inggris II /2Bahasa Indonesia /2Bahasa Asing /2Strategi & Perenc. Media/2/J
Pendidikan Kewarganeg. /2Pendidikan Agama /2Dasar – Dasar Periklanan /2Public Relations Bisnis/2/P Manajmn. Industri Periklanan/3Riset Periklanan & Pemasaran /2/I
Pendidikan Pancasila /2Presentasi & Negosiasi /2/IAdvertising Copywriter/3/IPosisioning /2/I
Periklanan Internasional /3/IStrategi & Perenc. Periklanan /2/ISeni dan desain grafis /2/I
Peng. Ilmu Ekonomi /3Kewirausahaan/2Semiotik Iklan /2/I
Manajemen /3Manajemen Isu Krisis & Konflik /2Ledership /2Matakuliah Pilihan Konsentrasi /3Komunikasi Lintas Budaya/3Etika & Pengemb. Kepribadian/2
192021212119179147
Mk Pilihan Konsentrasi /3PR. Case Studi (P/J/3 *)Ekonomi media (J/P) /3 *)Production House (J/P/I/3 *)Perencanaan merk dan citra (J/I) 3 *)Penulisan naskah (radio, TV,Film) I/3Psi. Kalayak Konsumen (J/I) 3 *)Tekonologi komunikasi & Inovasi (J/I) 3 *)

KURIKULUM OPERASIONAL PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI STRATA SATU FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS TARUMANAGARA TAHUN 2010

Fakultas : Ilmu Komunikasi

Jurusan : Ilmu Komunikasi

Program Studi : Ilmu Komunikasi

Jenjang Pendidikan : Strata 1 (satu )

Status Ijin dari Dikti : Ijin penyelenggaraan

Status Akreditasi BAN PT. : -

Sebagai berikut :

  1. LANDASAN HUKUM
  2. Undang- undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Negara Nomor 4301);
  3. Peraturan Pemerintahan Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendididikan Tinggi (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 115, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3859);
  4. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia :

a.)Nomor : 232/U/ 2000 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Belajar Mahasiswa

b.) Nomor : 234/U/2000 Tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi;

c.) Nomor : 184/U/2001 tanggal 23 November 2001 Tentang Pedoman Pengawasan, Pengendalian dan Pembinaan Program Diploma, Sarjana dan Pasca Sarjana di Perguruan Tinggi;

d.)Nomor : 045/U/2002 tanggal 2 April 2002, Tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi;

  1. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi
  2. a) Nomor : 108/ Dikti/Kep/2001 tanggal 30 April 2001, Tentang Pedoman Pembukaan Program Studi dan Jurusan Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 234/U/2003 tentang Pendirian Perguruan Tinggi;
  3. b) Nomor : 38/Dikti/ Kep/ 2002 tanggal 18 Juli 2002 Tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi;
  4. c) Keputusan Dirjen Dikti No. 08/ Dikti/ 2002 dan No. 34/Dikti/Kep/2002 tanggal 3 Juli 2002;
  5. d) Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.1917/D/T/2006 tanggal 13 Juli 2006 tentang Ijin Penyelenggaran Program Studi ilmu Komunikasi di Universitas Tarumanagara Jakarta.
  6. Keputusan Yayasan Tarumanagara Nomor 95/II/004-KPY/YT tentang Pengesahan Statuta Tahun 1995 jo. Tahun 2003 Keputusan Yayasan Tarumanagara Nomor 96/XII/075-KPY/YT tentang Penyempurnaan Statuta Yayasan Universitas Tarumanagara 1 Februari 1995 (Addendum Statuta Yayasan Universitas Tarumanagara I/1996):
  7. Keputusan Yayasan Tarumanagara Nomor 99/II/001-KPY/YT tentang Penyempurnaan Statuta Universitas Taruanagara mengacu Peraturan Pemerintahan Nomor 30/90 (Addendum Statuta Yayasan Universitas Tarumanagara Nomor 2000/III/013-KPY/YT tentang Pemberlakuan Pemberlakuan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi di Universitas Tarumanagara;
  8. Peraturan Universitas Tarumanagara Nomor 008 tentang Pedoman Penggunaan Angka Desimal dalam Penilaian Hasil Studi;
  9. Peraturan Universitas Tarumanagara Nomor 067 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran.
  10. VISI DAN MISI

II.1 Visi dan Misi Universitas Tarumanagara

Visi :

Menjadi universitas yang diakui keunggulannya didalam negeri dan diperhitungkan dalam kancah regional.

Misi :

  • Melaksanakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berbudi luhur.
  • Melaksanakan pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  • Melaksanakan pelatihan untuk menghasilkan lulusan yang trampil.
  • Mengusahakan temuan dan rekacipta di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui penelitian dan perancangan.

II.2. Visi dan Misi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara:

Visi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara :

Menjadi Fakultas Ilmu Komunikasi berbasis teknologi informasi yang terbaik di Indonesia dan diperhitungkan di tingkat ASEAN.

Misi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara:

  • Melaksanakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berbudi luhur.
  • Melaksanakan pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu komunikasi.
  • Melaksanakan pelatihan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi ilmu komunikasi.
  • Mengusahakan temuan dan rekacipta di bidang ilmu komunikasi melalui penelitian.

II.3 Visi dan Misi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Visi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Menjadi Program Studi Ilmu Komunikasi berbasis teknologi informasi yang terbaik di Indonesia dan diperhitungkan di tingkat ASEAN.

Misi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

  • Melaksanakan tri dharma perguruan tinggi dalam ilmu komunikasi
  • Melaksanakan pendidikan ilmu komunikasi berbasis teknologi komunikasi untuk menghasilkan lulusan yang berbudi luhur.
  • Melaksanakan pembelajaran ilmu komunikasi berbasis teknologi komunikasi untuk menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu komunikasi.
  • Melaksanakan pelatihan ilmu komunikasi berbasis teknologi komunikasi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi ilmu komunikasi.

III. TUJUAN PENDIDIKAN YANG DILAKSANAKAN

III.1 Pemenuhan Tuntutan Internal :

  1. Membentuk dan menghasilkan cendekiawan paripurna yang mampu menjunjung tinggi Almamaternya, berkepribadian Indonesia, bermoral tinggi, berbudi luhur, berwawasan kebangsaan serta tanggap terhadap keadaan, tantangan dan perubahan yang timbul dan mampu menemukan alternative yang terbaik untuk mengatasinya dalam kerangka tanggung jawabnya atas kelangsungan hidup Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang- Undang Dasar 1945;
  2. Membentuk dan menghasilkan tenaga ahli yang mampu berpikir ilmiah dan professional dalam menghadapi masalah –masalah seperti melakukan identifikasi, analisis, asosiasi, yang terampil dan berjiwa wiraswasta serta mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan mengabdi kepada masyarakat, berbudi luhur dan berperan serta dalam pembangunan nasional dengan berpedoman teguh kepada etika profesi sebagai insan intelektual dan kultural yang berwibawa;
  3. Membentuk dan menghasilkan sarjana yang mempunyai integritas tinggi dan mampu memelihara serta mengembangkan ilmu pengetahuannya sehingga mempunyai bekal yang cukup untuk melanjutkan studi ke jenjang atau tingkat yang lebih tinggi lagi dan mampu berperan-serta dalam pengembangan budaya, seni, ilmu pengetahuan, teknologi, dan penelitian;
  4. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/ atau kesenian serta mengupayakan penggunaanya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

III.2. Pemenuhan Tuntutan External :

Kurikulum Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKom) berupaya untuk mengantipasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan tuntutan stakeholder dan masyarakat. Oleh karena itu lebih menitikberatkan pada upaya meningkatkan kemampuan mahasiswa dan lulusan FIKom dalam menggunakan teknologi komunikasi, mampu beradaptasi dengan globalisasi dan menjunjung tinggi pluralisme sebagai gejala umum dalam kehidupan sosial maupun bisnis.

III.3. Rumusan Tujuan Pendidikan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

III.3.1. Tujuan Umum Program Studi Ilmu Komunikasi

  1. Membekali calon sarjana ilmu komunikasi dengan wawasan ilmu pengetahuan dan kemampuan untuk memahami dan menganalisa fenomena komunikasi.
  2. Menghasilkan tenaga ilmu komunikasi yang professional yang dibutuhkan oleh pemerintahan dan swasta dalam era masyarakat informasi.
  3. Menghasilkan tenaga ilmu komunikasi yang professional siap kerja di bidang industri/bisnis komunikasi maupun akademis.

III.3.2. Tujuan Khusus Program Studi Ilmu Komunikasi

  1. Menghasilkan sarjana ilmu komunikasi berbudi luhur, menguasi konsep dan memiliki kompetensi di bidang ilmu komunikasi yang berbasis teknologi komunikasi, perkembangan globalisasi dan dinamika pluralisme di tingkat regional maupun internasional.
  2. Menghasilkan sarjana ilmu komunikasi dengan konsentrasi corporate public relations dan promotion dan jurnalisme bisnis, maupun industri dan manajemen periklanan yang mampu memanfaatkan teknologi komunikasi, memilik semangat berwirausahaan dengan bersaing secara professional sejalan dengan dinamika globalisasi dan peka terhadap semangat pluralisme di tingkat regional maupun internasional.
  3. KURIKULUM

IV.1 Umum

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi. Kurikulum Strata Satu terdiri dari kurikulum yang disepakati secara nasional dan kurikulum lokal dengan jumlah total sks minimum 144 sks dan maximum 160 sks

Kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara direncanakan dan dikembangkan gayut terhadap kebutuhan perkembangan industri nasional dan internasional. Selain itu, kurikulum program studi ilmu komunikasi Universitas Tarumanagara mengacu Visi, Misi, Tujuan dan Kompetensi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara. Dalam pelaksanaanya dapat digunakan metode integrasi kuriklum sebagai bagian dari usaha untuk memelihara dan meningkatkan keilmuan secara terstruktur. Pelaksanaan kurikulum pendidikan tinggi strata satu merupakan persyaratan untuk mendapatkan gelar Sarjana Sosial dengan sebutan S.Sos.

IV.2. Kurikulum Nasional yang berlaku dan Kurikulum Inti yang disepakati.

Sesuai Kepmen. 232/U/2000 (tentang pedoman penyusunan kurikulum pendidikan tinggi dan penilaian hasil belajar mahasiswa ) dan Kepmen 045/U/2002 (tentang kurikulum inti pendidikan tinggi), bahwa kurikulum inti yang wajib diberikan dalam kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara adalah Kelompok Mata Kuliah pengembangan Kepribadian (MPK) yang terdiri dari Mata kuliah : Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Budaya Dasar, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan.

IV.3.2. Kurikulum Operasional bagi mahasiswa angkatan 2006/2007 dan seterusnya.

Kurikulum Operasional bagi mahasiswa jenjang strata satu angkatan 2006/2007 dan seterusnya pada Program Studi Strata Satu Ilmu Komunikasi, Universitas Tarumanagara mengacu Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 232/U/2000 tanggal 20 Desember 2000, pada pasal 10 ayat 1 yang menyatakan bahwa setiap program studi diberi otonomi dalam menetapkan kurikulum dengan mempertimbangkan beberapa perspektif diantaranya ; peraturan pemerintah, pengguna lulusan/industri, asosiasi profesi, para pakar dan mahasiswa.

Berdasarkan ketentuan tersebut, kurikulum operasional program studi strata satu Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara ditetapkan sebanyak 147 sks, dengan rincian sebagai berikut :

  1. Kelompok MPK (Matakuliah Pengembangan Kepribadian) dengan mengacu Keputusan DIKTI Nomor 38/DIKTI/Kep/2002 tanggal 18 Juli 2002, tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi dan Peraturan Universitas Tarumanagara nomor 088 tentang Penyelengggaraan Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) dan Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB), terdiri dari Agama, Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan dan Bahasa Asing. Masing-masing memiliki bobot sebesar 2 sks dan wajib diambil oleh mahasiswa. Matakuliah yang melengkapi MPK adalah Dasar-dasar Kewirausahaan 2 sks dan Mata kuliah Berkehidupan Bermasyarakat yaitu Ilmu Sossial dan Budaya Dasar (ISBD) 2 sks dan Ilmu Kealaman Dasar 2 sks. Jumlah sks MPK yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Program Studi Strata Satu (S.1) sekurang-kurangnya 12 sks yang meliputi 8 sks kurikulum inti nasional dan 4 sks MPK dan/atau MBB kurikulum institusional (lokal). Jumlah sks MPK = 12 sks (8,16%)
  2. Kelompok MKK ( Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan).Merupakan ekspres dari kajian akademik berdasarkan keilmuan program studi ilmu komuniasi dan sesuai kompetensi lulusan program studi ilmu komunikasi tersebut. Jumlah sks MKK = 35 sks ( 23,8%)
  3. Kelompok MKB (Matakuliah Keahlian Berkarya) merupakan wujud dari kebutuhan masyarakat dunia industri di bidang ilmu komunikasi. Jumlah sks MKB = 73 sks (49,65%)
  4. Kelompok MPB ( Matakuliah Perilaku Berkarya). Kelompok Mata kuliah ini mempersiapkan para lulusan dengan pengetahuan dan keterampilan membentuk sikap dan membentuk sikap dan perilaku untuk bekerja sesuai dengan ilmu komunikasi dan keterampilannya. Jumlah sks MPB = 16 sks sks (10,88%)
  5. Kelompok MBB ( Matakuliah Berkehidupan Berkarya ). Kelompok Matakuliah ini memberikan bekal kepada para lulusan dalam kaidah bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya atau sesuai profesinya. Jumlah sks MBB = 11 sks (7,48%)

Adapun pembagian Kelompok Mata Kuliah sebagai berikut

1.) Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)

NoKelompok Mata AjaranKode Mata AjaranMata KuliahSks
1MPKDU11011-15Pendidikan Agama2
2MPKDU11081Bahasa Indonesia2
3MPKDU11031Pendidikan Kewarganegaraan2
4MPKDU11061DU11051Mata kuliah pilihan ;Ilmu Kealaman Dasar/2*)2
Ilmu Sosial dan Budaya Dasar/2* )
5MPKIK33031Bahasa Asing2
6MPKIK33141Kewirausahaan2
Jumlah12

2.) Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)

NoKelompok Mata AjaranKode Mata AjaranMata KuliahSks
1MKKIK12021Pengantar Ilmu Ekonomi3
2MKKIK12031Pengantar Ilmu Komunikasi3
3MKKIK12061Teori Komunikasi3
4MKKIK22071Dasar- Dasar Public Relation2
5MKKIK22111Dasar- Dasar Jurnalistik2
6MKKIK22121Dasar- Dasar Periklanan2
7MKKIK22131Komunikasi Massa3
8MKKIK22141Komunikasi Antar Pribadi3
9MKKIK32151Komunikasi Organisasi dan Kelompok3
10MKKIK22161Metode Penelitian Komunikasi I3
11MKKIK32171Metode Penelitian Komunikasi Bidang Konsentrasi3
12MKKIK22061Pengantar Statistik Sosial3
13MKKIK12050Filsafat Sains & Teknologi3
14MKKIK33241Opini Publik dan Propaganda3
Jumlah35 Jumlah

3.) Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)

NoKelompok Mata AjaranKode Mata AjaranMata KuliahSks
1MKBIK13021Bahasa Inggris I2
2MKBIK13022Bahasa Inggris II2
3MKBIK13041Sosiologi Komunikasi3
4MKBIK23081Psikologi Komunikasi3
5MKBIK33051Komunikasi Global3
6MKBIK23071Komunikasi Politik3
7MKBIK23091Komunikasi Lintas Budaya3
8MKBIK33261Marketing Komunikasi3
9MKBIK13031Manajemen Bisnis3
10MKBIK13051Mnj. Isu krisis & konflik2
11MKBIK23111Leadership2
12MKBIK13121Hukum Komunikasi2
13MKBIK43131Etika dan Pengembangan Kepribadian2
14MKBIK43151Kapita Selekta2
15MKBIK43261Brand and Posisioning3
16MKBIK33251Presentasi dan Negosiasi2
Jumlah40 Jumlah

Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi Public Relations

No.Kode Mata AjaranMata KuliahSks
1IK33211Penulisan Naskah PR3
2IK33181Public Relations Bisnis2
3IK33281Corporate Social Responsibility (CSR)3
4IK33191Manajemen Industri PR3
5IK33291Cyber PR2
6IK33231Strategi Perencanaan Promosi2
7IK43451PR Crisis2
8IK43461Corporate Relations2
9IK43271Monitoring & Evaluasi Public Relations3
10IK33201Event Organizer3
Jumlah25
Mata kuliah Pilihan
1IK23121Filmologi2
2IK23171Industri Media Independen2
3IK35211Semiotika2
4IK23161Animasi2
Jumlah8

Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi Jurnalistik

No.Kode Mata AjaranMata KuliahSks
1IK33321Penulisan dan Editorial Berita3
2IK43311Penulisan Naskah dan Berita Elektronik3
3IK23061Ekonomi Bisnis Media2
4IK33361Penulisan Feature3
5IK33301Cyber Journalism2
6IK33381Strategi & Perencanaan Redaksional2
7IK33391Grafis Media2
8IK33371Investigasi3
9IK23301Production House2
10IK33341Manajemen Industri Media3
Jumlah25
Matakuliah Pilihan
1IK23121Filmologi2
2IK23171Industri Media Independen2
3IK35211Semiotika2
4IK23161Animasi2
Jumlah8