ALUR MATAKULIAH PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS TARUMANAGARA    
                   
Semester 1 Semester 2 Semester 3 Semester 4 Semerter 5 Semester 6 Semester 7 Semester 8 Jumlah  
Pengantar Ilmu Komunikasi /3 Teori Komunikasi /3 Komunikasi Massa /3 Dasar- Dasar TV/2 Produksi Siaran Radio/2 Komunikasi Internasional/3 Kapita Selekta/2      
Pengantar Psikologi/3   Psikologi Komunikasi/2 Dasar-Dasar Siaran Radio/2 Produksi Siaran TV/2 Mnj. Promosi dan Event Organizer/3 Fotografi /2      
Pengantar Ilmu Politik /3 Hukum Komunikasi /2 Komunikasi Politik /3 Komunikasi Antar Pribadi /3 Kom. Organisasi & Kelompok /3   Kom. Bisnis & Pemasaran/3      
Pengantar Sosiologi /3 Sosiologi Komunikasi /2 Peng. Statistik Sosial /3 Metode Penelitian Sosial/3 Metode Penelitian Komunikasi/3 Manjmn. Industri PR. /3/P        
  Filsafat Sains & Teknologi/3     Penulisan naskah PR 3/P Public opinion & Propagan(P/3*) Filsafat Komunikasi/2      
  Apli.Komputer & Networking /2 Perkembangan Tek. Komun.i /3 Animasi /2 Public Relations Bisnis/2/P Strategi & Perencanaan PR/2 Perenc. merk & citra /3/P      
      Dasar – Dasar Public Relations/2 Presentasi & Negosiasi/2/P Retorika & Public Speaking /2/P Monitoring & Eval. Program PR /3/P      
      Dasar–Dasar Jurnalistik/2 Perwajahan & tata letak/2J Reportase & Investigasi /2/J Penulisan naskah (radio, TV,Film) J/3 Magang/3    
        Edito. & penulisan Berita/2/J Jurnalistik Media/3 Analisis isi dan farming /3/J Skripsi/6    
        Penulisan feature/3/J Manejmn Industri Media/3/J        
Bhs. Inggris I /2 Bhs. Inggris II /2 Bahasa Indonesia /2   Bahasa Asing /2 Strategi & Perenc. Media/2/J        
Pendidikan Kewarganeg. /2 Pendidikan Agama /2   Dasar – Dasar Periklanan /2 Public Relations Bisnis/2/P Manajmn. Industri Periklanan/3 Riset Periklanan & Pemasaran /2/I      
  Pendidikan Pancasila /2     Presentasi & Negosiasi /2/I Advertising Copywriter/3/I Posisioning /2/I      
        Periklanan Internasional /3/I Strategi & Perenc. Periklanan /2/I Seni dan desain grafis /2/I      
    Peng. Ilmu Ekonomi /3   Kewirausahaan/2 Semiotik Iklan /2/I        
Manajemen /3 Manajemen Isu Krisis & Konflik /2 Ledership /2 Matakuliah Pilihan Konsentrasi /3   Komunikasi Lintas Budaya/3 Etika & Pengemb. Kepribadian/2      
19 20 21 21 21 19 17 9 147  
Mk Pilihan Konsentrasi /3 PR. Case Studi (P/J/3 *) Ekonomi media (J/P) /3 *) Production House (J/P/I/3 *) Perencanaan merk dan citra (J/I) 3 *) Penulisan naskah (radio, TV,Film) I/3 Psi. Kalayak Konsumen (J/I) 3 *) Tekonologi komunikasi & Inovasi (J/I) 3 *)    
Catatan: P = Public Relations J = Jurnalistik I = Periklanan            
                   
Keterangan:                  
xxxx = MK Pendukung     xxxx = MK Kompetensi Utama Pilihan Konsentrasi Corporate Public Relations dan Promotion
xxxx MK Pendukung Lainnya   xxxx = MK Kompetensi Utama Pilihan Konsentrasi Jurnalistik Bisnis    
xxxx = MK Kompetensi Utama Komunikasi   xxxx = MK Kompetensi Utama Pilihan Konsentrasi Industri dan manajemen Periklanan  
xxxx = MK Kompetensi Utama Pilihan Konsentrasi    

KURIKULUM OPERASIONAL PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI STRATA SATU FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS TARUMANAGARA TAHUN 2010 Fakultas : Ilmu Komunikasi Jurusan : Ilmu Komunikasi Program Studi : Ilmu Komunikasi Jenjang Pendidikan : Strata 1 (satu ) Status Ijin dari Dikti : Ijin penyelenggaraan Status Akreditasi BAN PT. : - Sebagai berikut :

  1. LANDASAN HUKUM
  2. Undang- undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Negara Nomor 4301);
  3. Peraturan Pemerintahan Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendididikan Tinggi (Lembaran Negara Tahun 1999 Nomor 115, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3859);
  4. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia :

a.)Nomor : 232/U/ 2000 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Belajar Mahasiswa b.) Nomor : 234/U/2000 Tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi; c.) Nomor : 184/U/2001 tanggal 23 November 2001 Tentang Pedoman Pengawasan, Pengendalian dan Pembinaan Program Diploma, Sarjana dan Pasca Sarjana di Perguruan Tinggi; d.)Nomor : 045/U/2002 tanggal 2 April 2002, Tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi;

  1. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi
  2. a) Nomor : 108/ Dikti/Kep/2001 tanggal 30 April 2001, Tentang Pedoman Pembukaan Program Studi dan Jurusan Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 234/U/2003 tentang Pendirian Perguruan Tinggi;
  3. b) Nomor : 38/Dikti/ Kep/ 2002 tanggal 18 Juli 2002 Tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi;
  4. c) Keputusan Dirjen Dikti No. 08/ Dikti/ 2002 dan No. 34/Dikti/Kep/2002 tanggal 3 Juli 2002;
  5. d) Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.1917/D/T/2006 tanggal 13 Juli 2006 tentang Ijin Penyelenggaran Program Studi ilmu Komunikasi di Universitas Tarumanagara Jakarta.
  6. Keputusan Yayasan Tarumanagara Nomor 95/II/004-KPY/YT tentang Pengesahan Statuta Tahun 1995 jo. Tahun 2003 Keputusan Yayasan Tarumanagara Nomor 96/XII/075-KPY/YT tentang Penyempurnaan Statuta Yayasan Universitas Tarumanagara 1 Februari 1995 (Addendum Statuta Yayasan Universitas Tarumanagara I/1996):
  7. Keputusan Yayasan Tarumanagara Nomor 99/II/001-KPY/YT tentang Penyempurnaan Statuta Universitas Taruanagara mengacu Peraturan Pemerintahan Nomor 30/90 (Addendum Statuta Yayasan Universitas Tarumanagara Nomor 2000/III/013-KPY/YT tentang Pemberlakuan Pemberlakuan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi di Universitas Tarumanagara;
  8. Peraturan Universitas Tarumanagara Nomor 008 tentang Pedoman Penggunaan Angka Desimal dalam Penilaian Hasil Studi;
  9. Peraturan Universitas Tarumanagara Nomor 067 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran.
  10. VISI DAN MISI

II.1 Visi dan Misi Universitas Tarumanagara Visi : Menjadi universitas yang diakui keunggulannya didalam negeri dan diperhitungkan dalam kancah regional. Misi :

  • Melaksanakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berbudi luhur.
  • Melaksanakan pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  • Melaksanakan pelatihan untuk menghasilkan lulusan yang trampil.
  • Mengusahakan temuan dan rekacipta di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui penelitian dan perancangan.

II.2. Visi dan Misi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara: Visi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara : Menjadi Fakultas Ilmu Komunikasi berbasis teknologi informasi yang terbaik di Indonesia dan diperhitungkan di tingkat ASEAN. Misi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara:

  • Melaksanakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berbudi luhur.
  • Melaksanakan pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu komunikasi.
  • Melaksanakan pelatihan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi ilmu komunikasi.
  • Mengusahakan temuan dan rekacipta di bidang ilmu komunikasi melalui penelitian.

II.3 Visi dan Misi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara Visi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara Menjadi Program Studi Ilmu Komunikasi berbasis teknologi informasi yang terbaik di Indonesia dan diperhitungkan di tingkat ASEAN. Misi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

  • Melaksanakan tri dharma perguruan tinggi dalam ilmu komunikasi
  • Melaksanakan pendidikan ilmu komunikasi berbasis teknologi komunikasi untuk menghasilkan lulusan yang berbudi luhur.
  • Melaksanakan pembelajaran ilmu komunikasi berbasis teknologi komunikasi untuk menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu komunikasi.
  • Melaksanakan pelatihan ilmu komunikasi berbasis teknologi komunikasi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi ilmu komunikasi.

III. TUJUAN PENDIDIKAN YANG DILAKSANAKAN III.1 Pemenuhan Tuntutan Internal :

  1. Membentuk dan menghasilkan cendekiawan paripurna yang mampu menjunjung tinggi Almamaternya, berkepribadian Indonesia, bermoral tinggi, berbudi luhur, berwawasan kebangsaan serta tanggap terhadap keadaan, tantangan dan perubahan yang timbul dan mampu menemukan alternative yang terbaik untuk mengatasinya dalam kerangka tanggung jawabnya atas kelangsungan hidup Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang- Undang Dasar 1945;
  2. Membentuk dan menghasilkan tenaga ahli yang mampu berpikir ilmiah dan professional dalam menghadapi masalah –masalah seperti melakukan identifikasi, analisis, asosiasi, yang terampil dan berjiwa wiraswasta serta mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan mengabdi kepada masyarakat, berbudi luhur dan berperan serta dalam pembangunan nasional dengan berpedoman teguh kepada etika profesi sebagai insan intelektual dan kultural yang berwibawa;
  3. Membentuk dan menghasilkan sarjana yang mempunyai integritas tinggi dan mampu memelihara serta mengembangkan ilmu pengetahuannya sehingga mempunyai bekal yang cukup untuk melanjutkan studi ke jenjang atau tingkat yang lebih tinggi lagi dan mampu berperan-serta dalam pengembangan budaya, seni, ilmu pengetahuan, teknologi, dan penelitian;
  4. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/ atau kesenian serta mengupayakan penggunaanya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

III.2. Pemenuhan Tuntutan External : Kurikulum Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKom) berupaya untuk mengantipasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan tuntutan stakeholder dan masyarakat. Oleh karena itu lebih menitikberatkan pada upaya meningkatkan kemampuan mahasiswa dan lulusan FIKom dalam menggunakan teknologi komunikasi, mampu beradaptasi dengan globalisasi dan menjunjung tinggi pluralisme sebagai gejala umum dalam kehidupan sosial maupun bisnis. III.3. Rumusan Tujuan Pendidikan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara III.3.1. Tujuan Umum Program Studi Ilmu Komunikasi

  1. Membekali calon sarjana ilmu komunikasi dengan wawasan ilmu pengetahuan dan kemampuan untuk memahami dan menganalisa fenomena komunikasi.
  2. Menghasilkan tenaga ilmu komunikasi yang professional yang dibutuhkan oleh pemerintahan dan swasta dalam era masyarakat informasi.
  3. Menghasilkan tenaga ilmu komunikasi yang professional siap kerja di bidang industri/bisnis komunikasi maupun akademis.

III.3.2. Tujuan Khusus Program Studi Ilmu Komunikasi

  1. Menghasilkan sarjana ilmu komunikasi berbudi luhur, menguasi konsep dan memiliki kompetensi di bidang ilmu komunikasi yang berbasis teknologi komunikasi, perkembangan globalisasi dan dinamika pluralisme di tingkat regional maupun internasional.
  2. Menghasilkan sarjana ilmu komunikasi dengan konsentrasi corporate public relations dan promotion dan jurnalisme bisnis, maupun industri dan manajemen periklanan yang mampu memanfaatkan teknologi komunikasi, memilik semangat berwirausahaan dengan bersaing secara professional sejalan dengan dinamika globalisasi dan peka terhadap semangat pluralisme di tingkat regional maupun internasional.
  3. KURIKULUM

IV.1 Umum Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi. Kurikulum Strata Satu terdiri dari kurikulum yang disepakati secara nasional dan kurikulum lokal dengan jumlah total sks minimum 144 sks dan maximum 160 sks Kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara direncanakan dan dikembangkan gayut terhadap kebutuhan perkembangan industri nasional dan internasional. Selain itu, kurikulum program studi ilmu komunikasi Universitas Tarumanagara mengacu Visi, Misi, Tujuan dan Kompetensi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara. Dalam pelaksanaanya dapat digunakan metode integrasi kuriklum sebagai bagian dari usaha untuk memelihara dan meningkatkan keilmuan secara terstruktur. Pelaksanaan kurikulum pendidikan tinggi strata satu merupakan persyaratan untuk mendapatkan gelar Sarjana Sosial dengan sebutan S.Sos. IV.2. Kurikulum Nasional yang berlaku dan Kurikulum Inti yang disepakati. Sesuai Kepmen. 232/U/2000 (tentang pedoman penyusunan kurikulum pendidikan tinggi dan penilaian hasil belajar mahasiswa ) dan Kepmen 045/U/2002 (tentang kurikulum inti pendidikan tinggi), bahwa kurikulum inti yang wajib diberikan dalam kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara adalah Kelompok Mata Kuliah pengembangan Kepribadian (MPK) yang terdiri dari Mata kuliah : Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Budaya Dasar, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan. IV.3.2. Kurikulum Operasional bagi mahasiswa angkatan 2006/2007 dan seterusnya. Kurikulum Operasional bagi mahasiswa jenjang strata satu angkatan 2006/2007 dan seterusnya pada Program Studi Strata Satu Ilmu Komunikasi, Universitas Tarumanagara mengacu Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 232/U/2000 tanggal 20 Desember 2000, pada pasal 10 ayat 1 yang menyatakan bahwa setiap program studi diberi otonomi dalam menetapkan kurikulum dengan mempertimbangkan beberapa perspektif diantaranya ; peraturan pemerintah, pengguna lulusan/industri, asosiasi profesi, para pakar dan mahasiswa. Berdasarkan ketentuan tersebut, kurikulum operasional program studi strata satu Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara ditetapkan sebanyak 147 sks, dengan rincian sebagai berikut :

  1. Kelompok MPK (Matakuliah Pengembangan Kepribadian) dengan mengacu Keputusan DIKTI Nomor 38/DIKTI/Kep/2002 tanggal 18 Juli 2002, tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi dan Peraturan Universitas Tarumanagara nomor 088 tentang Penyelengggaraan Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) dan Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB), terdiri dari Agama, Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan dan Bahasa Asing. Masing-masing memiliki bobot sebesar 2 sks dan wajib diambil oleh mahasiswa. Matakuliah yang melengkapi MPK adalah Dasar-dasar Kewirausahaan 2 sks dan Mata kuliah Berkehidupan Bermasyarakat yaitu Ilmu Sossial dan Budaya Dasar (ISBD) 2 sks dan Ilmu Kealaman Dasar 2 sks. Jumlah sks MPK yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Program Studi Strata Satu (S.1) sekurang-kurangnya 12 sks yang meliputi 8 sks kurikulum inti nasional dan 4 sks MPK dan/atau MBB kurikulum institusional (lokal). Jumlah sks MPK = 12 sks (8,16%)
  2. Kelompok MKK ( Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan).Merupakan ekspres dari kajian akademik berdasarkan keilmuan program studi ilmu komuniasi dan sesuai kompetensi lulusan program studi ilmu komunikasi tersebut. Jumlah sks MKK = 35 sks ( 23,8%)
  3. Kelompok MKB (Matakuliah Keahlian Berkarya) merupakan wujud dari kebutuhan masyarakat dunia industri di bidang ilmu komunikasi. Jumlah sks MKB = 73 sks (49,65%)
  4. Kelompok MPB ( Matakuliah Perilaku Berkarya). Kelompok Mata kuliah ini mempersiapkan para lulusan dengan pengetahuan dan keterampilan membentuk sikap dan membentuk sikap dan perilaku untuk bekerja sesuai dengan ilmu komunikasi dan keterampilannya. Jumlah sks MPB = 16 sks sks (10,88%)
  5. Kelompok MBB ( Matakuliah Berkehidupan Berkarya ). Kelompok Matakuliah ini memberikan bekal kepada para lulusan dalam kaidah bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya atau sesuai profesinya. Jumlah sks MBB = 11 sks (7,48%)

Adapun pembagian Kelompok Mata Kuliah sebagai berikut 1.) Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)

No Kelompok Mata Ajaran Kode Mata Ajaran Mata Kuliah Sks
1 MPK DU11011-15 Pendidikan Agama 2
2 MPK DU11081 Bahasa Indonesia 2
3 MPK DU11031 Pendidikan Kewarganegaraan 2
4 MPK DU11061 DU11051 Mata kuliah pilihan ; Ilmu Kealaman Dasar/2*) Ilmu Sosial dan Budaya Dasar/2* ) 2
5 MPK IK33031 Bahasa Asing 2
6 MPK IK33141 Kewirausahaan 2
  Jumlah 12

2.) Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)

No Kelompok Mata Ajaran Kode Mata Ajaran Mata Kuliah Sks
1 MKK IK12021 Pengantar Ilmu Ekonomi 3
2 MKK IK12031 Pengantar Ilmu Komunikasi 3
3 MKK IK12061 Teori Komunikasi 3
4 MKK IK22071 Dasar- Dasar Public Relation 2
5 MKK IK22111 Dasar- Dasar Jurnalistik 2
6 MKK IK22121 Dasar- Dasar Periklanan 2
7 MKK IK22131 Komunikasi Massa 3
8 MKK IK22141 Komunikasi Antar Pribadi 3
9 MKK IK32151 Komunikasi Organisasi dan Kelompok 3
10 MKK IK22161 Metode Penelitian Komunikasi I 3
11 MKK IK32171 Metode Penelitian Komunikasi Bidang Konsentrasi 3
12 MKK IK22061 Pengantar Statistik Sosial 3
13 MKK IK12050 Filsafat Sains & Teknologi 3
14 MKK IK33241 Opini Publik dan Propaganda 3
  Jumlah 35

3.) Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)

  1. Wajib
No Kelompok Mata Ajaran Kode Mata Ajaran Mata Kuliah Sks
1 MKB IK13021 Bahasa Inggris I 2
2 MKB IK13022 Bahasa Inggris II 2
3 MKB IK13041 Sosiologi Komunikasi 3
4 MKB IK23081 Psikologi Komunikasi 3
5 MKB IK33051 Komunikasi Global 3
6 MKB IK23071 Komunikasi Politik 3
7 MKB IK23091 Komunikasi Lintas Budaya 3
8 MKB IK33261 Marketing Komunikasi 3
9 MKB IK13031 Manajemen Bisnis 3
10 MKB IK13051 Mnj. Isu krisis & konflik 2
11 MKB IK23111 Leadership 2
12 MKB IK13121 Hukum Komunikasi 2
13 MKB IK43131 Etika dan Pengembangan Kepribadian 2
14 MKB IK43151 Kapita Selekta 2
15 MKB IK43261 Brand and Posisioning 3
16 MKB IK33251 Presentasi dan Negosiasi 2
  Jumlah 40

Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi Public Relations

No. Kode Mata Ajaran Mata Kuliah Sks
1 IK33211 Penulisan Naskah PR 3
2 IK33181 Public Relations Bisnis 2
3 IK33281 Corporate Social Responsibility (CSR) 3
4 IK33191 Manajemen Industri PR 3
5 IK33291 Cyber PR 2
6 IK33231 Strategi Perencanaan Promosi 2
7 IK43451 PR Crisis 2
8 IK43461 Corporate Relations 2
9 IK43271 Monitoring & Evaluasi Public Relations 3
10 IK33201 Event Organizer 3
    Jumlah 25
    Mata kuliah Pilihan  
1 IK23121 Filmologi 2
2 IK23171 Industri Media Independen 2
3 IK35211 Semiotika 2
4 IK23161 Animasi 2
  Jumlah 8

Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi Jurnalistik

No. Kode Mata Ajaran Mata Kuliah Sks
1 IK33321 Penulisan dan Editorial Berita 3
2 IK43311 Penulisan Naskah dan Berita Elektronik 3
3 IK23061 Ekonomi Bisnis Media 2
4 IK33361 Penulisan Feature 3
5 IK33301 Cyber Journalism 2
6 IK33381 Strategi & Perencanaan Redaksional 2
7 IK33391 Grafis Media 2
8 IK33371 Investigasi 3
9 IK23301 Production House 2
10 IK33341 Manajemen Industri Media 3
    Jumlah 25
    Matakuliah Pilihan  
1 IK23121 Filmologi 2
2 IK23171 Industri Media Independen 2
3 IK35211 Semiotika 2
4 IK23161 Animasi 2
  Jumlah 8
  • Industri dan Manajemen Periklanan
No Kode Mata Ajaran Mata Kuliah Sks
1 IK33491 Manajemen Industri Periklanan 3
2 IK35111 Copy Writing 3
3 IK23101 Visual Art Advertising 2
4 IK33331 Consumer Insight 3
5 IK33411 Creative Advertising 2
6 IK33431 Iklan Kontemporer 2
7 IK33441 New Media Advertising 2
8 IK33531 Strategi dan Perencanaan Iklan 3
9 IK43471 Eksekusi Pesan dan Iklan 3
10 IK43501 Kajian Sosial Iklan 2
    Jumlah 25
    Matakuliah pilihan  
1 IK23121 Filmologi 2
2 IK23171 Industri Media Independen 2
3 IK35211 Semiotika 2
4 IK23161 Animasi 2
  Jumlah 8

4.) Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) Wajib

No. Kelompok Mata Ajaran Kode Mata Ajaran Mata Kuliah Sks
1 MPB IK14011 Aplikasi Komputer dan Networking/Lab 2
2 MPB IK34081 Produksi Media Cetak (lab) 3
3 MPB IK24071 Creative Thinking 2
4 MPB IK44081 Produksi Siaran Radio 3
5 MPB IK44091 Produksi Siaran TV 3
6 MPB IK44061 Magang 3
  Jumlah 16

5.) Mata Kuliah Berkehidupan Berkarya (MBB) Wajib

No. Kelompok Mata Ajaran Kode Mata Ajaran Mata Kuliah Sks
1 MBB IK45011 Filsafat Komunikasi 2
2 MBB IK 25221 Teknik Fotografi dan Audio Visual 3
3 MBB IK45031 Skripsi 6
  Jumlah 11
  1. METODE PEMBELAJARAN

V.1 Umum a.) Metode Pembelajaran tiap mata kuliah meliputi tatap muka, terstruktur dan tugas mandiri. Satu sks mata kuliah terdiri dari: tatap muka , terstruktur dan tugas mandiri. b.)Penilaian Perhitungan nilai akhir semester setiap mata kuliah minimal terdiri dari 3 (tiga) komponen, yaitu ujian tengah semester, nilai ujian akhir semester dan nilai tugas.

  1. Bobot penilaiaan terdiri dari :
Komponen Nilai Presentasi Nilai
Tugas, Kuis 20 % – 30 %
Ujian Tengah Semester 30 % – 40%
Ujian Akhir Semester 40 % -50 %
Nilai Akhir 100%

Besaran persentase untuk komponen ujian tengah semester dan ujian akhir semester berkisar 60 s.d. 80 persen, dengan ketentuan persentase ujian akhir semester, ditambah dengan besaran persentase nilai tugas 20 s.d. 40 persen. Komponen kehadiran tidak dimasukkan dalam perhitungan penilaiaan, tetapi 75 persen dari jumlah keseluruhan kehadiran tatap muka merupakan persyaratan bagi para mahasiswa yang bersangkutan untuk mengikuti ujian akhir semester.

  1. Sistem penilaiaan menggunakan PAP

Penilaian hasil belajar mahasiswa menggunakan system Penilaian Acuan Patokan (PAP) yaitu dengan cara menentukan batas lulus. Adapun batas kelulusan ditetapkan seperti dibawah ini :

Angka Huruf Mutu (HM) Angka Mutu (AM)
80 s.d. 100 A 4
70 s.d. 79,99 B 3,00 s.d. 3,99
56 s.d. 69,99 C 2,00 s.d. 2,99
45 s.d. 55,99 D 1,00 s.d. 1,99
Dibawah 45 E 0,00

Nilai minimum lulus ujian adalah C (56) atau nilai D (45 s.d. 55,99) dan E (dibawah 45) dinyatakan tidak lulus dan harus diulang sampai memperoleh nilai minimal C. Masa Pemberlakuan system penilaian mulai tahun akademik 2006/2007

  1. Hasil Belajar
  2. Indek Prestasi Kumulatif (IPK) kelulusan minimal 2.00
  3. Yudisium Kelulusan dinyatakan dengan predikat sebagai berikut :

-IPK 2.00 – 2.75 lulus dengan predikat memuaskan -IPK 2.76 – 3.50 lulus dengan predikat sangatmemuaskan. -IPK 3.51 – 4.00 lulus dengan predikat pujian V.2 Prasyarat Mata Kuliah Penyebaran dan Prasyarat Mata Kuliah Setiap Semester

  • Semester 1 (satu)
No Kelompok Kode Mata Kuliah sks Prasyarat Nilai
1 MKK IK12031 Pengantar Ilmu Komunikasi 3 - -
2 MKB IK13121 Hukum Komunikasi 2 - -
3 MPB IK14011 Aplikasi Komputer & Networking/Lab. 2 - -
4 MKK IK12050 Filsafat Sains & Teknologi 3 - -
5 MKB IK13021 Bahasa Inggris I 2 - -
6 MPK DU11081 Bahasa Indonesia 2 - -
7 MKB IK13031 Manajemen Bisnis 3 - -
8 MKK IK12021 Pengantar Ilmu Ekonomi 3    
Jumlah 20  
  • Semester 2 (Dua)
No Kelompok Kode Mata Kuliah sks Prasyarat Nilai
1 MKK IK12061 Teori Komunikasi 3 Peng.Ilmu Komunikasi D
2 MKB IK23081 Psikologi Komunikasi 3 Peng.Ilmu Komunikasi D
3 MKB IK23071 Komunikasi Politik 3 Peng.Ilmu Komunikasi D
4 MKB IK13041 Sosiologi Komunikasi 3 Peng.Ilmu Komunikasi D
5 MKB IK13022 Bahasa Inggris II 2 Bahasa Inggris I D
6 MKB IK33251 Presentasi & Negosiasi 2 -  
7 MPK DU11031 Pendidikan Kewarganegaraan 2 -  
8 MKB IK23111 Leadership 2 Manajemen Bisnis D
Jumlah 20  
  • Semester 3( Tiga)
No. Kelompok Kode Mata Kuliah sks Prasyarat Nilai
1 MKK IK22131 Komunikasi Massa 3 Teori Komunikasi D
2 MKK IK22061 Pengantar Statistik Sosial 3 -  
3 MBB IK45011 Filsafat Komunikasi 2 Filsafat Sains D
4 MKK IK22071 Dasar-dasar Public Relations 2 Teori Komunikasi D
5 MKK IK22071 Dasar-dasar Jurnalistik 2 Teori Komunikasi D
6 MKK IK22141 Komunikasi Antar Pribadi 3 Teori Komunikasi D
7 MKK IK22121 Dasar-dasar Periklanan 2 Teori Komunikasi D
8 MKB IK45711 Brand & Positioning 3 Manajemen Bisnis D
9 MPK DU1101.. Pendidikan Agama 2 -  
Jumlah 22  
  • Semester 4 (Empat)
No. Kelompok Kode Mata Kuliah Sks Prasyarat Nilai
1. MKK IK32151 Komunikasi Organisasi & Kelompok 3 Teori Komunikasi D
2. MPB IK24071 Creative Thinking 2 Brand & Positioning D
3. MKB IK43131 Etika & Pengembangan Kepribadian 2 -  
4. MBB IK25221 Teknik Fotografi & Audio Visual 3 -  
      Jumlah 10    
      Konsentrasi Mata Kuliah Pilihan Public Relations      
1 MKB IK33211 Penulisan Naskah PR 3 Dasar2 PR/ Bahasa Indonesia C/D
2 MKB IK33181 Public Relations Bisnis 2 Dasar2 PR/ Bahasa Indonesia D/D
3 MKB IK33201 Event Organizer 3 Dasar2 PR D
      Jumlah 8    
      Konsentrasi Mata Kuliah Pilihan Jurnalistik      
1 MKB IK33321 Penulisan dan Editorial Berita 3 Dasar2 Jurnalistik C
2 MKB IK43311 Penulisan Naskah Berita Elektronik 3 Dasar2 Jurnalistik C
3 MKB IK23061 Ekonomi Bisnis dan Media 2 Peng. Ilmu Ekonomi D
      Jumlah 8    
      Konsentrasi Mata Kuliah Pilihan Advertising/Iklan      
1 MKB IK33491 Manajemen Industri Periklanan 3 Dasar2 Periklanan C
2 MKB IK35111 Copy Writing 3 Dasar2 Periklanan C
3 MKB IK23101 Visual Art Advertising 2 Dasar2 Periklanan D
      Jumlah 8    
      Matakuliah pilihan semua Konsentrasi      
1 MKB IK23121 Filmologi/ 2   -  
    IK23171 Industri Media Independent/2   -  
  2  
Jumlah 20  
  • Semester 5 (Lima)
No. Kelompok Kode Mata Kuliah Sks Prasyarat Nilai
1 MKK IK32171 Metode Penelitian Komunikasi I 3 Peng. Statistik Sosial D
2 MPB IK34081 Produksi Media Cetak/Lab. 3 Dasar2 Jurnalistik, Iklan, PR D
3 MKB IK23091 Komunikasi Lintas Budaya 3 Teori komunikasi D
4 MPK IK33141 Kewirausahaan 2 -  
      Jumlah 11    
      Konsentrasi Mata Kuliah Pilihan Public Relations      
1 MKB IK33281 Corporate Social Responsibility (CSR) 3 Dasar2 PR D
2 MKB IK33191 Manajemen Industri PR 3 Dasar2 PR D
3 MKB IK43461 Corporate Relations 2 Dasar2PR, Kom. Org. & Kelompok D
      Jumlah 8    
      Konsentrasi Mata Kuliah Pilihan Jurnalistik      
1 MKB IK33361 Penulisan Feature 3 Dasar2 Jurnalistik C
2 MKB IK33301 Cyber Journalism 2 Dasar2 Jurnalistik D
3 MKB IK33381 Strategi Perencanaan Redaksional 2 Dasar2 Jurnalistik C
4 MKB IK33391 Grafis Media 2 Penulisan & Editor Berita D
      Jumlah 9    
      Konsentrasi Mata Kuliah Pilihan Advertising/Iklan      
1 MKB IK33331 Consumer Insight 3 Dasar2 Iklan & Sos. Komunikasi C/D
2 MKB IK33411 Creative Advertising 2 Dasar2 Iklan & Creative Thinking D/D
3 MKB IK33431 Iklan Kontemporer 2 Dasar Iklan, Sos. Komunikasi& Komunikasi Lintas Budaya D/D/D
4 MKB IK33441 New Media Advertising 2 Dasar Iklan& Komunikasi Massa D
      Jumlah 9    
      Matakuliah pilihan semua Konsentrasi      
1 MKB IK35211 Semiotika/2   -  
2 MKB IK23161 Animasi/2   -  
    IK Pilihan Bebas Fakultas **/2      
      Jumlah 2    
Jumlah 22  
  • Semester 6 (Enam)
No. Kelompok Kode Mata Kuliah Sks Prasyarat Nilai
1 MKK IK33241 Opini Publik & Propaganda 3 Teori Komunikasi & Komunikasi Massa D/D
2 MKK IK32171 Metode Penelitian Komunikasi Bid. Konsentrasi 3 Metode Penelitian Komunikasi I C
3 MPB IK44081 Produksi Siaran radio 3 Dasar Jurnalistik, Iklan& PR D/D
4 MKB IK33051 Komunikasi Global 3 Komunikasi Massa D
      Jumlah 12    
      Konsentrasi Mata Kuliah Pilihan Public Relations      
1 MKB IK43451 PR Krisis 2 Dasar2PR, Kom. Org. & Kelompok D
2 MKB IK33291 Cyber PR 2 Dasar2 PR D
3 MKB IK43271 Monitoring&Evaluasi Program PR 3 Dasar2PR, Kom. Org.&Kelompok, Met. Penelitian Kom.I D/D/D
4 MKB IK33231 Strategi Perencanaan Promosi 2 Dasar2PR D
      Jumlah 9    
      Konsentrasi Mata Kuliah Pilihan Jurnalistik      
1 MKB IK33371 Investigasi 3 Penulisan Feature D
2 MKB IK23301 Production House 2 Strategi Perencanaan Redaksi, Ekonomi Bisnis Media D
3 MKB IK33341 Manajemen Industri Media 3 Manajemen Bisnis, Kewirausahaan, Ekonomi Bisnis Media D
      Jumlah 8    
      Konsentrasi Mata Kuliah Pilihan Advertising/Iklan      
1 MKB IK33531 Strategi & Perencanaan Iklan 3 Manajemen Industri Periklanan D
2 MKB IK43471 Eksekusi Pesan& Iklan 3 Copy writing, Creative Advertising, Visual art D
3 MKB IK43501 Kajian Sosial Iklan 2 Metode Penelitian Komunikasi I D
      Jumlah 8    
Jumlah 20  
  • Semester 7 (Tujuh)
No. Kelompok Kode Mata Kuliah Sks Prasyarat Nilai
1 MKB IK43151 Kapita Selekta 2 Metode Penelitian Kom. I C
2 MPB IK44091 Produksi Siaran TV/Lab. 3 Dasar2 Jurnalistik, PR, Advertising D
3 MPK IK33031 Bahasa Asing 2 -  
4 MKB IK13051 Manajemen Isu Krisis & Konflik 2 Dasar2 PR, Iklan, Dasar2 Jurnalistik D
5 MKB IK33261 Marketing Komunikasi 3 Manajemen Bisnis D
      Jumlah 12    
      Matakuliah Pilihan MKU      
1 MPK DU11061 Ilmu Sosial dan Budaya Dasar/2      
2 MPK DU11051 Ilmu Kealaman Dasar/2      
    Jumlah   2    
Jumlah sks Pilihan Konsentrasi 14  
  • Semester 8 (Delapan)
No Kelompok Kode Mata Kuliah Sks Prasyarat Nilai
1. MPB IK44061 Magang (PKL): (P,I,J) 3 MPK Bid. Konsnt C
2. MBB IK45031 Skripsi (P,I&J) 6 MPK Bid.Konst, C
Jumlah 9  
Total sks 147  

Keterangan : **) Mata kuliah Pilihan bebas antar Fakultas V.3. Kompetensi   V.3.1 Kompetensi secara Umum Kompetensi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara secara umum mengacu pada SK Mendiknas No. 045/U/2002 tanggal 2 April 2002, terdiri dari :

  1. Kompetensi Utama = 105 sks (71,43%)
  2. Kompetensi pendukung = 29 sks (19,73%)
  3. Kompetensi yang Lain = 13 sks ( 8,84%)

Jumlah = 147 sks (100 %)   V.3.2. Kompetensi Hasil Didik Berdasarkan Elemen Kompetensi   Kompetensi hasil didik berdasarkan elemen kompetensi yang terdapat pada SK Mendiknas No. 045/U/2002 dijabarkan dalam ditabulasi seperti berikut :  

  1. Kompetensi hasil Didik Program Studi Ilmu Komunikasi
No. Elemen Kompetensi Kompetensi Utama Kompetensi Pendukung lainnya Pelaksanaan Dalam Proses Belajar
1 Landasan Pengembangan Kepribadian Mempunyai kepribadian yang kuat dalam mengantisipasi perkembangan teknologi komunikasi informasi berwawasan global Mempunyai karakteristik kepribadian yang mampu melakukan pengkajian keilmuan untuk memperkuat daya saing yang terus berkembang - Ceramah - Diskusi untuk menelaah Aspek komunikasi - Membahas kasus aktual Dikaitkan dengan teori Komunikasi. - Presentasi
2 Penguasaan Ilmu dan Keterampilan Menguasai Dasar-Dasar Keilmuan dan Keterampilan di bidang komunikasi diorientasikan pada kemampuan untuk memimpin perspektif global Memiliki kemampuan transfer pengetahuan dan kemampuan menganalisis terhadap dinamika komunikasi yang tetap berpijak pada perspektif ilmu komunikasi - Ceramah - Diskusi untuk menelaah Aspek komunikasi - Membahas kasus aktual Dikaitkan dengan teori Komunikasi - Presentasi
3 Kemampuan Berkarya Mempunyai keahlian berkarya, berinovasi dan mengembangkan secara kontinyu bidang komunikasi, mencakup komunikasi media massa yang merujuk pada jurnalistik, periklanan dan public relations, memanfaatkan teknologi maupun ilmu yang lain yang mendukung komunikasi. Mempunyai kemampuan mengkonsumsikan ilmu pengetahuan dan melakukan penelitian di bidang jurnalistik, periklanan dan public relations, demi memperkuat wawasan berkarya yang diakui oleh masyarakat. Pada skala makro tingkat kepercayaan masyarakat akan memberikan penilaian tinggi dan mampu mendorong untuk melakukan pengembangan terus- menerus - Ceramah - Diskusi untuk menelaah aspek komunikasi - Membahas kasus actual dikaitkan dgn teori - Presentase - Tugas individual dan kelompok yang berorientasi pada penilaian kemampuan dalam menangani bidang komunikasi yg berkembang di masyarakat.
4 Sikap dan Perilaku Berkarya Mempunyai keahlian aplikatif di bidang jurnalistik, periklanan dan public relations dengan titik tolak pada pengelolaan dan penyampaian pesan yang berprinsip pada pengorganisasian pesan serta pemahaman terhadap karakteristik khalayak yang lebih cermat. Mempunyai kemampuan mengkaji unsur- unsur komunikasi yang relevan dengan perkembangan teknologi komunikasi serta tuntutan masyarakat yang selalu berubah sejalan dengan pluralisme social ekonomi dan politik yang berimplikasi pada kebutuhan spesifik namun tidak bertentangan dengan kolektivitas kebutuhan yang universal. - Ceramah - Diskusi u/ menelaah aspek komunikasi - Membahas kasus aktual dikaitkan dgn teori komunikasi - Presentasi - Mengerjakan tugas Individual dan kelompok berdasarkan pengalaman kunjungan atau kerja praktik di perusahaan atau organisasi yang berhubungan dengan pengelolaan komunikasi dan informasi
5 Pemahaman Kaidah Berkehidupan Bermasyarakat Mempunyai kemampuan untuk beradaptasi dengan keberagaman masyarakat dengan lingkungannya yang selalu berubah karena pengaruh tatanan social ekonomi politik nasional maupun internasional. Mempunyai kemampuan untuk memberikan pemahaman dan pencerahan kepada masyarakat tentang manfaat ilmu pengetahuan khususnya ilmu komunikasi untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia - Ceramah - Diskusi untuk menelaah aspek komunikasi - Membahas kasus actual dikaitkan dgn teori komunikasi - Presentase - Menelaah, membuat Laporan
  1. Kompetensi Akademis Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara
No. Elemen Kompetensi Kompetensi Utama Kompetensi Pendukung lainnya Pelaksanaan Dlm Proses Belajar
1 Landasan Pengembangan Kepribadian Mempunyai kepribadian yang kuat dalam mengantisipasi perkembangan teknologi komunikasi informasi berwawasan global Mempunyai karakteristik kepribadian yang mampu melakukan pengkajian keilmuan untuk memperkuat daya saing yang terus berkembang semakin kompleks - Ceramah - Diskusi untuk menelaah aspek komunikasi - Membahas kasus actual dikaitkan dgn teori kmunikasi - Presentasi
2 Penguasaan Ilmu dan Keterampilan Menguasai Dasar-Dasar keilmuan dan keterampilan di bidang komunikasi diorientasikan pada kemampuan untuk memimpin dalam perspektif global Memiliki kemampuan transfer pengetahuan dan kemampuan menganalisis terhadap dinamika komunikasi yang tetap berpijak pada perspektif ilmu komunikasi - Ceramah - Diskusi untuk menelaah aspek komunikasi - Membahas kasus actual dikaitkan dgn teori komunikasi . - presentasi
3 Kemampuan Berkarya Mempunyai keahlian berkarya, berinovasi dan mengembangkan secara kontinyu bidang komunikasi media massa yang merujuk pada jurnalistik, periklanan dan public relations, dengan memanfaatkan teknologi komunikasi informasi maupun ilmu lain yang mendukung komunikasi Mempunyai kemampuan mengkomunikasikan ilmu pengetahuan dan melakukan penelitian di bidang jurnalistik, periklanan dan public relations, untuk memperkuat wawasan berkarya yang diakui oleh masyarakat. Pada skala makro tingkat kepercayaan masyarakat dapat mendorong pengembang terus- menerus - Ceramah - Diskusi u/ menelaah aspek komunikasi - Membahas kasus actual dikaitkan dgn teori komunikasi - Presentasi - Tugas individual dan kelompok yang berorientasi pada penilaiaan kemampuan dalam menangani bidang komunikasi yang berkembang di masyarakat.
4 Sikap dan Perilaku Berkarya Mempunyai keahlian aplikatif di bidang jurnalistik, periklanan dan public relations dgn titik tolak pada pengelolaan dan penyampaian pesan yang berprinsip pada pengorganisasian pesan yang baik serta pemahaman terhadap karakteristik khalayak yang lebih cermat. Mempunyai kemampuan mengkaji unsur- unsur komunikasi yang relevan dgn perkembangan teknologi komunikasi serta tuntutan masyarakat yang selalu berubah sejalan dgn keanekaragaman social ekonomi dan politik yang berimplikasi pada kebutuhan yang spesifik namun tidak bertentangan dgn kolektivitas kebutuhan yang universal. - Ceramah - Diskusi u/ menelaah aspek komunikasi - Membahas kasus actual dikaitkan dgn teori komunikasi - Mengerjakan tugas individual dan kelompok brdasarkan pengalaman kunjungan atau kerja praktik di perusahaan atau organisasi yang berhubungan dgn pengelolaan komunikasi dan informasi .
5. Pemahaman Kaidah Berkehidupan Bermasyarakat Mempunyai kemampuan u/ beradaptasi dgn keberagaman masyarakat dgn lingkungannya yang selalu berubah karena pengaruh tatanan social ekonomi politik nasional maupun internasional Mempunyai kemampuan untuk memberikan pemahaman dan pencerahan kepada masyarakat tentang manfaat ilmu pengetahuan khususnya ilmu komunikasi u/ kesejahteraan umat manusia - Ceramah - Diskusi untuk menelaah aspek komunikasi untuk meningkatkan dengan teori komunikasi. - Presentasi - Menelaah, membuat laporan

V.3.3. Penjabaran mata kuliah sesuai dengan kompetensinya : Sebagai tindak lanjut, maka seluruh mata kuliah yang diselenggarakan dijabarkan kedalam format kompetensinya guna menunjukkan struktur pencapaian tujuan ditabulasi seperti berikut.          

  1. Kompetensi Utama

1) Kompetensi Utama Program Studi

Kompetensi Utama Kurikulum   Metode Pengajaran
1)Memiliki wawasan luas, kemampuan analisis yang didasarkan pada keanekaragaman kehidupan masyarakat nasional dan global serta adaptif terhadap perkembangan teknologi komunikasi sesuai dgn prinsip- prinsip etika universal. Pendidikan Agama Pendidikan Kewarganegaraan Bahasa Indonesia Ilmu kealaman Dasar Ilmu Sosial dan Budaya Dasar Produksi Siaran Radio Produksi Siaran TV Produksi Media Cetak Teknis Fotografi dan Audio Visual Pengantar Ilmu Komunikasi Teori Komunikasi Dasar-Dasar Public Relations Dasar-Dasar Jurnalistik Dasar-Dasar Periklanan Psikologi Komunikasi Sosiologi Komunikasi Komunikasi Massa Komunikasi Antar Pribadi Komunikasi Organisasi dan Kelompok Komunikasi Lintas Budaya Komunikasi Global Komunikasi Politik Komunikasi Bisnis dan Pemasaran Metode Penelitian Komunikasi Kapita Selekta Magang Skripsi Jumlah 2 2 2 2 2 3 3 3 3 3 3 2 2 2 3 3 3 3 3 2 3 3 3 3 3 6 73 - Ceramah - Diskusi untuk menelaah aspek komunikasi - Membahas kasus actual dikaitkan dgn teori komunikasi - Presentasi - Menelaah, membuat laporan

1.) Kompetensi Konsentrasi ;

  1. Public Relations
Kompetensi Utama Kurikulum   Metode Pengajaran
Memiliki kemampuan sebagai Communication Executive, Marketing Public Relations, Presenter dan Event Organizer. Penulisan naskah PR Public Relations Bisnis Event Organizer CSR ( Corporate Social Responsibility) Manajemen Industri PR Cyber PR PR Krisis Corporate Relations Monitoring & Evalusi Program Public Relations Metode Penelitian Bidang Konsentrasi Matakuliah pilihan Filmologi Industri Media Independen Semiotika Animasi 3 2 3 3 3 2 2 3 3 3 2 2 2 2 32 - Ceramah - Diskusi untuk menelaah aspek komunikasi - Membahas kasus actual dikaitkan dgn teori komunikasi. - Presentasi - Menelaah, membuat laporan
  1. Jurnalistik
Kompetensi Utama Kurikulum   Metode Pengajaran
Memiliki Kemampuan sebagai pengelolaan jurnalis bisnis yang memiliki kompetensi dan berkarir sebagai teknik jurnalistik creative media, web content writer dan produser multimedia Penulisan Editorial Berita Penulisan Naskah Berita Ekonomi Bisnis Media Penulisan Feature Cyber Journalism Strategi Perencanaan Redaksi Grafis Media Investigasi Production House Monitoring & Evaluasi Program Public Relations Metode Penelitian Bidang Konsentrasi Matakuliah Pilihan Filmologi Industri Media Independen Semiotika Animasi Jumlah 3 3 2 3 2 2 2 3 2 2 3 2 2 2 2 32 -Ceramah - Diskusi u/ menelaah aspek komunikasi - Membahas kasus actual dikaitkan dgn teori komunikasi - Presentasi - Menelaah, membuat laporan

c.) Periklanan

Kompetensi Utama Kurikulum   Metode Pengajaran
Memiliki kemampuan sebagai pengelolaan Industri & Manajemen Periklanan yang berkarir sbg media planner, creative periklanan, tata laksana periklanan, multimedia designer periklanan, copywriter, perencanaan merk dan citra Manajemen Industri Periklanan Copy Writing Visual Art Advertising Consumer Insight Creative Advertising Pop Culture New Media Advertising Strategi Perencanaan Iklan Eksekusi Pesan dan Iklan Kajian Sosial Iklan Metode Penelitian Bidang Konsentrasi Matakuliah pilihan : Filmologi Industri Media Independen Semiotika Animasi Jumlah 3 3 2 3 2 2 2 3 2 3 3 2 2 2 2 2 32 - Ceramah - Diskusi u/ menelaah aspek komunikasi - Membahas kasus actual dikaitkan dgn teori komunikasi -Presentasi -Menelaah, membuat laporan
  1. 2.Kompetensi Pendukung
Kompetensi Utama Kurikulum   Metode Pengajaran
Menguasai kemampuan dasar keilmuan dan keterampilan yang mendukung kompetensi di bidang komunikasi diorientasikan pada kemampuan untuk memimpin dalam perspektif global Pengantar Ilmu Ekonomi Bahasa Inggris I Bahasa Inggris II Bahasa Asing Bahasa Indonesia Pengantar Statistik Sosial Aplikasi Komputer & Networking Creative Thinking Manajemen Bisnis Presentasi dan Negoisasi Brand dan Posisioning Jumlah 3 2 2 2 2 3 2 2 3 2 3 29 - Ceramah - Diskusi u/ menelaah aspek komunikasi - Membahas kasus aktual dikaitkan dgn teori komunikasi - Presentasi - Menelaah, membuat laporan
  1. Kompetensinya Pendukung Lainnya
Kompetensi Pendukung Kurikulum   Metode Pengajaran
Memiliki Jiwa Kewirausahaan, kepemimpinan, kreatif sesuai dgn prinsip- prinsip etika universal dan tanggung jawab social terhadap kehidupan masyarakat luas Kewirausahaan Hukum Komunikasi Leadership Etika dan Pengembangan Kepribadian Fisafat Komunikasi Filsafat Sains & Teknologi Jumlah 2 2 2 2 2 2 13 - Ceramah - Diskusi u/ menelaah aspek komunikasi - Membahas kasus aktual dikaitkan dgn teori komunikasi - Presentasi - Menelaah, membuat laporan

V.5. Beban Kredit Dan Masa Studi

  • Jumlah maximum sks per-semester : 24
  • Jumlah maximum mata kuliah per-semester : 9
  • Beban maximum (sks) per mata kuliah : 6 sks
  • Jumlah semester dalam Kurikulum : 8
  • Jumlah syarat minimal kelulusan : 147 sks
  • Batas maximum Cuti Akademik : 4 semester
  • Batas studi maximum Mahasiswa : 14 semester

V.6. Tolok Ukur Keberhasilan   * Lama waktu studi : 7 semester = 10 % 8 s.d. 10 semester = 80 % 11 s.d. 14 semester = 10 % * Kualitas Pendidikan - Modus rata- rata IPK ? 2,5 - IPK di bawah 2 ? 15 % - Gagal 2 atau lebih mata kuliah ? 20% * Kualitas Lulusan IPK = 2 = 5 % IPK 2 s.d. 2,75 = 80 % IPK 2,76 s.d. 3,50 = 10 % IPK > 3,50 = 5 % - Rata- rata IPK Lulusan : IPK rata-rata > 2,50 - Lulusan IPK 3,51 mencapai 5% dari tiap lulusan per-semester * Relevansi Setelah lulus minimal 6 bulan telah bekerja baik di perusahaan swasta maupun pemerintah yang relevan dengan bidang ilmu komunikasi. V.I. Lain-lain

  1. Jumlah mata kurikulum mengacu SK. Mendiknas 232/U/2000, SK. Mendiknas Nomor : 45/U/2002, dan kesempatan : dari forum atau assosiasi ilmu sejenis
  2. Waktu pemberlakuan Kurikulum Operasional sejak mulai tanggal persetujuan. Sampai dengan semester genap tahun akademik 2011/2012.
  3. Kemungkinan integrasi mata kuliah antara Program Studi dapat dilakukan sejauh silabi setara dan penanggung jawab mata kuliah memenuhi syarat yang ditentukan.
  4. Hal-hal lain yang belum diatur dalam Kurikulum Operasional ini akan diatur kemudian sesuai dengan kebutuhan.